Sukses

Cara Buat Akun SNPMB dan Daftar SNBP 2024, Catat Tanggalnya

Liputan6.com, Jakarta - Calon mahasiswa perlu memahami pentingnya membuat akun SNPMB 2024 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) untuk mengikuti SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Pendaftaran melalui akun SNPMB ini merupakan langkah awal bagi siswa kelas 12 atau yang sedang menjalani gap year untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Tanggal terakhir untuk Simpan Permanen akun SNPMB perlu dicatat dengan baik, yakni 15 Februari 2024. Dikarenakan hal ini menentukan kesempatan siswa untuk mendaftar pada jalur SNBP 2024. Bagi siswa yang memenuhi kriteria atau menjadi siswa eligible, jalur ini menjadi peluang untuk menunjukkan prestasi unggulnya.

Pendaftaran SNBP 2024 akan dimulai pada Rabu, 14 Februari 2024 dan ditutup 28 Februari 2024. Siswa kelas 12 yang ingin mendaftar jalur SNBP 2024 harus memastikan bahwa mereka sudah membuat akun SNPMB dengan benar.

Melalui akun SNPMB, siswa dapat mengunggah informasi pribadi yang menjadi syarat untuk mengikuti SNBP 2024. Jika sudah membuat akun SNPMB, siswa memiliki akses ke seluruh proses pendaftaran, memudahkan mereka untuk mengikuti tahapan seleksi dengan lancar.

Apabila siswa atau pihak sekolah mengalami kendala dalam proses pembuatan akun SNPMB atau pendaftaran SNBP 2024, panitia SNPMB menyediakan bantuan melalui Helpdesk SNPMB BPPP.

Siswa dapat menghubungi mereka melalui situs resmi di halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau Call Center SNPMB dengan nomor 0804 1 450 450. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap calon mahasiswa memiliki akses yang lancar dan mendapatkan bantuan saat dibutuhkan selama proses pendaftaran SNPMB dan SNBP 2024.

Berikut Liputan6.com ulas cara buat akun SNPMB, syarat daftar SNBP, dan cara daftar SNBP 2024, Minggu (11/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Akses Laman Registrasi SNPMB 2024

Pertama-tama, cara buat akun SNPMB kunjungi laman registrasi SNPMB 2024 di https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/siswa/. Ini adalah langkah awal yang penting untuk memulai proses pendaftaran.

2. Klik Daftar dan Isi Identitas

Setelah masuk ke laman registrasi, klik tombol "Daftar" dan sesuaikan dengan identitas yang diminta, apakah Anda mendaftar sebagai siswa atau mewakili sekolah. Isi informasi yang diminta seperti NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan tanggal lahir. Siswa luar negeri yang berasal dari sekolah non-SRI dapat menggunakan NPSN 69999999 untuk cara buat akun SNPMB.

3. Pilih "Selanjutnya" dan Periksa Data

Setelah mengisi identitas, lanjutkan dengan mengklik "Selanjutnya." Periksa kembali data diri dan sekolah asal untuk memastikan tidak ada kesalahan.

4. Masukkan Email Aktif

Isi dengan teliti alamat email aktif Anda. Pastikan email yang Anda gunakan masih aktif dan dapat diakses saat dan setelah buat akun SNPMB.

5. Aktivasi Akun melalui Email

Setelah mengisi email, cek kotak masuk email Anda untuk melakukan aktivasi akun. Jika dalam waktu 24 jam Anda belum menerima email aktivasi, Anda dapat mencoba mendaftar kembali dengan menggunakan email yang sama atau berbeda.

6. Masuk ke Laman Portal SNPMB

Setelah mendapatkan verifikasi email, masuk ke laman portal SNPMB dengan menggunakan alamat email dan kata sandi akun yang sudah terdaftar.

7. Verifikasi dan Validasi Data

Pilih menu "Verifikasi dan Validasi Data" dan klik tombol "Perbarui Data" untuk melakukan validasi data Anda. Jika terdapat kesalahan dalam data, laporkan kepada pihak sekolah untuk koreksi data pada dapodik/emis dan melaporkan hasilnya ke Pusdatin/Pendis.

8. Lengkapi Biodata dan Unggah Pas Foto

Setelah data divalidasi, lengkapi biodata yang diminta dan unggah serta atur pas foto terbaru atau yang diambil dalam 3 bulan terakhir sesuai dengan ketentuan yang diminta.

9. Simpan dan Unduh Bukti Registrasi

Terakhir, simpan permanen dan unduh bukti registrasi akun SNPMB 2024 sebagai tanda bahwa proses pendaftaran Anda telah selesai.

 

3 dari 4 halaman

Syarat Daftar SNBP 2024

Pendaftaran SNBP 2024 akan dimulai pada Rabu, 14 Februari 2024, dan para calon peserta dapat mendaftar melalui portal resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Proses pendaftaran ini berlangsung selama dua pekan dan dijadwalkan akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2024.

1. Siswa Kelas XII dengan Prestasi Unggul

Calon peserta SNBP 2024 harus merupakan siswa kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 yang telah mencapai prestasi unggul. Ini mencerminkan komitmen untuk menyaring siswa-siswa berprestasi yang memiliki potensi tinggi untuk diterima di perguruan tinggi negeri.

2. Warga Negara Indonesia dengan NIK

Syarat kedua adalah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Hal ini menunjukkan bahwa program ini terbuka bagi warga negara Indonesia yang ingin mengembangkan potensi akademik mereka.

3. Memiliki NISN dan Terdaftar di PDSS

Calon peserta harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan sudah terdaftar di Pangkalan Data Sekolah Nasional (PDSS). Keberadaan NISN dan data di PDSS menjadi dasar untuk mengonfirmasi identitas dan riwayat pendidikan peserta.

4. Nilai Rapor Telah Diisikan di PDSS

Peserta harus memastikan bahwa nilai rapor mereka telah diisikan dengan benar di PDSS. Ini membantu dalam evaluasi akademik dan pemilihan peserta berdasarkan kriteria prestasi akademik yang jelas.

5. Wajib Mengunggah Portofolio untuk Program Studi Seni & Olahraga

Bagi calon peserta yang memilih program studi bidang seni & olahraga, wajib mengunggah portofolio. Hal ini memungkinkan mereka untuk menampilkan prestasi dan keterampilan khusus yang relevan dengan program studi yang diinginkan.

6. Kesehatan yang Memadai

Calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Ini merupakan syarat penting untuk memastikan bahwa peserta dapat mengikuti program studi dengan baik tanpa kendala kesehatan yang signifikan.

7. Prestasi Akademik dan Memenuhi Persyaratan PTN

Terakhir, peserta harus memiliki prestasi akademik yang memadai dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini menekankan bahwa setiap PTN mungkin memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar SNBP 2024

1. Pendaftaran Melalui Portal SNPMB dengan Akun SNPMB Siswa

Siswa yang memenuhi syarat dan sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Sekolah Nasional (PDSS) dapat memulai proses pendaftaran SNBP melalui Portal SNPMB dengan menggunakan akun SNPMB Siswa. Langkah ini memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengakses platform dan mengisi informasi pribadi serta akademik mereka secara langsung.

2. Memahami Ketentuan dan Persyaratan PTN

Sebelum mendaftar, siswa pendaftar harus membaca dan memahami ketentuan SNBP serta persyaratan yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan mereka tuju. Ini termasuk memahami prosedur memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka serta persyaratan khusus yang ditetapkan oleh PTN tersebut.

3. Unggah Portofolio dan Dokumen Keterampilan untuk Bidang Seni & Olahraga

Bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, wajib untuk mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah. Pedoman tentang jenis dokumen yang perlu diunggah dapat diunduh melalui menu Unduhan, memastikan bahwa siswa memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk program studi tersebut.

4. Mencetak Kartu Peserta SNBP

Setelah proses pendaftaran selesai, siswa wajib mencetak Kartu Peserta SNBP sebagai tanda bukti resmi bahwa mereka telah terdaftar sebagai peserta SNBP 2024. Kartu peserta ini penting sebagai syarat masuk dan identifikasi saat mengikuti tahapan seleksi nasional.

5. Daftar Ulang di PTN yang Diterima

Setelah dinyatakan diterima di salah satu PTN yang menjadi pilihannya, siswa harus melakukan daftar ulang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PTN tersebut. Proses daftar ulang ini mengikuti prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan oleh PTN tujuan, sehingga memastikan bahwa siswa secara resmi menjadi bagian dari institusi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.