Sukses

Pengamat: Sukses Pemilu Tanggung Jawab Partai Politik

Kesuksesan Pemilu bukan ditentukan oleh kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Melainkan partai-partai politik peserta Pemilu.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat hukum Tatanegara Irman Putra Siddin menilai keberhasilan Pemilu 2014 sangat ditentukan partai politik. Kesuksesan Pemilu bukan ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tanggungjawab pertama dan utama besar kecilnya partisipasi rakyat dalam pemilu adalah parpol sebagai peserta pemilu dan masih cukup waktu bagi parpol membuktikannyannya," kata Irman, Jumat (21/2/2014).

Irman menyebutkan, parpol adalah organisasi berbasis kerakyatan, bukan berbasis kekuasaan, dan menjadi lidah dialog antara rakyat dan kekuasaan. Mestinya, kata dia, partai politik bisa memaksa dan mengondisikan kekuasaan agar hadir 24 jam dalam kehidupan rakyat baik individu atau kelompok.

"Parpol diberikan hak eksklusif untuk menjadi satu-satunya organisasi berbasis kerakyatan yang bisa menjadi peserta pemilu DPR dan DPRD, serta satu-satunya organisasi yang bisa mengusul pasangan calon presiden," kata dia.

Dia mengatakan habitat parpol adalah rakyat. Dan rakyat juga adalah oksigen parpol, sehingga semakin dekat ke rakyat maka otomatis rakyat akan berebut memilih di TPS guna memilih calon calon dan/atau parpol terbaik yang dianggapnya akan memperjuangkan nasib mereka.

"Semakin parpol menyatu dengan rakyat, maka semakin banyak dan besar harapan rakyat untuk tak sabar menanti hari H pemilu nanti untuk berebutan mencoblos pilihan hatinya," kata Irman. Ant

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini