Sukses

Permudah Khatam Alquran dengan Aplikasi Nusantara Mengaji

Untuk memudahkan mengkhatam Alquran, aplikasi ini juga bisa menandai ayat yang terakhir dibaca.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan biasanya digunakan umat muslim untuk mengkhatamkan Alquran. Di era digital sekarang ini, kehadiran aplikasi mempermudah khataman Alquran sangat dibutuhkan.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan bernama Nusantara Mengaji. Aplikasi berbasis android ini bisa diunduh melalui Google Play Store.

Ketua Majlis Harian Nusantara Mengaji Aly Taufiq mengatakan, aplikasi ini adalah satu-satunya aplikasi yang menfasilitasi Khataman Alquran di Indonesia, bahkan di dunia. Aplikasi ini dapat mengatur para pengguna untuk mengkhatamkan Alquran secara bersama-sama.

"Saya belum pernah menemukan aplikasi yang secara khusus mengorganisir user untuk mengkhatamkan Alquran secara bersama-sama," kata Aly melalui pesan tertulis, Minggu 28 Mei 2017.

Aplikasi ini dilengkapi dengan menu Agenda Khataman. Para pengguna bisa mengatur dan memilih juz yang ingin dibaca setiap minggunya.

Selain itu, aplikasi Nusantara Mengaji menyediakan Alquran digit dengan 49 terjemah bahasa di dunia. Pengguna juga bisa mendengarkan murratal dari 27 imam dan qari tersohor di dunia.

Untuk memudahkan mengkhatam Alquran, aplikasi ini juga bisa menandai ayat yang terakhir dibaca. Pengguna juga disuguhkan dengan artikel keagamaan, seperti fikih kontemporer, mutiara Alquran, struktur Alquran, dan berita-berita terkini Nusantara Mengaji.

Sementara, Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid mengatakan, kehadiran aplikasi ini merupakan upaya Nusantara Mengaji mengajak masyarakat mencintai Alquran dan kembali memasyarakatkan bacaan Alquran.

"Meskipun Indonesia sebagai negara terbesar berpenduduk Muslim, tapi lebih dari separuh Muslim Indonesia masih buta aksara Alquran," kata dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini