Sukses

Ratusan Kader PPP Jember Tuntut Pemilu Ulang

Ratusan kader PPP di Jember gelar demo menuntut diadakan pemilu ulang. Sementara petugas TPS di Sumedang menggunakan kostum koboi.

Liputan6.com, Jember- Ratusan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar demo di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Silo, Jember, Jawa Timur. Mereka menuntut diadakan pemilu ulang karena ditemukan sejumlah kecurangan pada pemilu legislatif, Rabu 9 April lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (14/4/2014), kecurangan tersebut di antaranya, surat suara habis dan TPS tutup, padahal masih ada ratusan pemilih yang belum mencoblos.

Demonstran juga menduga adanya mobilisasi massa pemilih yang dilakukan caleg dari partai tertentu. Sehingga sejumlah pemilih yang sudah menerima undangan tidak kebagian surat suara. Belum lagi dugaan penggelembungan suara saat penghitungan di beberapa TPS di Kecamatan Silo.

Massa menuntut KPUD Jember segera menggelar pemilu ulang. Jika tuntutan tersebut tidak ditanggapi, mereka mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar.

Lain lagi, pelaksanaan pencoblosan ulang di Desa Cinanjung, Sumedang, Jawa Barat digelar cukup unik. Semua petugas di TPS mengenakan kostum ala koboi Sunda dengan topi dari anyaman serat eceng gondok dan kemeja berlambang kujang.

Ternyata cara unik tersebut dilakukan panitia agar pemilih bersedia datang ke TPS lagi setelah batal mencoblos pada Rabu 9 April lalu. Kendati demikian, pemilih yang datang ke TPS tetap sedikit. Sejumlah warga tidak tahu jika pencoblosan ulang dilakukan hari Senin 14 April. (Rizki Gunawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini