Sukses

Jokowi Ingin Cawapresnya Mirip Ahok

Siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2014 masih menjadi tanda tanya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2014 masih menjadi tanda tanya. Setidaknya ada 2 nama yang jadi calon kuat berpasangan dengan Jokowi, yaitu politisi senior Partai Golkar Jusuf Kalla dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Ketika ditanya dirinya memilih siapa di antara JK dan Mahfud, Jokowi justru mengungkapkan kriteria calon pendamping politiknya.

"Sebaiknya memang kombinasi yang saling mengisi. Kalau yang satu senang di lapangan, yang satu jangan meninggalkan kantor. Misalnya seperti itu," ujarnya usai meninjau Pasar Manggis, Jakarta Selatan, Senin (5/5/2014).

Kombinasi capres dan cawapres tersebut layaknya sistem kerja yang ia terapkan saat ini bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Apakah Jokowi ingin tetap berduet dengan Ahok hingga skala nasional? Mantan Walikota Surakarta itu tak menjawab. Ia kemudian mengatakan yang terpenting ia dan siapa pun cawapresnya memiliki kecocokan serta visi misi yang sama.

"JK dan Mahfud itu hanya sebuah gambaran. Tapi kebutuhan tidak hanya dari survei. Artinya ada nggak kecocokan, chemistry-nya, saling mengisi, saling menutupi. Banyak hal," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.