Sukses

5 Cara Membuka HP Realme C2 yang Lupa Kata Sandi dan Pola, Tanpa Mereset

Realme merupakan salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan smartphone dengan teknologi terkini dan desain yang trendi.

Liputan6.com, Jakarta Lupa kata sandi maupun pola pada HP merupakan hal yang wajar bagi sebagian orang. Jika mengalaminya, maka penting untuk tahu cara membuka HP Realme C2 yang lupa kata sandi dan pola agar HP bisa kembali digunakan.

Realme merupakan salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan smartphone dengan teknologi terkini dan desain yang trendi. Realme selalu menyediakan smartphone dan AIoT yang canggih.

Sebagai perusahaan teknologi, Realme juga memberikan berbagai fitur menarik pada smartphone yang diciptakan. Realme juga selalu berupaya untuk menawarkan pengalaman trendi dengan harga yang terjangkau.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuka HP Realme C2 yang lupa kata sandi dan pola yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mencoba Kata Sandi Default

Jika Anda adalah pengguna HP Realme C2 dan terkunci di luar karena lupa kata sandi atau pola, jangan khawatir. Salah satu cara yang bisa Anda coba sebelum melakukan reset pabrik adalah dengan menggunakan kata sandi default. Biasanya, setelah beberapa kali percobaan membuka kunci yang salah, HP akan memberikan opsi untuk memasukkan kata sandi backup Anda. Berikut adalah langkah sederhana untuk mencobanya:

  1. Setelah beberapa kali gagal membuka kunci, tunggu hingga HP menampilkan opsi untuk memasukkan kata sandi.
  2. Masukan kata sandi default, yang biasanya adalah "0000" atau "1234" (tergantung dari pengaturan pabrik HP Anda).
  3. Jika kata sandi default berhasil, Anda akan langsung masuk ke layar utama HP Anda.

Ingat, tidak semua HP Realme C2 memiliki opsi untuk kata sandi default, ini tergantung dari pengaturan yang Anda atur sebelumnya. Jika langkah ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu mempertimbangkan metode lain seperti mengembalikan HP ke pengaturan pabrik atau menggunakan Akun Google untuk membuka kunci. Namun, metode terakhir ini akan menghapus semua data di HP Anda.

3 dari 6 halaman

2. Menggunakan Metode Perangkat Keras

Apakah Anda pemilik Realme C2 yang berada dalam situasi di mana Anda lupa kata sandi atau pola layar kunci Anda? Tenang, ada solusi untuk mengatasi hal ini tanpa perlu mereset perangkat Anda dan kehilangan data Anda. Langkah yang perlu diambil adalah melalui metode perangkat keras atau recovery mode. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Matikan ponsel Realme C2 Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan sampai logo Realme muncul di layar.
  3. Setelah logo muncul, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Anda akan memasuki Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk seleksi.
  5. Pilih opsi 'Forgot Password' atau 'Wipe Data'.
  6. Pilih 'Wipe Data' lagi untuk konfirmasi dan tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses selesai, pilih 'Reboot system now' untuk memulai ulang ponsel Anda.

Perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data pada perangkat Anda. Jadi, pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum melanjutkan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengatur ulang kata sandi tanpa harus mereset perangkat dan tanpa kehilangan data penting Anda.

4 dari 6 halaman

3. Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Terkadang, situasi tidak terduga seperti lupa kata sandi dapat menimpa pemilik smartphone Realme C2. Namun, Anda tidak perlu panik. Ada solusi lain selain mereset perangkat Anda, yaitu dengan menggunakan layanan pihak ketiga. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan, yakni:

  1. Pilih Layanan Pihak Ketiga: Carilah layanan perbaikan online yang memiliki reputasi baik dan menawarkan solusi untuk membuka kunci layar tanpa kehilangan data. Pastikan layanan tersebut kompatibel dengan Realme C2.
  2. Kirim Informasi Perangkat: Anda perlu memberikan informasi detail mengenai ponsel Anda kepada penyedia layanan, seperti model perangkat dan masalah yang dihadapi.
  3. Pelaksanaan Pembukaan Kunci: Penyedia layanan akan menggunakan metode khusus untuk membuka kunci ponsel Anda. Proses ini kemungkinan akan membutuhkan waktu tertentu bergantung pada layanan yang dipilih.
  4. Konfirmasi dan Pembayaran: Setelah proses selesai, konfirmasi bahwa ponsel Anda sudah bisa diakses lagi. Biasanya, layanan semacam ini membutuhkan pembayaran, jadi pastikan Anda menyepakati biaya layanan sebelum proses dilakukan.

Selalu pertimbangkan untuk menggunakan layanan resmi atau yang memiliki ulasan positif untuk menghindari penipuan. Jangan lupa, meski ada risiko mmembuka hp dengan layanan pihak ketiga, namun opsi ini bisa menjadi penyelamat ketika Anda membutuhkan akses ke ponsel dengan segera.

5 dari 6 halaman

4. Memakai Android Find My Device

Berikut ini cara membuka HP Realme C2 yang lupa kata sandi dan pola dengan memakai Android Find My Device, yakni:

  1. Langkah yang pertama yakni pastikan perangkat terhubung jaringan internet dan buka halaman Find My Device melalui browser.
  2. Selanjutnya login pada akun Google yang terhubung dengan HP Realme kesayanganmu.
  3. Klik “Hapus Perangkat” dan konfirmasi untuk melanjutkan langkah sampai selesai dan data ponsel terhapus, termasuk kata sandinya.
  4. Setelah itu, atur password atau pola sandi baru yang lebih mudah diingat dan sesuai keinginan. 
  5. Terakhir,  HP Realme kesayanganmu pun bisa kembali dibuka dan dibuat password barunya.
6 dari 6 halaman

5. Melakukan Hard Reset via Recovery Mode

Berikut ini cara membuka HP Realme C2 yang lupa kata sandi dan pola dengan melakukan Hard Reset via Recovery Mode, yakni:

  1. Langkah pertama yakni matikan HP Realme terlebih dahulu.
  2. Kemudian, tekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan hingga masuk menu ColorOS Recovery.
  3. Setelah itu, akan muncul opsi preferensi Bahasa yang diatur dengan tombol volume sebagai navigasinya.
  4. Pilih Wipe Data untuk Hard Reset.
  5. Selanjutnya klik Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos) dan lanjutkan proses hingga selesai sesuai petunjuk.
  6. Setelahnya kamu hanya perlu pilih Reboot untuk memuat ulang HP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.