Sukses

Resep Nasi Goreng Kambing dan Babat Spesial, Ikuti Tips Membuatnya

Tips dan resep nasi goreng kambing dan nasi goreng babat spesial.

Liputan6.com, Jakarta Dalam suasana merayakan momen kurban, kehadiran daging kambing dan babat menjadi kekayaan tersendiri. Tidak hanya untuk hidangan utama seperti rendang atau gulai, tetapi juga untuk menciptakan hidangan spesial lainnya seperti nasi goreng kambing dan nasi goreng babat.

Di balik keunikan hidangan ini terdapat beberapa tips khusus yang perlu diperhatikan agar cita rasanya benar-benar istimewa. Meski terkesan sederhana, nasi goreng kambing dan nasi goreng babat yang diolah dengan memperhatikan tips ini mampu memberikan sensasi lezat yang tak terlupakan.

Dalam proses mengolah daging kambing untuk nasi goreng kambing, ada beberapa langkah yang harus diikuti dengan cermat agar hasilnya maksimal. Mulai dari pemilihan daging yang segar hingga teknik memasak yang tepat, semua hal tersebut akan berpengaruh pada keempukan daging dan keseimbangan rasa yang dihasilkan. Begitu pula dengan nasi goreng babat, di mana pemilihan dan persiapan babat yang benar serta penggunaan bumbu yang tepat akan menghasilkan hidangan yang menggugah selera.

Dengan mengikuti tips-tips khusus ini, nasi goreng kambing dan nasi goreng babat spesial yang Anda buat akan menjadi sajian yang istimewa dalam momen berkurban ini. Sensasi kelezatan dan keempukan daging yang terjaga akan memanjakan lidah para penikmatnya, membuat momen bersantap semakin berkesan dan berarti.

Untuk panduan lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tips dan resep nasi goreng kambing dan nasi goreng babat special, pada Selasa (18/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing merupakan hidangan lezat yang menggabungkan cita rasa gurih nasi goreng dengan kelezatan daging kambing yang khas. Dengan paduan rempah-rempah yang meresap dan aroma yang menggoda, hidangan ini menjadi favorit bagi pecinta masakan Indonesia yang menginginkan sensasi yang berbeda. Simak resep berikut untuk menciptakan nasi goreng kambing yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah resep nasi goreng kambing yang bisa kamu coba:

Bahan-bahan:

  • 2 piring nasi putih yang sudah dingin
  • 200 gram daging kambing, potong dadu kecil
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan pelengkap sesuai selera (irisan mentimun, acar, sambal)

Cara membuat:

1. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum.

2. Masukkan daging kambing, tumis hingga matang dan berubah warna.

3. Masukkan telur, aduk hingga telur setengah matang.

4. Tambahkan nasi putih, aduk rata dengan bumbu dan daging kambing.

5. Tuangkan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, merica bubuk, dan garam. Aduk rata dan masak hingga nasi matang dan terasa gurih.

6. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar, kemudian angkat.

7. Sajikan nasi goreng kambing panas dengan pelengkap sesuai selera.

 

 

3 dari 4 halaman

Resep Nasi Goreng Babat

Nasi goreng babat adalah hidangan khas Indonesia yang menggunakan babat sebagai bahan utamanya. Babat yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas memberikan cita rasa yang lezat dan berbeda. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat nasi goreng babat yang bisa kamu coba di rumah. Berikut adalah resep nasi goreng babat yang bisa kamu coba:

Bahan-bahan:

  • 2 piring nasi putih yang sudah dingin
  • 200 gram babat sapi, direbus dan potong kecil-kecil
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 butir telur
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan pelengkap sesuai selera (irisan mentimun, acar, sambal)

Cara membuat:

1. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum.

2. Masukkan potongan babat, tumis hingga matang dan berubah warna.

3. Masukkan telur, aduk hingga telur setengah matang.

4. Tambahkan nasi putih, aduk rata dengan bumbu dan babat.

5. Tuangkan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, merica bubuk, dan garam. Aduk rata dan masak hingga nasi matang dan terasa gurih.

6. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar, kemudian angkat.

7. Sajikan nasi goreng babat panas dengan pelengkap sesuai selera.

4 dari 4 halaman

Tips Membuat Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing adalah hidangan yang menggugah selera dengan cita rasa khas daging kambing. Agar nasi goreng kambing Anda tetap empuk dan lezat tanpa rasa amis yang mengganggu, simak beberapa tips berikut.

  1. Pilih Daging Kambing yang Baik: Pastikan memilih daging kambing yang segar dan berkualitas baik untuk hasil yang empuk dan tidak amis.
  2. Rendam Daging: Rendam potongan daging kambing dalam air dingin dengan sedikit air jeruk nipis atau cuka selama beberapa menit untuk mengurangi amisnya.
  3. Potong Daging dengan Benar: Potong daging kambing menjadi potongan kecil agar mudah dimasak dan teksturnya lebih empuk.
  4. Tumis Bumbu dengan Baik: Pastikan tumis bumbu hingga harum dan matang sempurna sebelum menambahkan daging kambing agar cita rasanya meresap dengan baik.
  5. Jangan Overcook: Jangan memasak daging kambing terlalu lama agar tidak mengeras dan tetap empuk saat dihidangkan.
  6. Tambahkan Bumbu yang Tepat: Gunakan rempah-rempah dan bumbu lainnya seperti kecap, saus tiram, dan kecap inggris untuk memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

 

Tips Membuat Nasi Goreng Babat

Jika Anda ingin menciptakan nasi goreng babat yang lezat dan empuk, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar hasilnya memuaskan tanpa rasa amis yang dominan.

  1. Rebus Babat dengan Benar: Sebelum digunakan dalam nasi goreng, rebus babat dalam air bersih dengan tambahan bumbu seperti jahe dan daun salam hingga empuk. Ini akan menghilangkan amisnya.
  2. Potong Kecil: Setelah direbus, potong babat menjadi potongan kecil agar mudah dimasak dan empuk saat dihidangkan.
  3. Tumis Bawang Putih: Pastikan untuk tumis bawang putih hingga harum sebelum menambahkan babat agar bumbu meresap dengan baik.
  4. Gunakan Bumbu yang Cocok: Gunakan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, dan merica bubuk untuk memberikan cita rasa yang kaya dan lezat pada nasi goreng babat.
  5. Jangan Memasak Terlalu Lama: Jangan memasak nasi goreng terlalu lama setelah semua bahan dicampur agar tekstur nasi tetap empuk dan tidak kering.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan nasi goreng kambing dan nasi goreng babat yang kamu buat akan empuk dan memiliki cita rasa yang lezat tanpa rasa amis yang mengganggu. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.