Sukses

Menag Lukman Minta Ormas Tak Sweeping Warung Makan Saat Ramadan

Lukman mengatakan, umat Islam juga menghormati orang yang sedang tidak berpuasa atau tidak wajib berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau ormas-ormas tak merazia warung makan yang buka pada siang hari selama Ramadan.

"Kita berharap tidak ada sweeping," kata sang menteri usai menghadiri deklarasi Komitmen Kementerian Agama Berintegritas di Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Namun begitu dia percaya, masyarakat sudah semakin dewasa hingga tak mungkin melakukan aksi-aksi seperti memaksa warung makan tutup saat puasa.

"Kita sadari kedewasaan umat Islam semakin baik sehingga tidak ada lagi cara kekerasan untuk kewajiban agama kita," imbuh dia.

Lukman mengatakan, umat Islam juga menghormati orang yang sedang tidak berpuasa atau tidak wajib berpuasa.

"Tidak sweeping itu juga untuk menghormati yang lain. Ada juga dari Muslim yang tidak berpuasa. Tidak semua puasa, itu pun juga hak mereka, kita hormati," ujar dia.

"Kita serahkan kearifan masyarakat terkait rumah makan buka siang hari. Tidak perlu ada aturan dan paksaan," pungkas Lukman. (Ant/Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini