Sukses

Viral Penampakan TPS di Dalam Rumah Warga, Desain Jadulnya Curi Perhatian

Rumah yang dijadikan untuk TPS ini punya suasana yang asri. Ruang tamunya yang tampak berdesain jadul mencuri perhatian warganet.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang serentak dilaksanakan di Indonesia tanggal 14 Februari akhirnya tiba. Warga berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih suaranya.

Untuk membuat warganya semakin bersemangat mencoblos, tak sedikit TPS yang menghias lokasi dengan dekorasi yang ciamik. Di antaranya yang paling banyak adalah desain bak hajatan atau resepsi pernikahan yang meriah. Panitia membuat tenda megah agar warga nyaman ketika antre maupun saat berada di bilik suara.

Namun, ada pula TPS yang tidak mau repot bongkar pasang tenda. Mereka lebih memilih mengambil lokasi di sebuah rumah warga. Seperti yang terlihat dalam video viral di laman TikTok yang dibagikan oleh akun @fitrianurrr pada Selasa (13/2) kemarin.

Dalam videonya, menampilkan TPS yang berada di dalam rumah. Semua kotak dan bilik suara tampak sudah tertata dengan rapi di ruang tamu. Berdasarkan komentar, lokasi TPS berada di dukuh Pojok, desa Sumbermulyo, kecamatan Winong, Pati Jawa Tengah.

"Tangi turu kok enek ramean, tak kiro nyapo, jebul omahku dadi TPS bolo. (Bangun tidur kok ada ramai-ramai, aku kira kenapa, ternyata rumahku jadi TPS)," tulis pemilik akun dalam video, dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @fitrianurrr, Rabu (14/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

TPS disediakan di dalam ruang tamu

Dalam video berdurasi 23 detik itu, tampak sebuah rumah yang ruang tamunya digunakan untuk TPS. Diunggah H-1 sebelum hari pencoblosan, terlihat bilik dan kotak suara sudah tertata rapi di atas meja. Juga tersedia meja dan kursi untuk duduk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Tidak hanya merekam suasana dalam rumahnya, pemilik akun juga memperlihatkan penampakan teras dan halaman rumahnya yang luas. Menurutnya, teras digunakan sebagai tempat antre, sedangkan halaman dimanfaatkan untuk parkir kendaraan warga yang datang untuk mencoblos.

Selain keunikan TPS, netizen juga salah fokus dengan suasana rumah yang tampak adem dan asri. Desain rumah yang jadul pun mencuri perhatian warganet. Banyak yang memuji hunian itu juga kinclong dan bersih. Menurut pemilik akun, rumah tersebut memang model Joglo yang sudah sedikit dimodifikasi.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video penampakan TPS di dalam rumah itu pun viral dan sudah ditonton hampir 500 ribu kali oleh pengguna TikTok. Dibanjiri dengan beragam komentar, warganet pun justr salah fokus dengan desain rumah yang terkesan jadul nan asri.

"Jelas old money ini rumah orkay pada zamannya, asri bener dan kokoh," tulis akun @bagusindra26.

"Malah salfok rumahnya buersiih sampe kinclong," tulis akun @lavacaketanpaoven.

"Suka bgtt sama rumahnya, design rumah dulu tu bener2 losssss jadi luas," tulis akun @iyainajaayaaaaa.

"Malah mirip vibes g30spki kak rumahe rada mirip juga," tulis akun @sariwln1609.

"Tangi turu langsung nyoblos we mba," tulis akun @dyy.sya.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@fitrianurrr

Podo milih nomor piro kihh boloo ?? 🤘🏻 #fyp #pemilu2024 #pemiluserentak2024 #pemiludamai2024 #kpps2024 #pilpres2024 #prabowogibran2024 #aniesmuhaimin2024 #ganjarmahfud2024 #indonesia🇮🇩

♬ lamunan_rizky brianno - Gardewa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.