Sukses

Raih Suara Hanya 10%, Demokrat Mengaku Tetap Bahagia

Hasil rekapitulasi dapat menjadi acuan bagi seluruh kader Demokrat untuk menata kembali partai dalam menghadapi pemilu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi pemungutan suara partai politik yang berlaga di Pemilu Legislatif 2014.

Dalam hasil rekapitulasi tersebut, Partai Demokrat hanya menempati urutan ke-4 dengan perolehan suara 12.728.913 atau 10,19%. Padahal, pada pemilu 2009, partai berlambang mercy ini menang dengan angka di atas 20%.

Meski perolehan suaranya kali ini tidak mencapai perolehan sebesar 20%, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Nurpati menilai hal tersebut merupakan kebahagiaan tersendiri.

"Ini merupakan kebahagiaan tersendiri karena dengan adanya masyarakat yang mengalihkan pemilihan kita sangat memahami," kata Andi usai rekapitulasi akhir di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/5/2014) dini hari.

Andi menambahkan, hasil rekapitulasi tersebut dapat menjadi acuan bagi seluruh kader untuk menata kembali partai dalam menghadapi pemilu mendatang. "Tetapi kami akan bertekad untuk memperbaiki, menata kembali Partai Demokrat untuk hadapi pemilu kedepan," tambah Andi.

Sementara terkait rencana koalisi, Andi mengatakan keputusan koalisi partainya masih menunggu perintah Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono. "Kita menunggu keputusan Majelis Tinggi Demokrat yaitu SBY," kata Andi.

Dia menambahkan, partainya tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain, termasuk dengan partai yang belum mengumumkan bakal calon presidennya.

Namun menurut Andi, yang paling dimungkinkan partai mengambil sikap untuk membangun koalisi adalah dengan partai yang sebelumnya telah berkoalisi dengan Partai Demokrat pada Pemilu 2009. "Bahwa tidak menutup kemungkinan dengan partai lain yang oposisi," tambah Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.