Sukses

Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Din Syamsuddin Ajak Umat Amalkan Ajaran Al-Qur'an

Pada Ramadan tahun ini, masyarakat Indonesia didera wabah Corona Covid-19 yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga kehilangan pendapatan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan momentum Ramadan untuk saling membantu sesuai ajaran Al-Qur'an. Apalagi Ramadan kali ini berlangsung di tengah pandemi corona Covid-19.

"Saatnya kita mengajarkan ajaran Al-Qur'an, saling membantu, saling tolong-menolonglah dalam kebaikan dan takwa," ujar Din dalam konferensi pers program Satu Bantu Satu ACT di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (7/5/2020).

Ia mengatakan, pada Ramadan tahun ini, masyarakat Indonesia didera wabah corona Covid-19 yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan pendapatan mereka.

"Banyak yang terdampak secara ekonomi," kata Din yang juga merupakan pendiri Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC).

Oleh karena itu, menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat bagi umat ​​​​​​muslim di seluruh Indonesia untuk mengamalkan ajaran Al-Qur'an dengan saling tolong-menolong dalam kebaikan dan takwa.

Din pun mengajak masyarakat untuk saling membantu melalui gerakan Satu Bantu Satu ACT, yaitu satu orang membantu satu orang lainnya yang kesusahan secara ekonomi. Terutama saat Ramadan di tengah pandemi Corona Covid-19 ini.

"Kita tetapkan siapa yang perlu kita bantu, Insyaallah kesusahan, keprihatinan ini akan dapat teratasi," kata Din Syamsuddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Bantu Satu

Din Syamsuddin berharap melalui gerakan tersebut, masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah corona Covid-19 dapat terbantu. Sehingga, kata dia, masalah kekurangan pangan yang mendera bangsa dapat secepatnya teratasi.

"Ini saatnya kita terapkan perintah Al-Qur'an kalau kita ingin menjadi orang-orang yang bertakwa, maka satu (orang) membantu satu (orang lainnya)," tegas Din Syamsuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.