Sukses

9 Ide Jualan Kekinian Barang yang Cocok untuk Anak Sekolah

Anak sekolah sering mencari produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga mencerminkan identitas mereka dalam komunitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki era di mana tren dan minat pasar terus berkembang, penting bagi pelaku bisnis untuk selalu mengikuti perkembangan dan kebutuhan konsumen, termasuk di kalangan anak sekolah. Ide jualan kekinian barang menawarkan peluang untuk memenuhi keinginan mereka terhadap produk-produk yang sesuai dengan minat saat ini, seperti barang-barang K-Pop, aksesori handphone, atau produk skincare.

Anak sekolah sering mencari produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga mencerminkan identitas mereka dalam komunitasnya.

Potensi pasar untuk ide jualan kekinian barang bagi anak sekolah sangatlah besar, terutama karena anak-anak sekolah saat ini aktif dalam mengikuti tren terbaru dan budaya populer. Contohnya, jasa cetak photocard idol Korea atau penjualan barang-barang K-Pop dapat menarik perhatian mereka yang sangat menggemari budaya Korea Selatan.

Selain itu, dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi, pelaku bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya lokal tetapi juga regional atau bahkan internasional. Ini semua memberikan peluang besar bagi para pelaku bisnis muda untuk meraih kesuksesan dalam bisnis mereka.

Bagi anak sekolah yang ingin memulai ide jualan kekinian barang, penting untuk memahami pasar dan tren terkini yang diminati. Mulailah dengan meneliti produk-produk yang sedang populer di kalangan teman-teman sebaya, seperti aksesori handphone yang estetik atau produk skincare yang ramah di kantong. Apa lagi?

Berikut Liputan6.com ulas sejumlah ide jualan kekinian barang yang cocok untuk anak sekolah, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jasa Cetak Photocard Idol Korea

Jasa cetak photocard idol Korea Selatan merupakan ide jualan kekinian yang cocok untuk anak sekolah yang gemar dengan budaya K-Pop. Anda dapat menggunakan kemampuan editing foto untuk menyesuaikan gambar dengan layout cetak yang diinginkan. Modalnya relatif kecil karena dapat menggunakan layanan digital printing untuk mencetak photocard dengan kualitas tinggi.

Tips Memulai: Pelajari teknik editing foto dan tata letak yang menarik untuk photocard. Cari penyedia digital printing yang menyediakan berbagai opsi kertas dan ukuran cetak, terutama yang cocok untuk photocard idol Korea.

2. Barang-Barang K-Pop

Menjual barang-barang K-Pop seperti album, light stick, dan photocard adalah ide jualan kekinian yang sangat diminati di kalangan remaja dan anak sekolah. Produk-produk ini biasanya diimpor atau didatangkan dari Korea Selatan untuk memenuhi keinginan pasar yang gemar dengan K-Pop.

Tips Memulai: Carilah distributor atau supplier barang-barang K-Pop yang terpercaya untuk mendapatkan produk dengan harga yang kompetitif. Anda juga bisa menambahkan sentuhan personal dengan membuat atau mendesain barang-barang seperti stiker atau tas berdasarkan motif idol favorit.

3. Buket Bunga Snack

Ide jualan buket bunga snack cocok sebagai hadiah unik untuk anak sekolah pada berbagai acara penting seperti ulang tahun atau kelulusan. Produk ini menawarkan kombinasi antara keindahan buket bunga dengan kepraktisan snack atau makanan ringan di dalamnya.

Tips Memulai: Pelajari teknik merangkai buket bunga agar tampil menarik dan rapi. Gunakan bahan-bahan yang segar dan snack yang populer di kalangan anak muda seperti cokelat atau keripik.

4. Voucher Game dan Streaming

Menjual voucher game dan akun langganan streaming seperti Netflix atau Spotify dapat menjadi pilihan bisnis yang menarik. Anak sekolah seringkali menghabiskan waktu luang mereka untuk bermain game atau menonton film, sehingga permintaan terhadap voucher ini cukup tinggi.

Tips Memulai: Cari tahu distributor resmi untuk voucher game dan akun langganan streaming. Pastikan untuk menawarkan voucher dengan harga kompetitif dan memberikan pelayanan yang cepat dan terpercaya kepada pelanggan.

5. Produk Skincare dan Kosmetik

Produk skincare dan kosmetik adalah kebutuhan sehari-hari bagi banyak anak sekolah, terutama yang mulai memperhatikan penampilan dan kesehatan kulit mereka. Ide ini menawarkan berbagai pilihan dari brand lokal hingga produk UMKM yang ramah di kantong.

Tips Memulai: Mulailah dengan menjadi reseller produk-produk skincare dan kosmetik yang telah terbukti kualitasnya. Perhatikan tren dan rekomendasi dari beauty influencer untuk memilih produk yang diminati oleh pasar anak sekolah.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Affiliate Program

Bergabung dengan affiliate program memungkinkan Anda untuk memanfaatkan popularitas produk tertentu dengan membagikan link produk melalui media sosial. Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan melalui link tersebut.

Tips Memulai: Pilih marketplace atau brand yang sesuai dengan minat anak sekolah, seperti fashion atau teknologi. Buat konten yang menarik dan relevan di media sosial untuk meningkatkan kemungkinan pembelian melalui link affiliate Anda.

7. Parfum dan Aromaterapi

Produk wewangian seperti parfum dan essential oil sangat diminati oleh pembeli online yang mencari produk untuk meningkatkan suasana dan kesehatan. Anak sekolah juga tertarik dengan aroma yang menyegarkan atau menenangkan.

Tips Memulai: Jika memungkinkan, kembangkan produk aromaterapi sendiri dengan menggabungkan minyak esensial yang populer di kalangan anak muda. Pastikan untuk menawarkan produk dengan kualitas dan aroma yang meyakinkan.

8. Aksesori dan Dekorasi Rumah

Menjual aksesori rumah seperti vas bunga atau dekorasi lainnya dapat menarik minat anak sekolah yang ingin menghias kamar atau ruang belajar mereka dengan estetika modern atau minimalis.

Tips Memulai: Perhatikan tren dekorasi rumah yang sedang populer di kalangan milenial. Tawarkan produk yang memiliki nilai estetika tinggi dan dapat memberikan kesan yang menyenangkan bagi penggunanya.

9. Aksesoris Handphone

Menjual aksesori handphone seperti casing, charger, dan earphone sesuai dengan tren estetik saat ini dapat menjadi ide jualan kekinian yang menarik. Anak sekolah seringkali ingin personalisasi handphone mereka dengan aksesori yang unik dan modis.

Tips Memulai: Cari supplier yang menyediakan aksesori handphone dengan berbagai pilihan desain dan kualitas yang baik. Tawarkan pilihan casing yang stylish dan charger yang cepat untuk menarik minat pelanggan.

 

Mengikuti tren dan memahami kebutuhan pasar anak sekolah, Anda dapat memulai ide jualan kekinian dengan modal kecil namun potensi keuntungan yang besar. Selalu perhatikan kualitas produk dan pelayanan agar bisa memenangkan kepercayaan pelanggan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.