Sukses

Jika Debat Capres-Cawapres Diganggu Mati Lampu, Tindakan Polisi?

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan personel diterjunkan jajaran Polda Metro Jaya untuk mengamankan debat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Balai Sarbini, Jakarta.

Direktur Sabhara Polda Metro Jaya Kasatgas Kombes Marolop Manik mengatakan, selain personel berpakaian dinas dan sipil, Polda juga menerjunkan Tim Gegana. Mereka siap mengamankan jalannya debat sesi pertama dalam rangkaian Pilpres 2014.

"Personel Gegana, ya satu ring (regu)," kata Marolop di Balai Sarbini, Sudirman, Jakarta, Senin (9/6/2014) malam.

Marolop menjelaskan, Tim Gegana juga melakukan pendeteksian di dalam gedung Balai Sarbini selama 2 kali. "Sudah dua kali di dalam. Pertama tadi pukul 17.00 WIB, dan pukul 19.00 WIB," ujar Marolop.

Marolop menegaskan, hasil pendeteksian gedung Balai Sarbini aman. Dalam pengamanan ini 6 pintu sudah dijaga cukup ketat oleh petugas kepolisian.

"Apabila ada kejadian luar biasa, misalnya mati lampu biasa, atau mati lampu karena sabotase sudah ada protapnya (pengamannya)," pungkas Marolop.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana capres dan cawapres 2014 di Balai Sarbini, Jakarta. Rangkaian acara yang dijadwalkan 5 kali ini, diawali debat pasangan capres bertema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum.

Debat bertema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum itu akan dipimpin Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar, yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Debat capres kedua pada 15 Juni bertema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Sementara, debat berikut digelar 22 Juni bertema Politik Internal dan Ketahanan Nasional. Keempat, debat capres diadakan 29 Juni bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK.

Terakhir, debat akan digelar 5 Juli (Capres dan Cawapres) bertema Pangan, Energi, Lingkungan. Acara ini juga live streeming di www.liputan6.com.

www.liputan6.com#sthash.z9bD8Y9t.dpuf
www.liputan6.com #sthash.z9bD8Y9t.dpuf