Sukses

Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan, Panen Pahala

Melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang berbeda dari setiap malamnya dan pahala yang sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta Sholat tarawih merupakan salah satu amalan sunnah yang hanya bisa dikerjakan pada malam hari di Bulan Ramadhan. Terdapat sejumlah keutamaan bagi siapa saja yang mengerjakan sholat tarawih selama bulan Ramadhan ini.

Keutamaan sholat tarawih bahkan tertuang dalam hadis dan beberapa ayat pada Al-Qur’an. Melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang berbeda dari setiap malamnya dan pahala yang sangat besar.

Sholat tarawih memiliki keutamaan seperti sabda Rasulullah SAW,

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya)

Berikut Liputan6.com ulas mengenai keutamaan sholat tarawih pada malam ke-20 hingga 30 di bulan Ramadhan, yang telah dirangkum odari berbagai sumber, Rabu (20/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih Malam 20-30 di Bulan Ramadhan

Berikut ini keutamaan sholat tarawih pada malam 20 hingga 30 di bulan Ramadhan yang berbeda-beda dari setiap malamnya, yaitu:

1. Malam ke-20, Pahala Mati Syahid

Pada malam yang ke-20, orang tarawih akan diberi pahala seperti pahala orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholih.

2. Malam ke-21, Dibangunkan Rumah dari Cahaya di Surga

Pada malam yang ke-21, Allah akan membangunkan rumah di surga yang terbuat dari cahaya untuk yang tarawih.

3. Malam ke-22, Selamat dari Kesusahan di Hari Kiamat

Pada malam yang ke-22, jika hari kiamat tiba maka yang tarawih akan selamat dari segala bentuk kesusahan dan kebingungan.

4. Malam ke-23, Dibangunkan Kota di Surga

Pada malam yang ke 23, Allah akan membangunkan kota di dalam surga bagi yang tarawih.

5. Malam ke-24, Doanya Dikabulkan

Pada malam yang ke-24, orang yang tarawih akan memperoleh 24 doa yang mustajab/manjur.

6. Malam ke-25, Dihilangkan dari Siksa Kubur

Pada malam yang ke-25, Allah akan menghilangkan siksa kubur dari orang yang tarawih.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih Malam 20-30 di Bulan Ramadhan

Berikut ini keutamaan sholat tarawih pada malam 20 hingga 30 di bulan Ramadhan yang berbeda-beda dari setiap malamnya, yaitu:

7. Malam ke-26, Dapat pahala 40 Tahun

Pada malam yang ke-26, Allah meningkatkan baginya pahala selama empat puluh tahun.

8. Malam ke-27, Dimudahkan Lewat Sirotol Mustakim

Pada malam yang ke-27, di hari kiamat dia melewati jembatan (syirathal mustaqiim) dengan mudah lagi cepat laksana halilintar menyambar.

9. Malam ke-28 Diangkat 1.000 Derajat

Pada malam yang ke 28, Allah mengangkat 1.000 derajat baginya di dalam surga.

10. Malam ke 29, Pahala 1.000 Ibadah Haji

Pada malam yang ke 29, Allah memberikan kepadanya pahala seribu ibadah haji yang diterima.

11. Malam ke-30 Balasan Surga

Pada malam yang ke 30, Allah berfirman :”Makanlah buah-buahan surga, mandilah dengan air salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, aku adalah Tuhanmu dan engkau adalah hamba-Ku”.

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih

Sholat tarawih disunnahkan dilaksanakan secara berjama’ah, namun boleh juga dilaksanakan secara sendirian. Pelaksanaanya sama dengan sholat yang lain dalam hal syarat-rukunnya, hal-hal yang membatalkan, sunah-sunahnya, dan juga makruhmakruhnya. Hal yang membedakan hanyalah niat. Berikut rangkaian pelaksanaan sholat tarawih:

1. Niat Sholat Tarawih

Niat sholat tarawih dilakukan di dalam hati saat takbiratul ihram, yaitu saat lisan mengucapkan kalimat “Allahu Akbar”. Jika sholat sendirian, maka niatnya sebagai berikut:

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

2. Melaksanakan sholat tarawih dengan ketentuan seperti sholat biasa, diawali denga takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan antara 8 rakaat sholat tarawih ditambah 3 rakaat sholat witir. Namun ada juga yang mengerjakan sholat tarawih 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir. Meski begitu, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. 

3. Doa setelah shalat tarawih. Pada dasarnya tidak ada redaksi khusus doa setelah selesai shalat tarawih. Bebas berdoa sesuai yang dikehendaki.

5 dari 5 halaman

Do’a dan dzikir setelah Sholat Tarawih

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat tarawih, adalah:

"Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina."

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.