Sukses

KPUD Biak Numfor Masih Tunggu 17 Ribu Surat Suara

Liputan6.com, Biak Numfor - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Biak Numfor masih menunggu kekurangan 17 ribu surat suara. Surat suara itu untuk menggantikan yang rusak.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, hingga kini surat suara tersebut belum tiba di kabupaten itu. Sementara surat pemberitahuan kerusakan telah disampaikan kepada KPU Pusat pada pekan lalu.
 
Surat suara rusak juga ditemukan sebanyak 20 lembar pada KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen, dari total 88.159 surat suara yang telah didistribusikan pada tanggal 15 Maret lalu.
 
Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen, Benyamin Wayangkau mengatakan, kerusakan surat suara telah dilaporkan ke KPU Papua dan KPU pusat, untuk segera dilakukan pergantian. Kerusakan surat suara kebanyak terobek dan sudah tidak utuh.
 
Untuk pendistribusian surat suara dan logistik pemilu ke sejumlah distrik di wilayah pegunungan tengah Papua, bakal dilakukan KPU setempat pada hari ini dengan menggunakan helicopter milik TNI AD.
 
"Diperkirakan pada tanggal 5 April mendatang, semua surat suara dan logistik telah tiba di distrik dan selanjutnya pada hari H akan disalurkan ke tempat pemungutan suara," ucap Adam Arisoi lagi pada Rabu (2/4/2014).
 
Berikut adalah 16 kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua yang difokuskan untuk pendistribusian surat suara dan logistik dengan menggunakan helikopter, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Tolikara, Nduga, Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Yalimo, Mamberamo Tengah, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Intan Jaya, Dogiyai, Deyai, Paniai dan Mimika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.