Sukses

Gus Solah: 5 Tokoh Minat Ikut Konvensi Rakyat untuk Capres 2014

Salah satu tokoh yang tertarik berasal dari partai politik.

Ketua Konvensi Rakyat untuk Capres 2014 Solahudin Wahid alias Gus Solah mengatakan hingga saat ini sudah ada 5 tokoh nasional yang tertarik menjadi peserta penjaringan calon presiden alternatif ini. Salah satu tokoh yang tertarik berasal dari partai politik.

"Sampai saat ini sudah ada ada 5 orang yang menyatakan bersedia, satu orang dari tokoh partai," kata Gus Solah dalam acara deklarasi Konvensi Rakyat Capres 2014 di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2013).

Namun, tokoh senior Nahdlatul Ulama (NU) ini enggan mengungkapkan siapa kelima orang yang telah menyatakan niatnya sebagai peserta konvensi capres ini. Kelima orang itu belum resmi mendaftar.

"Nanti aja kalo soal nama, tidak etis kita ungkap sekarang, mereka kan baru mengungkapkan kesiapannya saja belum resmi mendaftar," tuturnya.

Gus Solah memastikan, dana yang digunakan Konvensi Rakyat untuk Capres 2014 ini tidak berasal dari partai politik tertentu. Dananya itu, murni dari sumbangan rekan-rekannya sesama tokoh masyarakat yang tidak berpartai. Sehingga, independensi konvensi ini dapat terjaga dengan baik.

"Nggak ada dana dari partai, ini dananya dari kawan-kawan yang kami kenal dan satu pikiran dengan kami," tegasnya.

Gus Solah menjelaskan bahwa Konvensi Rakyat untuk Capres 2014 ini juga akan bekerja sama dengan beberapa lembaga survei untuk melihat elektabilitas dan popularitas peserta konvensi. Sehingga, siapapun pemenang dalam konvensi rakyat ini bisa benar-benar menjadi pilihan raakyat Indonesia.

"Dan sebelum pemilu legislatif kami usahakan nama capres konvensi rakyat ini muncul. Dan siapatau ada partai yang meminang calon kami dan itu juga bisa menambah elektabilitas juga untuk parpolnya saat pileg nanti," jelas Gus Solah.

Konvensi Rakyat untuk Capres 2014 ini terbuka untuk siapa saja yang ingin menjadi pemimpin sesuai dengan ketentuan dan persyaratan calon presiden konvensi rakyat, terutama untuk tokoh yang tidak pernah terlibat kasus pelanggaran HAM.

Tahapan seleksi konvensi ini dimulai pada saat ini hingga 10 Desember 2013 mendatang. Selain itu, panitia Konvensi Rakyat untuk Capres 2014 ini juga akan menggelar debat publik pada tanggal 15 Desember 2013 hingga 31 Januari 2014. Tujuannya, untuk melihat kualitas para peserta capres konvensi rakyat ini.

Dan setelah itu, pengumuman hasil poling masyarakat terhadap peserta capres konvensi rakyat ini akan diumumkan pada tanggal 9 Februari 2014 mendatang. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.