Sukses

Cintai Diri Sendiri, Ini 11 Cara Praktek Self Love yang Sehat Menurut Para Terapis

11 cara praktik cinta diri yang sehat, yang diungkapkan oleh para terapis.

Liputan6.com, Jakarta Dalam perjalanan hidup ini, cintai diri sendiri menjadi pondasi utama untuk menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan. Menurut terapis Jalissa Shelby dan psikolog klinis berlisensi Nina Polyné, LCPC dan PsyD, perilaku mencintai diri sendiri bukan hanya perasaan yang bisa dirasakan, tetapi juga tindakan konkret yang mencerminkan penghargaan dan prioritas terhadap diri sendiri. Penghargaan terhadap diri sendiri memunculkan efek domino sehat yang mendorong kepercayaan diri dan memberikan kekuatan untuk mengadvokasi perlakuan yang layak. 

Cinta diri sendiri juga melibatkan pembentukan batas-batas yang sehat, memungkinkan kita memberikan diri kita ruang yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Namun, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Polyné, mencintai diri sendiri bukanlah tindakan sekali jalan yang membuat kita selalu bahagia atau selalu memandang positif terhadap diri sendiri. Ini adalah usaha berkelanjutan yang melibatkan pekerjaan keras untuk menghindari pikiran-pikiran negatif yang mencoba meyakinkan kita bahwa kita tidak cukup baik atau tidak berharga. 

Meskipun mungkin terasa abstrak, ada beberapa cara konkret untuk merawat diri sendiri, melindungi energi, dan melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Untuk bisa melakukannya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum 11 cara praktik cinta diri yang sehat, yang diungkapkan oleh para terapis, yang dapat membantu membentuk pola pikir positif, meningkatkan rasa percaya diri, dan memberikan diri kita perasaan kebahagiaan pada Senin (11/3).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kenali Emosi Besarmu

Mencintai diri sendiri berarti memperhatikan perasaanmu daripada mengabaikan atau meremehkannya. Salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk hal itu adalah dengan menulis jurnal, karena melalui itu kamu dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam pikiranmu dan mencari tahu bagaimana cara terbaik merawat diri melalui emosi tersebut. 

Ketika kamu merasakan amarah, kecemasan, iri, atau bahkan kebahagiaan mengetuk pintu, izinkan dirimu menulis kata-kata yang mengalir bebas atau mengikuti petunjuk jurnal seperti ini untuk memahami penyebabnya dan apa yang kamu butuhkan.

Mungkin kamu merasakan amarah muncul sebelum tidur dan tidak yakin mengapa. Menulis jurnal dapat membantu kamu menyadari bahwa, sementara kamu marah karena besok harus bekerja dan kamu membenci pekerjaanmu, di balik itu, kamu sebenarnya hanya sedih karena kamu tidak memiliki waktu untuk dirimu sendiri lagi.

Penting untuk dicatat, seringkali kamu akan menemukan hal-hal yang tidak nyaman tentang dirimu sendiri yang mungkin kamu harapkan untuk tetap terkubur saat menulis jurnal—seperti iri pada kekuasaan bosmu dan membayangkan memecatnya lebih dari yang seharusnya. Mengetahui emosimu, terlepas dari seberapa tidak nyaman tampaknya, adalah bentuk cinta diri. Jadi cobalah untuk bangga pada dirimu sendiri untuk itu.

2. Buat Playlist Peningkat Mood

Sementara penting untuk mengakui emosimu dan duduk bersama perasaan tersebut, kita tidak selalu memiliki waktu atau ruang untuk melakukannya. Dan, bahkan jika kamu melakukannya, pada suatu saat kamu perlu menghentikan diri dari tergelincir ke dalam spiral ke bawah. Itulah mengapa memiliki playlist yang dikurasi dengan lagu-lagu yang memotivasi, menenangkan, dan membuat semangat siap digunakan adalah cara sempurna untuk mendukung cinta diri saat kamu merasa hambar, sedih, atau dipicu.

Sebagai contoh, jelajahi layanan streaming musik pilihanmu dan buat campuran lagu yang sempurna untuk membangkitkan semangat. Ketika perasaan sulit muncul dan kamu belum siap menghadapinya, kamu memberi tahu dirimu sendiri, "Hei, aku melihat bahwa kamu merasa seperti ini dan kamu tidak mau menghadapinya sekarang, jadi aku di sini untukmu!"

3 dari 6 halaman

3. Lakukan Hal yang Bermakna Bagimu

Ketika kamu membuat keputusan berdasarkan apa yang memberimu tujuan atau apa yang membuatmu bersemangat, boom! Itu adalah cinta diri—dan itu bisa membuatmu lebih bahagia. Untuk mengetahui apa yang memberimu kehidupan, luangkan waktu untuk berpikir (atau menuliskan) nilai-nilai dirimu. Mereka bisa mencakup tema-tema luas seperti kasih sayang, kreativitas, atau humor. 

Atau, bisa juga sesuatu yang lebih konkret seperti persahabatan atau dukungan terhadap bisnis kecil. Kemudian, lakukan hal-hal yang sejalan dengan nilai-nilai tersebut. Jika kamu menghargai kepercayaan, kamu bisa menjadi relawan di tempat ibadahmu. Jika perjalanan membuatmu bersemangat, kamu bisa pergi dalam satu perjalanan setiap beberapa tahun sekali.

4. Buat Ruang Aman yang Nyata Bagimu

Menciptakan zona aman yang sepenuhnya milikmu adalah tindakan cinta diri karena memberimu area yang ditetapkan di mana kamu dapat fokus pada kebutuhan dan emosimu daripada orang lain.

Bisakah kamu membuat kamar tidurmu menjadi wilayah bebas khawatir? Bisakah mandi malammu dihiasi lilin dan musik zen? Bisakah kamu bersantai di dalam mobil saat kamu butuh istirahat dari kehidupan? Kuncinya adalah menciptakan ruang yang terasa nyaman dan damai ketika kehidupan tidak lagi seperti itu.

5. Ketahui Kapan Harus Mengatakan Tidak Terima Kasih

Memiliki slot terbuka di kalendermu bukan berarti kamu memiliki energi untuk mengisi slot tersebut di kalendermu. Jadi, meskipun secara teknis kamu bebas untuk ngobrol atau makan siang, itu tidak berarti kamu siap secara mental. 

Dan menetapkan batasan adalah bentuk cinta diri yang melindungi energimu. "Ini memungkinkanmu untuk membela apa yang kamu butuhkan dan tidak hanya [menanggapi] kebutuhan orang lain,". Itu bisa berarti memberi tahu temanmu yang selalu curhat padamu bahwa kamu hanya bisa berbicara selama satu jam. Atau, kamu bisa menunda jadwal makan malam bersama ayahmu di hari Minggu karena akhir-akhir ini kamu selalu bertengkar tentang politik.

4 dari 6 halaman

6. Ucapkan Sesuatu yang Baik pada Diri Sendiri di Depan Cermin

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi ini bisa menjadi alat cinta diri yang sangat kuat bagi orang yang cenderung mengkritik diri sendiri. Ini karena kamu mengatakan hal yang berlawanan dengan apa yang mungkin pikiran negatifmu biasanya teriakkan, katanya.

Sebelum kamu meninggalkan kamar tidurmu, kamar mandimu, atau di mana pun cerminmu berada, lihatlah dirimu sendiri dalam mata dan sebutkan sesuatu tentang dirimu yang membuatmu bersyukur, sarannya. Mungkin kamu mengatakan, "Luar biasa bahwa aku bisa tertawa pada diriku sendiri kadang-kadang," atau "Versi lamaku TIDAK PERNAH bisa terbuka tentang perasaanku di kencan." Pilihlah apa pun yang terasa autentik.

7. Jadwalkan Pengecekan Kecil dengan Diri Sendiri

Karena hadir untuk dirimu sendiri hari demi hari adalah inti dari cinta diri, membiasakan diri untuk menentukan momen mikro harian untuk mengevaluasi bagaimana keadaanmu akan memberikan dampak besar. Seiring waktu, kamu akan terbiasa memikirkan apa yang kamu butuhkan sebelum rasa kelelahan melanda.

Ketika semuanya baik, mungkin kamu tidak memerlukan perhatian sebanyak itu. Tetapi ketika kamu paling stres atau sedih, melakukan pengecekan untuk menanyakan apa yang pikiran dan tubuhmu butuhkan dapat membantumu memprioritaskan untuk merawat dirimu sendiri.

Jika kamu menyadari bahwa kamu kelelahan karena terus beraktivitas, mungkin kamu akan berjanji untuk tidur lebih banyak minggu ini. Jika kamu menyadari bahwa kamu merasa cemas akhir-akhir ini, mungkin kamu akan memutuskan bahwa kamu ingin melakukan sesuatu yang menenangkan kapan pun kamu bisa meluangkan waktu.

5 dari 6 halaman

8. Ketika Kritik Batinmu Berseru, Ambil Posisi yang Berbeda

Mengkritik diri sendiri setelah membuat orang kecewa dan/atau membuat kesalahan (bahkan jika hanya lupa membeli keju di toko kelontong), merupakan kebalikan dari cinta diri karena kamu sama sekali tidak mencoba untuk memaafkan dirimu sendiri. Pergilah ke arah yang berbeda ketika kritik muncul.

Mungkin kamu sedang mengomel di dalam pikiranmu setelah melihat beberapa kesalahan ketik dalam presentasi yang kamu berikan. Cobalah, pada saat itu, untuk memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan tersebut dan fokuslah pada seberapa percaya dirimu terdengar selama presentasi. Tentu saja, mungkin kamu menambahkan satu "dan" ekstra di suatu tempat, tetapi bosmu setidaknya tersenyum sebanyak lima kali penuh ketika kamu berbicara! Hebat!

9. Setidaknya, Jangan Menghakimi Diri Sendiri

Kamu tidak perlu berseru dari atap gedung bahwa kamu menyukai cara tertawa atau tinggimu jika itu tidak benar. Namun, menghadapi pandangan yang lebih netral atau menemukan nilai dalam apa yang membuatmu berbeda dapat meningkatkan harga dirimu. Mungkin tawamu terlalu keras, tetapi setidaknya kamu memberi tahu seseorang bahwa lelucon mereka benar-benar lucu!

6 dari 6 halaman

10. Jadilah Realistis dengan Tujuanmu

Tentu saja, bermimpi besar itu hebat, tetapi kamu tidak menjaga dirimu jika terus-menerus memaksakan diri (baik atau tidak kamu mencapai apa yang kamu kejar). Menjadi realistis saat memikirkan waktu memberi tahu otakmu bahwa kamu peduli dengan kesejahteraanmu. 

Jadi berikan dirimu akhir pekan untuk menyelesaikan seluruh isi lemari di ruang bawah tanahmu daripada mengatakan bahwa kamu akan memiliki tumpukan sumbangan dalam waktu kurang dari dua jam. Ingatlah ini ketika kamu menetapkan tujuan baru dan ketika kamu memutuskan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dalam daftar tugasmu. Selamat, kamu telah mencapai hal-hal besar! 

11. Bicarakan Perasaanmu

Menjadi rentan tentang apa yang kamu alami dengan orang lain adalah bentuk besar dari cinta diri karena kamu mengambil waktu untuk menjelajahi yang dalam, terlepas dari seberapa tidak nyaman itu. Dan, di atas itu, kamu menunjukkan pada dirimu sendiri bahwa kamu ingin menyelesaikan apa pun yang sedang terjadi padamu. 

Kamu bisa berbicara dengan teman dan keluarga, asalkan mereka memiliki kapasitas untuk mendengarkan. Atau, kamu mungkin ingin membuka semuanya dengan seorang terapis. Temukan seseorang yang kamu percayai dan bisa mendengarkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.