Sukses

Jelang Debat Capres III, Jokowi Harus Perhatikan Hal Ini

Menurut Lembaga Kajian Independen, soal ketahanan nasional, Jokowi harus belajar dari jenderal-jenderal pendukungnya.

Liputan6.com, Serang - Debat calon presiden (capres) putaran ketiga dengan tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional' diprediksi akan dimenangkan capres nomor urut 1 Prabowo Subianto. Sebab Prabowo merupakan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI Angkatan Darat dan memiliki hubungan yang baik dengan dunia Timur Tengah, khususnya Yordania.

"Jelas timpang karena Jokowi (capres Joko Widodo) bukan militer. Dia kurang berpengalaman soal ketahanan militer. Pengalaman secara nasional, Jokowi belum punya. Sedangkan Prabowo sudah punya pengalaman karena mantan militer. Bahkan di luar negeri juga dipakai," kata Koordinator Lembaga Kajian Independen (LKI) Dimas Kusuma kepada Liputan6.com melalui pesan singkat di Serang, Banten, Sabtu (21/6/2014).

Prabowo, lanjut dia, bisa membuat pertanyaan jebakan, sejauh mana Jokowi membuat sistem pertahanan nasional, dalam debat yang akan dihelat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 22 Juni 2014 pukul 20.00 WIB.

"Karena yang terpenting bagi masyarakat, kalau keamanan terbentuk, maka masyarakat akan nyaman. Untuk ketahanan nasional, dia (Jokowi) harus belajar banyak sama jenderal-jenderal di belakang dia," lanjut Dimas menjelaskan.

Dimas pun mengkritik kemampuan Jokowi yang kurang pengalaman di bidang ketahanan nasional dan politik internasional. "Karena selama menjabat sebagai walikota dan gubernur, dia hanya melakukan koordinasi. Tongkat komando pertahanan itu kan ada di presiden. Secara politik nasional, bentengnya Jokowi harus kuat," ujar Dimas.

Jokowi akan mempersiapkan materi debat capres dengan mengikuti kuliah singkat dan menyiapkan catatan kecil berisi data dan beberapa singkatan yang lazim muncul dalam keilmuan tersebut. Dengan materi yang disiapkannya, Jokowi tak khawatir dengan latar belakang militer Prabowo yang lebih banyak berkutat di pertahanan.

Sedangkan Prabowo memilih libur 1 hari sebelum debat untuk mengevaluasi debat sebelumnya dan mempersiapkan debat selanjutnya agar lebih maksimal.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana sebagai moderator dalam Debat Capres III.

Setelah debat ketiga, KPU akan kembali menggelar 2 kali debat. Debat keempat hanya melibatkan calon wakil presiden atau cawapres, digelar pada Minggu 29 Juni mendatang. Temanya 'Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek'. Sedangkan debat kelima melibatkan capres-cawapres, dihelat pada 5 Juli mendatang. Temanya 'Pangan, Energi, dan Lingkungan'. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini