Sukses

Rekapitulasi Nasional, Prabowo-Hatta Menang di Aceh

Bawaslu Aceh mempertanyakan adanya kotak suara yang tidak tergembok dan hanya diberi lakban dengan stiker KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa menambah keunggulan dari pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam rapat pleno rekapitulasi suara nasional di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Prabowo-Hatta tercatat juga unggul di Provinsi Aceh. Di provinsi ujung barat Indonesia itu, Prabowo-Hatta memperoleh 1.089.290 suara. Sedangkan pasangan Jokowi-JK memperoleh 913.309 suara.

Dalam rapat pleno untuk mengesahkan provinsi Aceh, ada kendala yang dipertanyakan oleh Bawaslu Aceh, Asqalani. Dia mempertanyakan adanya kotak suara yang tidak tergembok dan hanya diberi lakban dengan stiker KPU. Kejadian ini ditemukan di Kabupaten Bireun.

"Gemboknya tidak ada soalnya, karena dudukannya rusak dan itu kotak suara pakai kardus," kata Asqalani di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/7/2014).

Namun, menurut Ketua KPU Aceh Ridwal Hadi, hal itu tidak masalah. Sebab, tidak ada substansi jumlah suara yang berubah. "Nggak masalah, hasilnya tidak ada perubahan waktu pleno di kabupaten," tuturnya.

Ketua KPU Husni Kamil Manik yang memimpin rapat pleno akhirnya memutuskan hasil rekapitulasi ini. "Dengan ini, rekapitulasi suara Aceh disahkan," kata Husni.

Dengan disahkannya rekapitulasi perhitungan suara di Aceh, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi 3 provinsi dari 12 provinsi yang dijadwalkan pada hari ini.

Adapun daftar urutan yang akan direkap dari KPU provinsi adalah Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, DIY, Bengkulu, Jawa Barat dan Sulawesi Barat.

Berikut jumlah suara kedua pasangan capres-cawapres di Provinsi Aceh yang telah disahkan KPU:

Prabowo Subianto-Hatta Rajasa: 1.089.290 suara.

Joko Widodo-Jusuf Kalla: 913.309 suara.

Suara sah: 2.002.599

Suara tidak sah: 58.485

Jumlah suara: 2.061.084.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.