Sukses

Pantau Pengeluaran THR Anda dengan 3 Aplikasi Android Ini

Berikut tiga aplikasi di smartphone Android untuk memantau pengeluaran THR Anda menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri, atau juga disebut Hari Lebaran, tinggal menunggu hitungan hari. Berbagai persiapan untuk menyambutnya pun sudah dilakukan, terlebih tunjangan hari raya (THR) sudah diperoleh.

Berbelanja berbagai keperluan mulai dari pakaian, makanan, sampai oleh-oleh untuk sanak-saudara di kampung halaman jgua sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan.

Oleh sebab itu, tak jarang kebutuhan saat Lebaran meningkat dibanding hari-hari biasanya. Hal itu lumrah mengingat kebutuhan dan harga kebutuhan juga mengalami kenaikan.

Namun, pengeluaran tersebut sebenarnya dapat dipantau melalui penggunaan aplikasi di smartphone. Dengan demikian, Anda tak kaget dengan pengeluaran yang tiba-tiba membengkak. 

Untuk itu, tim Liputan6.com menghimpun aplikasi-aplikasi pencatat pengeluaran bagi Anda yang ingin memantau pengeluaran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

1. UangKu
UangKu, aplikasi manajemen keuangan di Android (sumber: googleplaystore)
Aplikasi buatan anak negeri ini merupakan aplikasi manajemen keuangan mandiri bagi Anda yang ingin mengatur pendapatan dan pengeluaran. UangKu juga memungkinkan Anda membuat detail laporan seluruh transaksi termasuk data keuangan.

Hal ini didukung fitur statistik yang menampilkan detail laporan keuangan per bulan, termasuk persentase antara pengeluaran dan pendapatan dalam diagram lingkaran.

Ada pula perlindungan kata sandi (password) dan PIN agar data Anda tak dapat dimodifikasi orang lain. Selain itu, ada fitur wigdet dan notifikasi untuk mempermudah penggunaan.

2. Toshl Finance
Toshl Finance, aplikasi manajemen keuangan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan Anda (sumber: googleplaystore)
Aplikasi ini merupakan salah satu pencatat keuangan yang cukup populer. Sama seperti aplikasi lainnya, Toshl Finance memungkinkan Anda mencatat jumlah penghasilan dan pengeluaran selama kurun waktu tertentu.

Salah satu keunggulan Toshl Finance adalah aplikasi ini secara otomotatis melakukan sinkronisasi data pengguna. Jadi, Anda dapat mengakses seluruh data pada aplikasi, meskipun memakai perangkat berbeda, termasuk aplikasi web dengan satu akun yang sama.

Layanan Toshl Finance memang tersedia secara gratis. Namun, bagi Anda yang ingin memakai tambahan fungsi lain, seperti akun tak terbatas, sumber data tak terbatas, dan menyimpan foto struk, dapat mendaftar program Toshl Pro.

3. Money Lover-Manajemen Keuangan
Money Lover-Manajemen Keuangan, aplikasi untuk mencatat pengeluaran Anda di bulan Ramadan (sumber: googleplaystore)
Seperti aplikasi lainnya, MoneyLover menawarkan layanan pencatatan jumlah pendapatan dan pengeluaran penggunanya. Serupa Tosh lFinance, aplikasi ini juga melakukan sinkronisasi dengan perangkat yang dipakai secara otomatis.

Lewat aplikasi ini, Anda dapat membuat target tabungan dan memantaunya secara langsung. Selain itu, ada fitur penjadwalan tagihan, sehingga Anda tak perlu khawatir lupa membayar tagihan yang akan datang.

Money Lover juga hadir dengan versi berbayar. Versi ini akan mendukung layanan bebas iklan, termasuk pengelolaan kartu kredit dan debit, ditambah fitur ekspor transaksi yang dapat dicetak.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini