Sukses

3 Aplikasi Ini Bantu Kontrol Asupan Makanan Buka Puasa

Ada tiga aplikasi yang bisa membantu kamu memantau kalori dan berat bandan, sehingga bisa mengontrol makan saat berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu momen berharga di bulan Ramadan adalah saat berbuka puasa. Namun, sejumlah orang seringkali tidak mengontrol diri saat menyantap hidangan berbuka puasa, padahal tidak ada salahnya makan secara bertahap.

Kegemaran orang-orang menyantap hidangan berbuka puasa dalam jumlah besar, sebenarnya bukan tanpa alasan. Salah satunya kemungkinan karena ada sajian makanan istimewa yang hanya muncul saat Ramadan.

Nah, untuk mengontrol makan dan tidak membuat berat badan justru melambung tinggi saat Ramadan, sebenarnya ada sejumlah kiat sederhana. Selain olahraga, kamu juga bisa mengontrol asupan makanan agar tidak berlebih dengan bantuan beberapa aplikasi.

Berikut tiga aplikasi yang bisa membantu memantau kalori dan berat badan, terutama jika kamu termasuk gemar menyantap makanan buka puasa dalam jumlah banyak:

1. Calorie Counter - MyFitness Pal

Calorie Counter - MyFitness Pal

Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Calorie Counter memiliki daftar menu makanan beserta kalori yang cukup lengkap, sehingga penggunanya bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Healthy Recipes - By SparkRecipes

Jika kamu tetap ingin mengkonsumsi makanan enak, kamu bisa menggunakan panduan dari aplikasi ini.

Aplikasi yang digarap oleh Spark People Inc ini menyediakan berbagai resep masakan, yang dapat menjadi menu selama melaksanakan ibadah puasa.

Setiap resep yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan total kalori, lama waktu memasak yang dibutuhkan, dan kamu pun dapat menyimpannya ke dalam halaman Favorites.

3 dari 3 halaman

3. Fooducate Healthy Weight Loss

Kamu memiliki kesulitan memilih makanan yang akan dikonsumsi ketika berbelanja? Aplikasi ini jawabannya. Lewat Fooducate Healthy Weight Loss, kamu dapat scan setiap kemasan makanan dan memutuskan yang cocok diambil untuk makanan berbuka puasa.

Dengan ini, kamu bisa lebih cermat saat memilih makanan yang siap dimakan. Sama dengan aplikasi lainnya, Fooducate juga dapat melacak total kalori yang dikonsumsi dan kegiatan olahraga harian yang dilaksanakan.

Kamu bahkan juga dapat melihat jumlah kalori dengan fitur grafik waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.