Sukses

Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sholat tahajud dilakukan pada malam hari, setelah selesai tidur beberapa waktu dan sebelum waktu subuh. Ibadah ini merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta memperoleh berkah dan keberkahan dalam hidup. Sholat tahajud juga menjadi wujud kesungguhan seorang muslim dalam menjalankan agama dan menjaga ketaatan kepada Allah SWT. 

Salah satu doa sholat tahajud adalah bacaan niat. Niat ini disyaratkan untuk mengawali ibadah sholat tahajud agar mendapatkan keberkahan dalam ibadah yang dilakukan. Melalui niat yang tulus dan ikhlas, diharapkan ibadah sholat tahajud menjadi lebih bermakna dan diterima di sisi Allah SWT. Selain itu, dengan melaksanakan sholat tahajud, seseorang juga dapat memanjatkan doa-doa lainnya untuk memohon kebaikan, keberkahan, serta perlindungan dari segala macam kemudaratan.

Dengan menjalankan sholat tahajud dan memanjatkan doa-doa yang tulus, diharapkan umat muslim dapat meraih keutamaan dari ibadah ini. Keutamaan sholat tahajud antara lain adalah mendapatkan keberkahan rezeki, keberhasilan dalam segala urusan dunia dan akhirat, serta mendapatkan ampunan dari segala dosa. Dengan demikian, sholat tahajud dan doa-doa yang dipanjatkan merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan meraih kebahagiaan hakiki. Berikut adalah panduan mengenai tata cara dan doa sholat tahajud seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah sholat tahajud, sebab ini adalah salah satu rukun dalam sholat yang akan memengaruhi keabsahan ibadah.. Dalam melaksanakan sholat tahajud, orang muslim diwajibkan untuk membaca niat dengan tulus dan ikhlas. Berikut adalah bacaan niat sholat tahajud:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat shalat sunnah tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah ta'ala."

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur sebentar dan bangun kembali. Secara umum, tata cara sholat Tahajud sama dengan tata cara sholat sunnah lainnya, yakni dimulai dengan niat untuk melaksanakan sholat Tahajud, dilanjutkan dengan takbiratul ihram, membaca Alfatihah, ruku, sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahud akhir. Jika dijelaskan secara berurutan, tata cara sholat tahajud antara lain sebagai berikut:

  1. Membaca niat sholat tahajud
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah dan surat Al-Fatihah
  4. Membaca salah satu surat pendek dalam Al-Qur'an
  5. Rukuk
  6. Iktidal
  7. Sujud pertama pada rakaat pertama
  8. Duduk antara dua sujud
  9. Sujud kedua pada rakaat pertama
  10. Berdiri, lalu lakukan rakaat kedua dengan gerakan dan bacaan yang sama seperti rakaat pertama sampai sujud kedua
  11. Duduk dan membaca doa tahiyat akhir
  12. Salam.

Sholat Tahajud dilakukan dalam dua rakaat, dengan doa-doa yang disunnahkan untuk dibaca setelah sholat Tahajud selesai. Beberapa doa yang disunnahkan untuk dibaca setelah sholat Tahajud antara lain doa keselamatan, doa perlindungan, doa meminta kebaikan dunia dan akhirat, serta doa memohon ampunan. Sholat Tahajud adalah ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan dan keberkahan.

Dengan menjalankan sholat Tahajud dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan, kita akan mendapatkan berbagai kebaikan dan keberkahan dalam hidup. Semoga dengan menunaikan sholat Tahajud, kita senantiasa diberikan keberkahan dan keselamatan dalam segala urusan.

4 dari 5 halaman

Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat tahajud. Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak doa pada saat menjalankan sholat tahajud. Dalam hadis Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah menegaskan pentingnya berdoa di waktu malam, khususnya dalam sholat tahajud. Berikut adalah salah satu lafadz doa setelah sholat tahajud:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma lakal hamdu anta qoyyumus samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta malikus sama wati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaru haqqun, wan-nabiyyuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallam haqquw wassaa'atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika amantu, wa'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khashamtu, wa ilaika hakamtu, faghfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wama asrartu, wamaa a'lantu, wama anta a'lamu bihi minni, anta; muqoddimu wa antal mu'akhkhiru la ilaha anta, wala haula wa la quwwata illa billah.

Artinya: "Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau Maha Benar, janjiMu adalah benar, pertemuan denganMu adalah benar, ucapanMu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

Membaca doa sholat tahajud sesuai anjuran Rasulullah SAW akan memberikan ketenangan dan keberkahan dalam hidup. Doa ini mengandung makna yang dalam dan mengingatkan kaum Muslimin akan keagungan serta kebenaran Allah SWT. Dengan rajin membaca doa sholat tahajud, umat Islam akan mendapatkan manfaat spiritual yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

 

5 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan ibadah tambahan yang memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar dalam agama Islam. Keutamaan sholat tahajud di antaranya adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghindari perbuatan maksiat, serta mendatangkan berkah dan rahmat dari-Nya. Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat tahajud, karena beliau sendiri juga rutin melaksanakannya.

Manfaat sholat tahajud juga sangat beragam, di antaranya adalah sebagai sarana untuk memohon ampunan dosa, meningkatkan ketakwaan dan keimanan, serta membuka pintu rezeki dari Allah SWT. Dalam Al-Quran juga terdapat ayat yang menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan sholat tahajud, seperti dalam Surah Al-Isra ayat 79 dan Surah Al-Sajdah ayat 16.

Dengan melaksanakan sholat tahajud, umat Islam dapat merasakan beragam keutamaan dan manfaat yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan spiritual dan duniawi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadikan sholat tahajud sebagai amalan rutin dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.