Sukses

Kenapa Mood Gampang Berubah? Ini 4 Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Informasi seputar penyebab dan kenapa mood gampang berubah

Liputan6.com, Jakarta Kenapa mood gampang berubah? Pertanyaan ini mengarah pada kompleksitas perasaan dan pikiran manusia. Bukan rahasia lagi bahwa perubahan mood bisa terjadi dalam sekejap, seperti kilat menyambar langit yang cerah. Namun, apa yang sebenarnya membuat mood kita menjadi begitu fluktuatif? Jawabannya bisa mencakup berbagai faktor, dari tekanan harian hingga kondisi kesehatan fisik dan mental.

Kenapa mood gampang berubah dengan cepat seringkali terkait dengan situasi eksternal yang memicu stres atau transisi dalam kehidupan. Namun, apa yang membuatnya menjadi begitu mendalam? Apakah ada hal-hal yang tersembunyi di balik senyum atau air mata yang muncul secara tiba-tiba? Bukan hanya itu, faktor lingkungan dan kebiasaan juga dapat berperan dalam perjalanan gelombang mood kita.

Ketika berbicara tentang kenapa mood gampang berubah, tidak bisa diabaikan bahwa kondisi kesehatan mental dan emosional juga berperan penting. Adakah hubungan antara kondisi kesehatan kita dengan pola perubahan mood yang sering terjadi? Bagaimana kita dapat memahami dan mengelola perasaan-perasaan yang datang dan pergi dengan begitu cepat? Mungkin jawabannya ada pada upaya untuk lebih memahami diri sendiri dan mencari dukungan yang tepat untuk menjaga keseimbangan batin.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Health Line informasi seputar penyebab dan kenapa mood gampang berubah, pada Kamis (18/4).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Mental Penyebab Kenapa Mood Gampang Berubah

Gangguan kesehatan mental dapat mempengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir, dan berperilaku. Beberapa gangguan kesehatan mental, seperti depresi klinis dan gangguan bipolar, dianggap sebagai gangguan mood atau afektif.

Gangguan depresi mencakup berbagai kondisi, antara lain:

  1. Gangguan Depresi Mayor (MDD) seringkali ditandai dengan periode lama mood rendah, rasa putus asa, dan kelelahan.
  2. Gangguan Depresi Persisten, sebelumnya dikenal sebagai distimia, dianggap kurang parah daripada MDD, meskipun gejalanya biasanya berlangsung selama 2 tahun atau lebih.
  3. Gangguan Depresi Mayor dengan Pola Musiman, juga disebut sebagai gangguan afektif musiman (SAD), biasanya terjadi selama musim panas atau musim dingin.
  4. Depresi Perinatal terjadi selama kehamilan.
  5. Depresi Postpartum terjadi setelah melahirkan.
  6. Gangguan Disregulasi Mood yang Mengganggu (DMDD), yang biasanya hanya didiagnosis pada remaja, melibatkan ledakan yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

Gangguan bipolar juga dapat menyebabkan perubahan mood yang intens, tingkat energi, dan perilaku. Ada tiga tipe:

  1. Bipolar I, yang ditandai dengan munculnya satu atau lebih episode mania.
  2. Bipolar II, yang ditandai dengan munculnya satu atau lebih episode depresi mayor dan satu atau lebih episode hipomania.
  3. Gangguan siklotimik, atau siklotimia, ditandai dengan gejala mania dan depresi yang kurang parah daripada yang akan dianggap sebagai episode.

Beberapa gangguan mood, seperti gangguan disforia pramenstruasi (PMDD), disebabkan oleh fluktuasi hormonal selama siklus menstruasi Anda.

Gangguan kesehatan mental lainnya juga dapat memengaruhi mood Anda, meskipun mereka tidak dianggap sebagai gangguan afektif. Sebagai contoh, Anda mungkin mengalami perubahan mood ekstrem dengan:

  1. Gangguan kecemasan
  2. Gangguan hiperaktivitas impulsif (ADHD)
  3. Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)
  4. Gangguan kepribadian
  5. Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  6. Skizofrenia

Gangguan kesehatan mental dapat diobati, seringkali melalui terapi, obat-obatan, dan strategi gaya hidup tertentu.

3 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Fisik  

 

Kondisi kesehatan fisik, terutama penyakit kronis atau terminal, juga dapat memengaruhi mood seseorang. Hal ini dapat disebabkan langsung oleh perubahan dalam tubuh — fluktuasi hormon selama kehamilan dan menopause, misalnya, dapat memengaruhi mood seseorang — atau tidak langsung dengan memicu perasaan kecemasan atau depresi.

Contoh lainnya meliputi:

  • Penyakit Alzheimer
  • Kanker
  • Diabetes
  • Epilepsi
  • Penyakit jantung
  • HIV
  • Multiple sclerosis (MS)
  • Penyakit Parkinson
  • Artritis rheumatoid
  • Stroke
  • Gangguan tiroid

Jika Anda melihat adanya gejala baru atau memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda. Mereka mungkin dapat merekomendasikan pengobatan baru atau menghubungkan Anda dengan dukungan kesehatan mental yang diperlukan. Penanganan kondisi fisik yang baik juga dapat membantu dalam menjaga keseimbangan mood dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

Penggunaan dan Penyalahgunaan Zat

Penggunaan atau penyalahgunaan zat dapat menyebabkan perubahan mood yang signifikan. Merokok, vaping nikotin, atau menggunakan produk nikotin lainnya misalnya, dapat menyebabkan perasaan mudah marah dan kecemasan.

Perasaan-perasaan ini mungkin sementara teratasi dengan mengonsumsi lebih banyak nikotin namun efek yang mendasari, atau gejala penarikan, akan kembali dalam waktu singkat setelahnya. Hal yang sama dapat dikatakan untuk penggunaan alkohol, baik itu penggunaan yang sedang atau berat.

Anda juga mungkin mengalami perubahan mood yang signifikan dengan penggunaan zat lainnya, termasuk:

  1. obat-obatan dissociative, seperti ketamine
  2. obat-obatan psikedelik, seperti psilocybin
  3. obat-obatan stimulan, seperti kokain

Jika Anda merasa khawatir tentang penggunaan zat apa pun, ketahuilah Anda tidak sendiri. Anda mungkin mempertimbangkan untuk berbicara dengan profesional kesehatan jika merasa nyaman melakukannya.

5 dari 5 halaman

Treatment dan Pengobatan

Pengobatan untuk perubahan mood bergantung pada apa yang menyebabkannya. Jika perubahan mood bersifat sementara (berlangsung sebentar) — misalnya, disebabkan oleh periode stres ekstrem — kemungkinan akan berlalu begitu stres berkurang.

Untuk penyebab perubahan mood yang lebih serius, pengobatan dapat mencakup:

  1. Obat-obatan: Mood stabilizer (misalnya, lithium), antipsikotik atipikal seperti Abilify (aripiprazole), dan antidepresan (misalnya, Zoloft) dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang mendasari seperti gangguan bipolar yang memicu perubahan mood.
  2. Psikoterapi: Berbagai jenis psikoterapi telah ditemukan berguna bagi orang-orang dengan gangguan mood, seringkali digunakan bersamaan dengan obat-obatan. Terapi perilaku kognitif (Cognitive Behavioral Therapy/CBT) adalah jenis psikoterapi yang dapat membantu Anda belajar mengenali tanda-tanda peringatan perubahan mood sebelum terjadi. Ini juga dapat menantang dan mengubah pemikiran Anda sehingga mengatasi menjadi lebih mudah. Terapi perilaku dialektis (Dialectical Behavioral Therapy/DBT) membantu pasien belajar mengontrol emosi yang intens dan mengembangkan keterampilan mengatasi.
  3. Perubahan gaya hidup: Menggunakan jurnal untuk mencatat gejala mood dan pemicu perubahan mood Anda dapat membantu Anda mengendalikannya. Kebiasaan gaya hidup sehat termasuk berolahraga secara teratur dan cukup tidur dapat membantu mencegah depresi.

Jika perubahan mood Anda parah dan sering terjadi, atau memengaruhi pekerjaan, kehidupan keluarga, atau hubungan lainnya, penting untuk menghubungi profesional kesehatan Anda yang mungkin akan merujuk Anda ke profesional kesehatan mental.

Mereka kemungkinan akan merujuk Anda ke psikiater atau profesional kesehatan mental lainnya yang terlatih untuk mendiagnosis gangguan mood melalui riwayat medis lengkap dan evaluasi psikiatri.

Gejala khusus dapat menjadi bendera peringatan. Hubungi profesional kesehatan Anda jika Anda:

  • Merasa tidak biasa "terpacu," dan tidak mampu mengendalikan keinginan untuk menghabiskan banyak uang, bersikap seksual, atau terlibat dalam perilaku berisiko lainnya.
  • Merasa depresi sampai-sampai Anda tidak dapat bangun dari tempat tidur atau melaksanakan aktivitas harian biasa Anda.
  • Merasa ingin menyakiti diri sendiri atau mengakhiri hidup Anda.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, segera hubungi profesional kesehatan Anda atau layanan darurat untuk bantuan dan dukungan lebih lanjut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.