Sukses

Ramadan Saat Pandemi Corona, Wapres: Mari Bersabar Mohon Ampun-Nya

Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan, dalam keadaan seperti sekarang, di mana Indonesia sedang dilanda Corona Covid-19, perilaku serta sifat sabar sangat penting diimplementasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat memaksimalkan Ramadan dengan apa yang disebut syahr ash-shobri atau bulan kesabaran.

Ma'ruf mengatakan, diharapkan lewat Ramadan yang dijalankan secara berbeda pada tahun ini, dapat digunakan melatih kesabaran menghadapi Corona Covid-19 dan memohon ampun-Nya.

"Puasa mengajarkan kita untuk bersabar, makanya disebutkan as shaumun nisfus shabri (puasa itu setengah dari pada kesabaran). Sabar untuk tidak makan minum, sabar untuk tidak berkata bohong (hoaks), tidak mengadu domba," ujar Wapres Ma'ruf Amin dalam siaran pers diterima, Minggu (10/5/2020).

Dia menjelaskan, dalam keadaan seperti sekarang, di mana Indonesia sedang dilanda Corona Covid-19, perilaku serta sifat sabar sangat penting diimplementasikan.

Caranya, kata Ma'ruf, dengan sabar untuk tidak keluar rumah atau stay at home, sabar untuk menjaga jarak, sabar menjalan ibadah tarawih di rumah saja, dan sabar tidak tarawih di luar rumah.

"Ujian puasa Ramadan sekarang kita dilatih untuk bersabar menghadapi Covid-19. Untuk memutus mata rantai Covid-19, Insya Allah pahalanya berlipat ganda karena ujian kesabarannya pun berlipat," papar Ma'ruf.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadikan Ramadan Bermanfaat

Terakhir, Wapres Ma'ruf juga mengimbau agar momen Ramadan kali ini dapat dijadikan pengingat dan peningkat kesabaran serta keikhlasan seluruh umat Islam untuk menjaga diri dan menghindari bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sehingga, kata dia, puasa yang dikerjakan tidak hanya membawa manfaat bagi seorang individu, namun juga bagi orang lain di sekitarnya.

"Di Ramadan ini mari kita tingkatkan kesabaran dan keikhlasan. Puasa kita selain mempunyai nilai ibadah juga mempunyai nilai sosial, nilai menjaga hubungan pergaulan," tandas Wapres Ma'ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.