Sukses

Distribusi Logistik Pilpres di Yahukimo Papua Tinggal ke Distrik

Husni menegaskan, dirinya sudah mengintruksikan kepada ketua KPU Provinsi Papua untuk meminjam helikopter pihak TNI dan kepolisian setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis pemungutan suara Pilpres 2014 berjalan serentak di seluruh Indonesia, meski masih terdapat sekitar 41 logistik surat suara di Yahukimo, Papua belum sepenuhnya tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Semua sudah di 497 kabupaten atau kota seluruh Indonesia, yang laporan di Yahukimo itu sudah 10 hari tiba. Ya, karena kendala cuaca ekstrim di sana jadi belum semuanya didistribusikan ke distrik atau desa. Baru 10 distrik yang sudah sampai dari 51 distrik," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Kantornya, Jakarta, Selasa (8/7/2014) malam.

Saat Pileg 9 April lalu, kata Husni, Yahukimo menjadi daerah yang pemungutan suara yang ditunda karena logistik belum sampai ke daerah tersebut. Kendati, pengiriman logistik jelang Pilpres ini sudah sampai di Yahukimo.

"Kalau Pileg itu logistiknya belum sampai Yahukimo, tapi ini sudah dan tinggal didistribusikan ke distrik-distriknya sana," jelasnya.

Husni menegaskan, dirinya sudah mengintruksikan kepada ketua KPU Provinsi Papua untuk meminjam helikopter pihak TNI dan juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat.

"Sore tadi sudah disediakan helikopter, saya langsung memerintahkan ketua KPU Papua untuk berkoordinasi dengan Kodam dan kepolisian agar besok sudah sampai di semua distrik," tegas Husni.

Husni mengaku, jika helikopter pun tak bisa membawa logistik Pilpres karena ekstremnya cuaca, maka hal terburuknya adalah pemungutan suara ditunda. "Itu hal yang terburuknya, tapi kita optimis serentak pemungutan suara 9 Juli," tandas Husni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.