Sukses

2 Anjing Pelacak Siaga di TPS Mega

2 Anjing pelacak dan 5 petugas K9 Ditpol Satwa Mabes Polri diterjunkan, untuk melakukan pengamanan khusus atau VIP.

Liputan6.com, Jakarta - 2 Anjing pelacak dan 5 petugas K9 Ditpol Satwa Polri diterjunkan untuk pengamanan khusus atau VIP di tempat pemungutan suara (TPS) 035 RT 10 RW 04 Kebagusan IV, Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pengamanan tersebut juga dibantu dengan personel dari satuan Bimnas.

Pengaman VIP ini, jelas Kanit K9 Ditpol Satwa Polri Ipda M Amali, diperuntukkan bagi TPS pemilih yang juga menjadi capres dan cawapres, serta beberapa pejabat publik.

"Kita diplot di sini untuk perbantuan, jadi 2 anjing pelacak ini dimaksudkan apabila dibutuhkan oleh KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara), apabila situasi di sini dianggap tidak kondusif," kata Amali TPS 035, Rabu (9/4/2014).

"Pengamanan VIP ini yang notabenenya capres. Seperti di TPS, RI 1 (SBY), RI 2 (Boediono), Jokowi, WIN-HT, ARB, Prabowo, dan Megawati," bebernya.

Kedua anjing tersebut, lanjut Amali, diperlukan untuk mengantisipasi jika di TPS tersebut suasana terjadi tidak kondusif. Namun jika dinilai aman, kedua anjing tersebut tidak dikeluarkan.

Amali menambahkan, kedua anjing tersebut mempunyai keahlian berbeda. 1 Ekor spesialis untuk menyisir bahan peladak jenis Melanois, dan 1 lainnya berjenis Labrador untuk mengantisipasi tindak kriminal.

"Masing-masing (anjing pelacak) mempunyai keahlian, untuk menyisir bahan peledak dan antisipasi tindakan kriminal," tukas Amali.

(Shinta Sinaga)

Baca Juga:

Menpera Kompak Bersama Keluarga Datangi TPS 005 Setiabudi

Anis Matta Nyoblos Bareng Keluarga di TPS 041

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini