Sukses

18 Cara Mengatasi Mual yang Mengganggu, Alami dan Mudah Dilakukan

Cara mengatasi mual yang mengganggu

Liputan6.com, Jakarta Mual adalah sensasi tidak nyaman dan mual di perut yang membuat Anda merasa seperti ingin muntah. Kadang-kadang, sulit untuk mengetahui apa yang menyebabkan mual datang tiba-tiba. Namun, ketika mual menghampiri, Anda pasti ingin mencari cara mengatasi mual dengan segera.

Ada berbagai hal yang dapat memicu mual, mulai dari virus, gangguan pencernaan, kehamilan, hingga bau yang tidak sedap. Meskipun tidak semua cara mengatasi mual dapat menyembuhkan kondisi tersebut secara langsung, namun mereka dapat membantu Anda menghadapinya dengan lebih baik.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 18 tips cara mengatasi mual yang dapat membantu Anda, sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman dan terhindar dari sensasi yang tidak menyenangkan tersebut, Rabu (17/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Duduk tegak dan hindari menekuk perut

Mungkin pernah Anda dengar saran untuk tidak berbaring setelah makan, dan itu bukan tanpa alasan. Saat Anda berbaring datar, jus lambung dapat naik dan meningkatkan sensasi mual serta rasa tidak nyaman secara keseluruhan, terutama jika Anda memiliki penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Menekuk perut juga dapat memperburuk mual karena itu memampatkan area perut dan membuat Anda merasa kurang nyaman secara umum. Ketika Anda merasa mual, coba duduk dengan bagian atas tubuh sedikit terangkat, dan bergeraklah sesedikit mungkin.

2. Buka jendela atau duduk di depan kipas angin

Jika Anda sering merasa mual karena mabuk perjalanan, Anda mungkin merasa lebih baik jika membuka jendela. Udara segar dapat meredakan gejala mual pada banyak orang, meskipun tidak jelas alasannya. 

Ini mungkin menghilangkan aroma yang membuat mual, atau mungkin hanya membantu Anda fokus pada sesuatu selain mual. Coba duduk di depan kipas angin atau jendela saat pertama kali merasa mual, terutama jika Anda merasa kepanasan.

3. Kompres dingin

Menerapkan kompres dingin bisa menjadi cara yang efektif untuk meredakan mual. Biasanya, kita cenderung mencari cara untuk menyejukkan tubuh saat mual terjadi untuk memberikan rasa lega.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menempatkan kompres dingin di bagian belakang leher selama beberapa menit. Hal ini dapat memberikan efek menenangkan serta membantu menurunkan suhu tubuh, yang jika terlalu tinggi dapat menjadi penyebab mual.

3 dari 7 halaman

4. Teknik akupresur

Selain itu, teknik akupresur juga merupakan salah satu terapi alternatif yang dapat diterapkan untuk mengurangi mual. Teknik ini melibatkan pemberian tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk meredakan berbagai masalah kesehatan.

Sebuah tinjauan dari 23 penelitian menyarankan bahwa akupresur mungkin efektif dalam mengelola mual pada 16 dari 23 penelitian tersebut, terutama pada orang yang sedang hamil dan yang menjalani kemoterapi. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai penyebab mual lainnya perlu dilakukan sebelum dapat diambil kesimpulan yang pasti.

5. Menggunakan Sea bands

Sea bands adalah gelang yang bekerja dengan memberikan tekanan pada titik tekanan P6. Namun, daripada langsung menekan titik tersebut, Anda cukup mengenakan gelang tersebut selama yang Anda perlukan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gelang pergelangan tangan ini mungkin efektif dalam mengelola mual.

6. Meditasi

Selain itu, meditasi, praktik untuk fokus dan menenangkan pikiran, juga dapat membantu meredakan mual.

Sebuah studi pada tahun 2015 melibatkan 86 wanita hamil yang mengalami mual dan muntah sedang. Para peneliti menemukan bahwa menambahkan meditasi selama 3 minggu ke dalam rencana terapi mereka secara signifikan meningkatkan hasil selama dan 1 bulan setelah pengobatan.

Meskipun perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi apakah meditasi dapat membantu mengelola mual, namun pendekatan ini tidak tampak berbahaya dan dapat memiliki manfaat kesehatan lainnya.

4 dari 7 halaman

7. Teknik pernapasan dalam

Teknik pernapasan dalam yang dalam merupakan salah satu teknik meditasi yang dapat digunakan untuk meredakan mual yang terkait dengan stres. Anda dapat melakukannya sendiri untuk mengatasi mual yang disebabkan oleh stres. Tarik napas secara perlahan-lahan melalui hidung, tahan napas selama tiga detik, dan hembuskan napas secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali sampai mual Anda mereda.

8. Mengalihkan fokus

Selain itu, mengalihkan fokus pikiran juga dapat membantu mengurangi sensasi mual. Terkadang, menghadapi mual hanya masalah pikiran. Semakin Anda terus memikirkan mual, semakin besar kemungkinan Anda merasa mual.

Jika mual datang, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan membaca buku atau menonton televisi. Jika gerakan tidak membuat Anda merasa lebih buruk, lakukan beberapa pekerjaan rumah tangga ringan atau pergi berjalan-jalan perlahan - melakukan apapun yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari perasaan mual.

Meskipun cara ini sering direkomendasikan, namun saat ini belum banyak studi ilmiah yang mendukungnya, sehingga sebaiknya tidak digunakan dalam kasus mual yang parah.

9. Lemon dan jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis mengandung asam sitrat, senyawa alami yang dipercaya dapat membantu pencernaan dan menenangkan perut. Cobalah tambahkan jus lemon segar ke dalam air dan minum sedikit demi sedikit sepanjang hari.

Jika mual disebabkan oleh sembelit, minum air hangat dengan jus lemon dapat merangsang pergerakan usus Anda. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak jus lemon dalam waktu singkat karena hal tersebut dapat membuat mual semakin buruk.

Selain itu, aroma lemon juga diyakini dapat meredakan mual, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini. Menurut sebuah studi pada tahun 2014, menghirup minyak esensial lemon membantu mengurangi mual dan muntah pada peserta yang sedang hamil.

Bahkan, sebuah studi pada tahun 2020 menyarankan bahwa lollipop dengan aroma lemon dapat secara signifikan meredakan rasa mual selama kehamilan.

Jika Anda tidak memiliki minyak esensial lemon, cukup potong lemon segar menjadi dua bagian dan hirup aromanya.

5 dari 7 halaman

10. Jahe

Selain itu, jahe juga merupakan salah satu ramuan alami yang paling populer digunakan untuk meredakan mual, dan cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Menurut sebuah tinjauan ilmiah pada tahun 2020, jahe dapat membantu mengelola mual ringan hingga sedang, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk meredakan mual, cobalah makan sepotong kecil jahe segar atau jahe yang telah diproses menjadi permen jahe. Anda juga bisa minum teh jahe, yang dapat ditemukan di toko kelontong, toko kesehatan alami, atau secara online.

Buat sendiri teh jahe dengan menuangkan 1 cangkir (237 mililiter) air mendidih ke atas sepotong jahe segar berukuran 1 inci (2,5 sentimeter) yang telah dikupas kulitnya. Diamkan selama minimal 5 menit, saring jika diinginkan, dan nikmati.

11. Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting, terutama saat Anda mengalami mual yang membuat sulit untuk makan atau minum. Kekurangan cairan dapat terjadi jika Anda tidak mampu mengonsumsi cukup air atau minuman lainnya. Sebaliknya, mual juga bisa menjadi gejala dari dehidrasi.

Ketika Anda merasa tidak nyaman, cobalah untuk mengonsumsi cairan secara perlahan-lahan sepanjang hari. Jika air putih langsung membuat perut Anda terasa tidak nyaman, Anda bisa mencoba minum teh tanpa kafein atau air dengan potongan buah segar.

12. Teh kamomil

Selain itu, teh kamomil merupakan salah satu ramuan alami yang populer digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi mual. Teh ini memiliki efek penenang yang dapat membantu Anda tidur dengan lebih nyaman saat merasa mual. Selain itu, teh kamomil juga dapat membantu meredakan kecemasan.

Meskipun beberapa penelitian telah mengamati peran teh kamomil dalam meredakan mual, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara mendalam bagaimana teh ini dapat memberikan efek yang membantu meredakan mual.

Anda bisa mendapatkan kantong teh kamomil di sebagian besar toko kelontong, toko kesehatan alami, atau secara online. Anda juga bisa membuat sendiri teh kamomil dengan menuangkan satu cangkir air mendidih ke atas satu sendok makan bunga kamomil kering atau segar. Diamkan selama minimal 5 menit, dan saring sebelum diminum.

6 dari 7 halaman

13. Minyak peppermint

Penelitian terbaru pada tahun 2021 yang melibatkan 103 pasien yang dirawat di rumah sakit menyarankan bahwa minyak peppermint adalah obat yang efektif untuk meredakan mual. Anda dapat mengonsumsi kapsul peppermint atau minum teh peppermint untuk merasakan manfaat ini.

Cari teh peppermint di toko kelontong, toko kesehatan alami, atau secara online. Atau buat sendiri dengan menuangkan satu cangkir air mendidih ke atas satu sendok teh besar daun peppermint segar. Diamkan selama minimal 5 menit, dan saring sesuai selera.

Selain itu, menghirup minyak esensial peppermint juga dapat membantu meredakan mual setelah operasi dan setelah anestesi, seperti yang disarankan oleh sebuah studi pada tahun 2016 pada pasien bedah jantung, dan sebuah studi pada tahun 2020 pada pasien bedah perut.

14. Hindari minuman bersoda

Hindari minuman berkarbonasi seperti ginger ale atau cola saat mengalami masalah perut. Meskipun banyak yang percaya bahwa minuman berkarbonasi dapat membantu mengatasi masalah perut, kenyataannya sering kali sebaliknya.

Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan kembung dan memperburuk refluks asam serta GERD, yang semuanya dapat menyebabkan mual. Namun, hubungan antara minuman berkarbonasi dan memperburuk mual belum terlalu jelas melalui penelitian. Selain itu, kebanyakan minuman berkarbonasi mungkin sangat manis, yang dapat membuat mual Anda semakin buruk.

Jika Anda memang harus minum minuman berkarbonasi, biarkan dulu hingga hilang karbonasinya atau encerkan dengan air sebelum diminum.

15. Makan makanan ringan

Makan makanan ringan yang bersifat netral dapat membantu mencegah mual semakin parah atau menghentikan muntah. Diet yang paling umum direkomendasikan untuk pulih dari mual adalah diet BRAT — pisang, nasi, applesauce (saus apel), dan roti panggang.

Anda juga bisa mengonsumsi dalam jumlah kecil:

  • Biskuit soda
  • Pasta atau mie plain
  • Kentang panggang atau kentang rebus tanpa bumbu
  • Telur dadar
  • Telur rebus
  • Hindari makanan goreng, produk susu seperti keju dan susu, daging, dan makanan tinggi serat sampai mual Anda mereda.

Meskipun diet BRAT sering direkomendasikan, namun belum ada banyak studi ilmiah yang mendukungnya. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk informasi lebih lanjut tentang diet BRAT.

7 dari 7 halaman

16. Konsumsi Obat

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas (OTC) untuk mengatasi mual. Obat-obatan mual disebut antiemetik. Ketika mual sangat parah, Anda mungkin memerlukan obat OTC untuk membantu menenangkan dan meredakan perut.

Beberapa pilihan obat yang bisa digunakan adalah:

  • Emetrol
  • Nauzene
  • Dramamine
  • Pepto-Bismol
  • Gravol

Namun, jika Anda sedang hamil, jangan mengonsumsi obat OTC tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

17. Vitamin B6

Vitamin B6 (piridoksin) telah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2013 sebagai salah satu pengobatan untuk mual yang terkait dengan kehamilan, dalam bentuk kombinasi dengan antihistamin doxylamine, yang dikenal dengan nama Diclegis.

Namun, penggunaan vitamin B6 secara tunggal memiliki hasil yang bervariasi dalam mengatasi mual, seperti yang disebutkan dalam sebuah tinjauan pada tahun 2019 yang membandingkannya dengan jahe atau tanpa pengobatan sama sekali selama kehamilan. Dosis umumnya adalah 30–100 mg per hari, dibagi dalam satu hingga tiga dosis selama maksimal 3 minggu.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi vitamin B6 dapat memperburuk mual, dan juga dapat menyebabkan efek samping serius seperti irama jantung yang tidak normal, kesemutan, dan penurunan tonus otot. Oleh karena itu, sebaiknya hanya mengonsumsi Diclegis atau vitamin B6 untuk mual di bawah pengawasan dokter.

Selalu penting untuk membicarakan semua obat dengan dokter Anda saat hamil untuk menghindari obat yang dapat berinteraksi negatif dengan Anda atau bayi Anda.

Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan pendekatan lain terlebih dahulu, karena kebanyakan mual selama kehamilan akan mereda pada bulan keempat, atau trimester kedua.

18. CBD oil (minyak cannabidiol)

Selain itu, CBD oil (minyak cannabidiol) berasal dari senyawa aktif dalam cannabis. Minyak CBD tidak mengandung THC, yang merupakan cannabinoid utama dalam cannabis yang mengubah keadaan mental.

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa studi menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam penggunaan CBD oil untuk meredakan mual.

Minyak CBD tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk cairan, pasta, kapsul, vape, makanan, semprotan. Namun, dosis tidak diatur dan rekomendasi dapat bervariasi, jadi baca instruksi pada kemasan dengan cermat dan konsultasikan dengan profesional medis sebelum penggunaan. Hanya gunakan minyak CBD medis-grade untuk meredakan mual.

Minyak CBD tidak legal di setiap negara bagian, jadi pastikan untuk memeriksa hukum negara bagian Anda sebelum membeli atau menggunakannya, dan belilah dari sumber yang terpercaya. Beberapa negara bagian mungkin hanya mengizinkan CBD dengan resep dokter.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.