Sukses

Resep Garang Asem Daging, Alternatif Menu Olahan Daging Kurban yang Menyegarkan

Garang asem daging memikat dengan rasa asam yang segar dari belimbing sayur, yang bisa diganti dengan tomat muda jika sulit ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Garang asem daging merupakan sajian berkuah khas Jawa Tengah yang menawarkan sensasi rasa yang unik dan menyegarkan dengan perpaduan asam, manis, dan gurih. Menu ini bisa menjadi alternatif menarik untuk mengolah daging kurban selain soto, tongseng, gulai yang cenderung berminyak. 

Garang asem daging memikat dengan rasa asam yang segar dari belimbing sayur, yang bisa diganti dengan tomat muda jika sulit ditemukan. Selain memberikan rasa asam yang khas, bahan-bahan ini juga membantu mengempukkan daging sapi, membuatnya lebih mudah dinikmati. Rasa manis dari kecap manis berpadu harmonis dengan keasaman belimbing sayur dan rempah-rempah seperti cabai dan bawang, menciptakan keseimbangan rasa yang lezat di setiap suapan.

Salah satu kunci dari kelezatan garang asem daging adalah proses memasaknya yang perlahan. Daging sapi dimasak dengan api kecil hingga bumbu meresap sempurna, memastikan setiap potong daging mengandung rasa yang kaya. Semakin lama dimasak atau dihangatkan ulang, hidangan ini justru semakin enak dan segar, memberikan pengalaman rasa yang lebih mendalam. Berikut resep garang asem daging yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Garang Asem Daging

  • 500 g daging sandung lamur sapi
  • 1.5 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 100 ml kecap manis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdm garam
  • 5 buah belimbing sayur, belah
  • 2 buah tomat merah, potong-potong
  • 100 g buncis, potong 3 cm
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 buah cabe hijau besar
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Garang Asem Daging

  1. Cuci bersih daging sandung lamur. Potong-potong kasar dan tiriskan.
  2. Didihkan 1.5 liter air dalam panci.
  3. Masukkan potongan daging sandung lamur, lalu kecilkan api.
  4. Angkat buih yang mengapung di permukaan panci.
  5. Masak dengan api kecil hingga daging benar-benar empuk.
  6. Bakar cabe merah besar, cabe hijau besar, bawang merah, dan bawang putih di atas bara api hingga layu.
  7. Iris kasar bumbu-bumbu tersebut.
  8. Masukkan bumbu yang sudah diiris kasar ke dalam rebusan daging.
  9. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan serai.
  10. Masukkan kecap manis, merica, dan garam.
  11. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging menjadi kecokelatan.
  12. Masukkan tomat, didihkan hingga tomat lunak.
  13. Tambahkan belimbing sayur, buncis, dan cabe rawit merah.
  14. Didihkan hingga buncis dan cabe rawit layu.
  15. Angkat dan sajikan garang asem daging hangat dengan nasi putih.
4 dari 4 halaman

Tips Membuat Garang Asem Daging yang Lezat

  1. Gunakan bagian daging sapi yang memiliki lapisan lemak untuk mendapatkan rasa gurih yang maksimal. Selain sandung lamur, daging iga sapi atau tetelan has sapi dengan sedikit lemak juga cocok untuk diolah menjadi garang asem daging.
  2. Garang asem daging sapi memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan gurih. Jika tidak menyukai rasa manis yang terlalu dominan, kurangi jumlah kecap manis yang digunakan. Sesuaikan jumlah bumbu dan bahan sesuai selera untuk mendapatkan keseimbangan rasa yang diinginkan.
  3. Untuk mendapatkan rasa pedas yang kuat, gerus cabe rawit merah dalam mangkok sebelum dituangi kuah dan dagingnya. Ini akan memastikan rasa pedas yang lebih menyebar dalam hidangan.
  4. Masak dengan api kecil dan waktu yang cukup lama agar bumbu dapat meresap sempurna ke dalam daging. Semakin lama dimasak, rasa garang asem akan semakin lezat.
  5. Sajikan garang asem daging dalam keadaan hangat agar rasa dan aroma bumbu tetap optimal. Hidangkan dengan nasi putih hangat untuk melengkapi kelezatannya.
  6. Jika tidak memiliki belimbing sayur, tomat muda dapat digunakan sebagai pengganti untuk memberikan rasa asam yang menyegarkan. Tambahkan sesuai selera untuk mendapatkan tingkat keasaman yang diinginkan.
  7. Pastikan rempah seperti daun salam, lengkuas, dan serai dimemarkan sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Ini akan membantu melepaskan aroma dan rasa rempah secara lebih optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.