Sukses

Sejumlah Lembaga Survei `Bertarung` Jelang Pencoblosan

Pemilu sebentar lagi. Pertarungan kian sengit. Tak hanya antarcaleg dan antarcapres, namun juga antar lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta- Siapapun ingin menang dalam pemilihan umum. Karena memang itulah tujuan dari setiap entitas  politik, baik partai politik maupun individu yang terlibat di dalamnya. Tak heran, lembaga survei pun menjadi sarana penting untuk menimbang arah pertarungan dalam pemilihan umum.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (1/4/2014), gayung pun bersambut. Besarnya kepentingan untuk mendapat informasi mengenai kinerja politik partai dan kadernya menjadi pendorong sejumlah lembaga survei untuk menyuguhkan informasi yang paling aktual.

Senin 31 Maret, 3 lembaga survei meluncurkan hasil pengamatan mereka. Political Weather Station mengambil 1.230 responden, mengungkapkan Golkar dan PDIP akan menjadi kandidat terkuat untuk memenangi pemilu. Kemudian disusul Gerindra di posisi 3.

Dalam survei itu, partai berlambang pohon beringin itu mendapat poin 20,3%. Sementara partai berlambang banteng mendapat poin 19,3%. Pada urutan ketiga partai berlambang kepala garuda itu mendapat poin 14,2%.

Hasil yang kontras ditunjukkan oleh Indonesia Network Election Survei atau (INES). Dengan 6.588 responden, lembaga ini menempatkan Gerindra sebagai pemenang dengan poin 25,4%. Baru disusul PDIP dengan poin 21,1% dan Golkar dengan poin 18,9%.

Tingginya elektabilitas Partai Gerindra ini tidak lepas dari figur Prabowo Subianto. Terlebih survei juga mengungkapkan bahwa masyarakat masih menghendaki capres berlatar belakang militer.

Pengaruh figur terhadap pilihan partai juga terungkap dalam survei yang dipublikasikan Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Sejak PDIP resmi menetapkan Jokowi sebagai capres, elektabilitas partai ini melesat dengan poin 33,4%. Baru disusul Gerindra dan Golkar masing-masing pada urutan 2 dan 3, dengan poin 15,5% dan 15,0%.

Hasil survei ini hanya memberi gambaran dari prediksi yang dicapai oleh partai politik. Namun hasil yang sesungguhnya akan ditentukan oleh masyarakat pada saat pencoblosan 9 April mendatang.

Baca juga:
32 Tahun Berkuasa, Golkar Diprediksi Menang Pemilu 2014
Pemilu 2014, Survei CSIS: Banyak Pemilih `Galau`
INES: Prabowo Kalahkan Jokowi karena Strong Leadership

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini