Sukses

PKB Koalisi dengan PDIP, Jokowi: Insya Allah

Jokowi berani mengatakan kalau PKB akan menjadi barisan pendukungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menegaskan, partainya sudah hampir final mendukung Jokowi sebagai capres 2014. Pengumuman koalisi PKB dengan PDIP dikabarkan tak lama lagi diumumkan.

Pernyataan Cak Imin tersebut, tak dibantah Jokowi. Mantan walikota Solo itu berani mengatakan kalau PKB akan menjadi barisan pendukungnya.

"Kalau Cak Imin bilang Insya Allah, ya saya juga bilang Insya Allah," ujar Jokowi usai menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (30/4/2014).

Cak Imin sebelumnya mengatakan pembicaraan dengan PDIP selaku partai pengusung Jokowi ini sudah dilakukan cukup intensif. Aspirasi yang tertampung diinternal partainya itupun saat ini telah mengerucut untuk mendukung Jokowi sebagai capres.

"Ya, sudah mengerucut (koalisi) dengan Pak Jokowi," ucap Cak Imin.

Namun ia membantah pembicaraan yang dilakukan tersebut berkisar ihwal pembagian kekuasaan jika calon mereka menang dalam pilpres. "Tidak ada pembicaraan pembagian kursi. Meski demikian kita sudah masuk diskusi tahap substansi, konsep pemerintahan, dan pembangunan yang nanti berlangsung," ungkap Menakertrans itu.

Meski mengklaim tidak ada pembagian kekuasaan, Cak Imin juga menegaskan, koalisi yang akan dibangun dengan PDIP tersebut nantinya akan diberlakukan prinsip-prinsip penguatan pemerintahan secara kolektif dan kerjasama.

"Jadi prinsip koalisi yang dibangun Pak Jokowi dan PDIP ini sangat bagus. Tidak lagi mempertimbangkan bagi-bagi kekuasaan atau kursi. Dalam konteks itu sangat bagus dan saya mendukung," pungkas Muhaimin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.