Sukses

Doa Saat Berbuka Puasa di Rumah Orang, Ketahui Adabnya

Buka bersama menjadi ajang silaturahmi.

Liputan6.com, Jakarta Berbuka puasa merupakan momen penuh suka cita bagi umat Muslim. Selama Ramadhan, undangan berbuka bersama akan sering datang. Buka bersama menjadi ajang silaturahmi sekaligus berbagi kebaikan di bulan Ramadhan.

Ketika diundang untuk berbuka puasa di rumah orang, ternyata ada doa yang bisa dipanjatkan. Doa berbuka puasa di tempat orang ini berisi rasa syukur sekaligus mendoakan orang yang mengajak berbuka. Doa berbuka puasa di tempat orang ini bisa dipanjatkan untuk mendapatkan sekaligus mengantarkan berkah bagi orang lain.

Selain doa, ada adab-adab yang juga bisa diamalkan ketika berbuka puasa. Adab ini sangat baik jika diterapkan ketika berbuka puasa di tempat orang. Berikut doa berbuka puasa di tempat orang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa berbuka puasa di tempat orang

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika disuguhkan makanan oleh Sa’ad bin ‘Ubadah, beliau mengucapkan,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْكُمُ الْمَلائِكَةُ‎

Afthoro 'indakumush shoo-imuuna wa akala tho'amakumul abroor wa shollat 'alaikumul malaa-ikah

Artinya:

"Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat." (HR Abu Daud no. 3854 dan Ibnu Majah no. 1747 dan Ahmad 3//118. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

3 dari 6 halaman

Doa diberi hidangan saat puasa

Di antara doa yang dianjurkan dibaca adalah,

Pertama

Allahuma ath’im man ath’ama-nii was-qi man –saqaa-nii

Artinya, “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman."

Kedua

Allahuma baarik lahum fii-maa razaqtahum, wagh-fir lahum, war-ham-hum.

Artinya: "Yaa Allah, berkahilah rizki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka, dan berikanlah rahmat kepada mereka."

4 dari 6 halaman

Doa saat berbuka bersama

Lafal doa saat berbuka puasa bersama, terdapat dalam hadis riwayat Abu Dawud. Doa ini berbunyi:

Afthara 'indakum ash shaaimuun wa akala tha'aamakum al abraaru wa shallat 'alaikumul malaa-ikah

Artinya,

" Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakanmu."

5 dari 6 halaman

Doa berbuka puasa

Berikut ini adalah doa buka puasa yang sering digunakan:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Selain doa buka puasa di atas, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa doa buka puasa adalah sebagai berikut. Doa ini seperti yang disampaikan pada hadis, dapat dilantunkan usai berbuka puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678).

6 dari 6 halaman

Adab berbuka puasa

Menyegerakan berbuka

Sunah berbuka yang pertama adalah menyegerakan berbuka. Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk menyegerakan berbuka puasa ketika waktunya sudah datang. Sunah ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093).

Membaca doa berbuka

Membaca doa berbuka merupakan adab berbuka puasa yang bisa dilakukan. Dengan membaca doa menjelang buka puasa Ramadhan keberkahan akan senantiasa melimpah sepanjang bulan Ramadhan.

Berbuka dengan kurma atau air putih

Ketika berbuka, Rasulullah berbuka dengan kurma basah atau ruthab. Jika tidak menemukan ruthab makan Rasulullah berbuka dengan tamr atau kurma kering, dan jika tidak menemukannya, maka Rasulullah berbuka dengan air putih.

Berbuka secukupnya

Adab berbuka puasa yang diajarkan Rasulullah juga mengajarkan untuk tidak berlebihan dalam berbuka. Rasulullah mencontohkan kepada umatnya untuk berbuka puasa secukupnya saja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya. Karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya. (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

Memperbanyak doa

Selain doa berbuka puasa, orang yang berpuasa juga dianjurkan untuk memperbanyak doa, baik itu memohon ampunan atau memohon limpahan pahala. Ini karena selama bulan Ramadhan, Allah tidak akan menolak doa-doa orang yang berpuasa dan berbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.