Sukses

3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Lupa Kata Sandi dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi.

Liputan6.com, Jakarta Sosial media Instagram (IG) telah menjadi platform populer di kalangan pengguna internet. Akan tetapi, ada kalanya kamu lupa kata sandi akun IG kamu, dan hal ini bisa menjadi masalah serius. Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi.

Pertama-tama, kamu harus dapat mengakses halaman login di aplikasi IG dan memilih opsi "Lupa Kata Sandi?". Daripada mencoba mengingat kembali kata sandi yang lupa, kamu bisa mengklik opsi tersebut untuk memulai proses pemulihan kata sandi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor ponsel yang terhubung dengan akun IG tersebut.

Selanjutnya, IG akan mengirimkan pesan verifikasi ke alamat email atau nomor ponsel yang kamu masukkan. Buka pesan tersebut dan ikuti tautan yang diberikan untuk mengatur ulang kata sandi. Penting untuk memeriksa folder spam atau kotak surat yang tidak diinginkan jika kamu tidak menemukan pesan tersebut di kotak masuk utama . Setelah mengatur ulang kata sandi, kamu dapat memasukkan kata sandi baru tersebut dan mengakses kembali akun IG kamu.

Dalam beberapa kasus, proses pemulihan kata sandi mungkin sedikit rumit. Jika kamu mengalami masalah atau tidak bisa mengambil alih akun IG, kamu dapat menghubungi tim dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut dan petunjuk yang dibutuhkan untuk mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2024) tentang cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Lupa Kata Sandi Melalui Email

Cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi pertama adalah dengan menggunakan email saat mendaftar. Sebelum melakukan cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi ini, pastikan email yang kamu masukkan sesuai dengan email yang kamu gunakan pada akun Instagram.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan alamat email.

3. Instagram akan mengirimi pemberitahuan melalui email. Pemberitahuan ini berisi metode pemulihan kata sandi. Ketuk 'kirim email'.

4. Buka email kiriman dari Instagram, pastikan email masuk. Kalau belum ada, periksa email bagian spam.

5. Saat kamu membuka email dari Instagram, kamu akan melihat tulisan dengan tanda biru. Tanda itu merupakan cara agar kamu bisa login kembali di akun Instagram. Klik tanda tersebut.

6. Kemudian terakhir masukkan password baru untuk Instagrammu. Lalu ketuk tombol 'reset kata sandi'.

7. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

3 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Lupa Kata Sandi Melalui Nomor HP

Cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi berikutnya adalah melalui Nomor Handphone. Sama dengan dalam penerapan menggunakan alamat email, sebelum melakukan Cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi ini, pastikan nomor handphone yang kamu pakai di instagram masih dalam keadaan aktif.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan nomor telepon. Kamu bisa memilih “Kirim sebuah SMS”

3. Tinggalkan Instagram untuk memeriksa kotak masuk. Jika ada pesan masuk dari Instagram, ikuti perintahnya. Biasanya SMS tersebut adalah permintaan untuk mengakses Instagram dari link yang telah dibagikan.

4. Bukalah link tersebut dengan pilihan ‘Buka dengan Instagram’.

5. Jika telah berhasil, kamu akan disediakan dua kolom untuk mereset password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

4 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Lupa Kata Sandi dengan Facebook Terhubung

Cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi selanjutnya adalah dengan Facebook terhubung. Cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi terakhir ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu menghubungkan akun Instagram kamu dengan akun Facebook.

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Setelah itu akan tampil ‘laman Bantuan Masuk’. Kamu bisa memilih ‘masuk dengan Facebook’.

3. Setelah muncul halaman baru, kamu bisa mengisi username dan password Facebook.

4. Akan ada ‘memberi izin Facebook’, kemudian klik ‘Ok’.

5. Jika sudah berhasil masuk, akan tampak dua kolom untuk mengganti password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

7. Jika cara mengembalikan akun IG yang lupa kata sandi pertama sampai kelima sudah kamu lakukan dengan benar namun masih gagal, kemungkinan kamu salah menggunakan akun facebook. Bisa jadi akun Facebook yang kamu masukkan tidak terhubung dengan instagram yang masih terkunci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.