Sukses

Profil dan Karier Rangga Sasana Semasa Hidup, Mantan Petinggi Sunda Empire

Rangga Sasana adalah salah satu tokoh kontroversial yang dikenal sebagai mantan petinggi Sunda Empire.

Liputan6.com, Jakarta Rangga Sasana adalah salah satu tokoh kontroversial yang dikenal sebagai mantan petinggi Sunda Empire, sebuah organisasi yang mengklaim dirinya sebagai kekaisaran dunia. Sepanjang hidupnya, Rangga kerap muncul di media dengan berbagai pernyataan dan klaim yang mengejutkan publik. Sosoknya yang eksentrik dan penuh teka-teki membuatnya menarik perhatian banyak orang, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Karier Rangga Sasana tidak hanya terbatas pada peranannya di Sunda Empire. Sebelum terlibat dengan organisasi ini, ia memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan aktivis sosial. Keberaniannya dalam berbicara dan mengemukakan pandangan-pandangannya yang unik membuatnya menjadi figur yang diperbincangkan di berbagai forum dan media sosial.

Sepanjang kariernya, Lord Rangga sering kali menghadapi kritik dan kontroversi akibat klaim-klaimnya yang fantastis serta tidak biasa. Meski begitu, ia tetap teguh dengan keyakinannya dan terus mempromosikan ide-ide Sunda Empire.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil dan karier Rangga Sasana semasa hidupnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Rangga Sasana

Rangga Sasana atau dikenal oleh publik sebagai Lord Rangga adalah seorang tokoh kontroversial yang muncul ke permukaan karena mendeklarasikan dirinya sebagai petinggi dari kelompok yang menamakan diri mereka Sunda Empire.

Sunda Empire adalah organisasi yang mengklaim sebagai kekaisaran dunia dan membuat berbagai pernyataan fantastis mengenai sejarah dan tata dunia. Rangga Sasana sering kali menjadi juru bicara kelompok ini, dan melalui berbagai media, ia juga menyampaikan klaim-klaim yang mengejutkan serta sering kali dianggap tidak masuk akal oleh banyak orang.

Mantan petinggi Sunda Empire tersebut menjadi pusat perhatian publik karena penampilannya yang eksentrik dan gaya berbicaranya yang percaya diri serta dramatis. Ia mengklaim bahwa Sunda Empire memiliki pengaruh besar dalam sejarah dunia dan bahwa organisasi ini memiliki tujuan untuk membawa perdamaian serta keadilan global. Meskipun banyak yang skeptis terhadap klaim-klaimnya, Rangga tetap teguh dengan keyakinannya dan terus mempromosikan ide-ide Sunda Empire di berbagai kesempatan.

Popularitas Rangga Sasana meningkat pesat di media sosial, di mana ia sering disebut sebagai Lord Rangga. Julukan ini yang awalnya mungkin bernuansa sindiran, akhirnya menjadi identitas yang melekat padanya. Meskipun banyak yang mempertanyakan kebenaran dari klaim-klaimnya, tidak bisa dipungkiri bahwa Rangga Sasana berhasil menarik perhatian dan membuat banyak orang penasaran dengan cerita-cerita yang ia sampaikan. Kepribadian dan pernyataannya yang unik menjadikannya sosok yang tidak mudah dilupakan dalam kancah berita dan diskusi publik di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Profil dan Karier Rangga Sasana

Rangga Sasana, yang lebih dikenal oleh publik sebagai Lord Rangga, menjadi figur kontroversial dan menarik perhatian luas karena klaim-klaim fantastisnya mengenai kekaisaran Sunda Empire. Sunda Empire adalah sebuah organisasi yang mengklaim memiliki kekuasaan global dan sejarah panjang yang berpengaruh terhadap tatanan dunia. Sosok Lord Rangga, yang sering tampil dengan seragam militer lengkap dengan topi baret, menambah daya tarik dan misteri di sekitar perannya sebagai petinggi di organisasi tersebut. Nama aslinya adalah Edi Raharjo, dan ia lahir pada 12 September 1967 di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi terkenal melalui keterlibatannya di Sunda Empire, Lord Rangga memiliki karier yang cukup beragam. Dari tahun 2011 hingga 2016, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia, sebuah posisi yang menunjukkan keterlibatannya dalam sektor pertanian dan pengelolaan komoditas penting di Indonesia. Di masyarakat Desa Grinting, ia dikenal sebagai sosok profesor, menunjukkan bahwa ia memiliki pengaruh dan dihormati di kalangan lokal.

Namun, namanya mulai dikenal secara luas saat ia menjadi juru bicara Sunda Empire. Klaim-klaimnya yang penuh sensasi dan sering kali dianggap tidak masuk akal, seperti bahwa Sunda Empire memiliki pengaruh global dan menyimpan rahasia sejarah dunia, menarik perhatian media dan masyarakat. Pada tahun 2020, Rangga Sasana ditahan karena menyebarkan berita bohong, sesuai dengan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946, yang mengatur tentang penyiaran berita bohong yang dapat menimbulkan keonaran. Penahanannya membuat namanya sedikit meredup, namun ia tetap menjadi figur yang kontroversial.

Setelah dibebaskan pada tahun 2021, popularitas Lord Rangga kembali meningkat. Ia diundang dalam berbagai wawancara, termasuk di kanal YouTube Karni Ilyas dan podcast Deddy Corbuzier bersama komika Coki Pardede dan Tretan Muslim. Selain itu, televisi nasional juga mengundangnya sebagai bintang tamu, yang semakin memperkuat posisinya di mata publik. Kehadirannya di media ini membantu menghidupkan kembali minat dan perhatian terhadap dirinya dan klaim-klaim Sunda Empire.

Pada Agustus 2022, Lord Rangga mendapatkan posisi baru sebagai Manager Tim Liga 3 Persab Brebes. Namun, jabatannya ini tidak berlangsung lama karena ia mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Meski demikian, keterlibatannya di dunia sepak bola menunjukkan diversifikasi peran dan pengaruhnya di berbagai bidang.

Perjalanan hidup Lord Rangga, dari seorang pengusaha dan aktivis sosial hingga menjadi tokoh kontroversial di Sunda Empire dan akhirnya kembali dikenal melalui media, menciptakan kisah yang penuh warna dan liku. Tepat pada Rabu, 7 Desember 2022 sekitar pukul 05.30 WIB kabar duka dari Lord Rangga yang menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Islam Mutiara Bunda, Tanjung, Brebes karena sakit.

4 dari 4 halaman

Awal Kemunculan Sunda Empire

Sunda Empire adalah sebuah perkumpulan yang mendasarkan diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu yang didirikan oleh Lord Rangga Edi Raharjo di Brebes, Jawa Tengah. Perkumpulan ini  sudah berdiri sejak tahun 2017. Sunda Empire mengklaim bahwa mereka adalah kekaisaran yang besar antara bumi dan matahari.

Gerakan ini bermula hanya sebatas di media sosial yang akhirnya terbentuk secara nyata dan viral setelah akun Facebook dari seseorang yang diduga anggota Sunda Empire bernama Renny Khairani Miller melakukan unggahan status yang membuat geger pengguna Facebook. Pada unggahan tersebut, ia menulis tentang keberadaan Sunda Empire dengan melampirkan beberapa foto orang yang menggunakan seragam militer. Semenjak itu, Sunda Empire menjadi terkenal dan menggegerkan jagat maya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.