Sukses

Soal Koalisi, PAN Masih Jajaki 3 Partai

Dalam rangka memilih partai koalisi, PAN masih menjajaki 3 partai yakni PDIP, Gerindra dan PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memenangkan Pemilu 2014, sebagian banyak partai harus berkoalisi dengan partai lainnya. Partai Amanat Nasional (PAN) pun demikian, harus memikirkan kecocokan partai koalisinya. Maka itu PAN tengah menjajaki 3 partai lainnya.

"Masih dibicarakan. Baru dalam pembicaraan. Semuanya dalam pembicaraan baik dengan PDIP, Gerindra, dan PKB," ujar Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, di JIExpo, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Hatta mengatakan, sejauh ini belum ada keputusan resmi terkait partai mana yang akan berkoalisi dengan PAN. Kepastian koalisi akan ditentukan setelah hasil real count atau hasil hitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait peluang menjadi capres atau cawapres, Hatta mengaku masih menunggu keputusan partai. Tapi, pengambilan keputusan tak memakan waktu lama.

"Tentu sebelum hasil KPU. Nggak lama. Waktunya pendek. Nanti diputuskan. Partainya rapat dulu lalu memutuskan," pungkas Hatta.

Sesuai hasil penghitungan quick count atau hitungan cepat Pileg 2014, saat ini ada 3 partai poros yakni PDIP, Golkar, dan Gerindra. Ketiga partai ini diperkirakan akan memimpin koalisi sejumlah partai menengah menuju Pilpres 2014, 9 Juli mendatang. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.