Sukses

USG Janin 2 Minggu, Ini Alat yang Cocok untuk Memeriksa dan Perkembangannya

Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) adalah cara yang aman dan efektif untuk melihat perkembangan janin, bahkan ketika masih berusia 2 minggu.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui kondisi janin sejak usia dini adalah hal penting bagi calon orang tua. Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) adalah cara yang aman dan efektif untuk melihat perkembangan janin, bahkan ketika masih berusia 2 minggu. Dalam mencari jenis alat USG yang ideal untuk menjalankan tugas penting ini, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan agar hasilnya optimal dan memberi kepastian bagi orang tua.

Menyelami lebih dalam, kita akan mengenal berbagai jenis alat USG yang dibuat khusus untuk kebutuhan yang spesifik. Saat kehamilan baru menginjak usia 2 minggu, ada jenis-jenis alat USG yang lebih sesuai digunakan untuk memastikan informasi yang ditampilkan akurat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai alat USG yang cocok untuk memeriksa janin 2 minggu dan perkembangannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Alat USG yang Cocok untuk Memeriksa Janin Usia 2 Minggu

Alat USG yang tepat untuk usia kehamilan 2 minggu adalah Transvaginal Ultrasound. Alat ini memungkinkan gambar yang lebih jelas dan detail dari embrio yang masih sangat kecil. Alat USG ini dirancang khusus untuk memperoleh gambaran yang lebih tajam dan detail dari struktur yang masih sangat kecil di dalam rahim. Hal ini karena:

  1. Resolusi Tinggi: Alat ini memiliki frekuensi gelombang ultrasonik yang lebih tinggi, dapat memberikan citra yang lebih detail dibandingkan dengan USG transabdominal.
  2. Akses Lebih Dekat: Proses pemeriksaan dengan probe yang dimasukkan ke dalam vagina memungkinkan posisi yang lebih dekat dengan rahim, sehingga gambar yang dihasilkan pun lebih jelas.
  3. Deteksi Dini: USG Transvaginal bermanfaat untuk mendeteksi kantung kehamilan lebih awal dibandingkan dengan alat USG lainnya.

Sedangkan untuk cara penggunaan USG Transvaginal adalah sebagai berikut ini:

  1. Sebelum prosedur, Anda akan diminta untuk mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu.
  2. Anda akan berbaring di atas meja pemeriksaan dengan posisi kaki tertekuk dan diposisikan pada dukungan kaki.
  3. Gel pelumas akan dioleskan pada probe USG untuk meminimalkan ketidaknyamanan saat pemasukan.
  4. Probe USG kemudian akan dimasukkan ke dalam vagina dengan hati-hati.

Seluruh proses ini umumnya tidak menyakitkan, meski terkadang dapat menyebabkan sedikit ketidaknyamanan. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan ini di bawah pengawasan dokter yang berpengalaman dan di fasilitas kesehatan yang memiliki peralatan yang tepat untuk menjamin keakuratan hasil USG dan keamanan bagi ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Perkembangan Janin Usia 2 Minggu

Perkembangan janin pada usia 2 minggu sangatlah awal, dan biasanya belum terlihat melalui pemeriksaan USG. Pada titik ini, yang terjadi adalah ovulasi dan pembuahan jika sel telur ibu bertemu dengan sperma. Proses inisiasi kehamilan dimulai saat sel telur yang telah dibuahi (zigot) melakukan pembelahan dan perjalanannya menuju rahim.

Secara fisik, ibu mungkin belum merasakan perubahan yang signifikan pada tubuhnya yang berhubungan secara langsung dengan kehamilan karena gejala seperti mual, kelelahan, dan perubahan hormon umumnya mulai terasa beberapa minggu kemudian.

Pada usia kehamilan 2 minggu, jika dilakukan pemeriksaan dengan USG, alat yang tepat adalah transvaginal ultrasound yang lebih sensitif untuk mendeteksi perubahan dini dalam rahim. Akan tetapi, kantung kehamilan biasanya baru terlihat pada USG sekitar minggu ke-4 atau ke-5. Oleh karena itu, pemeriksaan USG pada minggu ke-2 biasanya belum mampu menunjukkan adanya tanda-tanda kehamilan yang spesifik.

Penting diingat bahwa penanggalan kehamilan sering kali dihitung dari hari pertama haid terakhir, bukan dari pembuahan, sehingga "usia kehamilan 2 minggu" dalam terminologi medis sering kali berarti periode sebelum ovulasi terjadi.

4 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Ditanyakan pada Dokter Saat Janin Usia 2 Minggu

Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan saat melakukan USG janin 2 minggu kepada dokter, yakni:

1. Apa yang dapat dilihat pada USG janin usia 2 minggu?

Pada usia kehamilan 2 minggu, sesungguhnya sangat sedikit atau bahkan belum ada yang dapat dilihat melalui USG. Pasalnya, pada minggu-minggu awal seperti ini, janin masih berupa kumpulan sel yang sedang bersiap untuk implantasi ke dinding rahim. Alat USG yang umumnya disarankan pada masa ini adalah USG transvaginal, karena sensitivitasnya yang lebih tinggi dalam mendeteksi struktur kecil di rahim.

Namun, penting untuk dipahami bahwa USG pada minggu ke-2 ini kebanyakan masih belum bisa mengidentifikasi kantung kehamilan. Hal ini dikarenakan kantung kehamilan biasanya baru terlihat dalam USG setelah minggu ke-4 atau ke-5 kehamilan, ketika level hCG (human chorionic gonadotropin) sudah cukup tinggi untuk dideteksi.

2. Apakah pemeriksaan USG aman untuk janin pada usia 2 minggu ini?

USG dianggap sebagai metode pemeriksaan yang aman dalam dunia medis dan secara luas digunakan selama kehamilan. USG tidak memanfaatkan radiasi, melainkan gelombang suara yang dipantulkan kembali untuk menciptakan gambaran. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa USG dapat membahayakan janin, bahkan pada usia kehamilan 2 minggu.

3. Bagaimana mengatasi rasa cemas saat pemeriksaan USG janin 2 minggu?

Rasa cemas saat hamil, terlebih saat akan melakukan pemeriksaan USG, adalah hal yang wajar. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kecemasan tersebut:

  1. Pertama, mintalah informasi yang lengkap dari Dokter kandungan mengenai proses pemeriksaan dan apa yang dapat diharapkan.
  2. Persiapkan diri dengan informasi yang akurat tentang pemeriksaan USG, termasuk keterbatasannya pada usia kehamilan dini.
  3. Berdiskusi dengan pasangan atau orang terdekat yang dapat memberikan dukungan emosional.
  4. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum melakukan USG.
  5. Inggatlah bahwa pemeriksaan USG di awal kehamilan terkadang tidak segera dapat menunjukkan hasil yang diharapkan dan mungkin perlu diulang beberapa waktu setelahnya.

Dengan memahami proses alami perkembangan kehamilan dan dengan dukungan profesional kesehatan, Ibu Hamil dapat mengurangi rasa cemas dan memiliki harapan yang realistis mengenai pemeriksaan USG pada usia kehamilan 2 minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.