Sukses

Pastikan Saksi Awasi Rekapitulasi, Jokowi Siap Keliling Daerah

Jokowi mengaku akan lebih fokus mengawasi beberapa wilayah di pulau Jawa, sebab hampir separuh jumlah suara nasional berada di pulau Jawa.

Liputan6.com, Serang - Capres nomor urut dua Joko Widodo mengaku akan berkeliling ke beberapa daerah, hingga jelang pengumuman hasi penghitungan suara nasional Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli 2014.

Jokowi mengungkapkan, tujuan dirinya berkeliling daerah adalah memastikan para relawan dan pendukunya turut mengawasi proses penghitungan suara di daerahnya masing-masing.

"Saya akan keliling terus ke daerah-daerah, sebelumnya ke Jateng, Jabar. Ini untuk memastikan tim saksi relawan betul mengawasi, nggak ada 'masuk angin'," kata Jokowi di Kantor DPD PDIP Banten, Rabu (16/7/2014).

Menurut Jokowi, dalam waktu yang hanya tinggal hitungan hari jelang pengumuman hasil rekapitulasi, dirinya tidak mampu mendatangi semua daerah satu persatu.

Maka itu, Jokowi mengaku akan lebih fokus mengawasi beberapa wilayah di pulau Jawa, sebab hampir separuh jumlah suara nasional berada di pulau Jawa.

Menurut Jokowi, bila terjadi kecurangan sedikit saja di wilayah pulau Jawa, pengaruhnya akan sangat besar dalam perolehan suaranya secara nasional.

"Jawa ini 58%. Kalau berubah kecil saja bisa pengaruhnya suaranya gede banget," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.