Sukses

Cek Lokasi Penukaran Uang Receh Lebaran di Yogyakarta

Layanan penukaran uang di luar kantor BI, bisa dilakukan di bank-bank yang ditunjuk dan kas keliling.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bank Indonesia (BI) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerjasama dengan perbankan menggelar fasilitas penukaran uang di luar kantor BI bagi warga di wilayah ini.

Tujuan penukaran uang di luar kantor BI, selain mengantisipasi lonjakan permintaan juga guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang pecahan kecil.

Kepala BI Yogyakarta, Arief Budi Santoso, mengatakan walaupun masyarakat dapat menukarkan uangnya di tempat lain namun kantor BI masih menerima layanan. Layanan penukaran uang di luar kantor BI, bisa dilakukan di bank-bank yang ditunjuk dan kas keliling.

Layanan ini dimulai dalam periode 18 Juni hingga 2 Juli 2015. Periode kedua pada 6 - 15 Juli 2015. Pada periode 18 Juni hingga 2 Juli, BI akan menyediakan kas keliling di beberapa lokasi strategis di Yogyakarta sesuai dengan jadwal.

"Jadwal kas keliling periode 18 Juni hingga 2 Juli yaitu tanggal 22 Juni di Pasar Beringharjo, 24 Juni di Pasar Condongcatur, 29 Juni di Pasar Bantul, 1 Juli di Pasar Kranggan, 7 Juli di pasar Prambanan, 9 Juli di Pasar Wates dan 14 Juli di pasar Terban," ujar Arief di kantor BI Yogyakarta, seperti dikutip Kamis (25/6/2015).

Arief menuturkan, pada periode 6 - 15 Juli, penukaran uang pecahan bisa dilakukan setiap hari di kantor kecamatan Pakualaman, Kotamadya Yogyakarta, Kepatihan, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul, Polda DIY, Polres Sleman, RSUP Dr.Sarjito, TVRI, Stasiun Tugu, Jogokaryan, Universitas Sanata Dharma dan pasar Temin Kulonprogo.

"Di kantor BI tetap bisa, tapi supaya tidak menumpuk kita buka juga diluar kantor, di kantor BI Yogyakarta, namun hanya pada hari Selasa dan Kamis hingga tanggal 2 Juli 2015," katanya.

Arief menjelaskan BI menyediakan uang pecahan mulai Rp.20ribu hingga Rp.2.000. Khusus untuk pecahan Rp.1.000 BI menyediakan dalam bentuk koin. Layanan ini dimulai sejak pukul 08.30 hingga 12.00 Wib.
"Kalau besaran kita tidak batasi, tapi saya menghimbau sewajarnya saja. Jangan terlalu berlebihan, secukupnya saja," ujarnya. (Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.