Sukses

Cacar: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan penyakit cacar

Liputan6.com, Jakarta Cacar adalah sebuah infeksi virus serius yang pernah menjadi ancaman global sebelum berhasil dihapuskan pada tahun 1980 melalui program vaksinasi cacar. Meskipun cacar tidak lagi ditemukan secara alami, risiko potensial muncul dengan adanya sampel virus yang disimpan untuk penelitian dan kemungkinan penggunaan cacar sebagai senjata biologis. 

Cacar disebabkan oleh virus bernama variola dan dapat menyebar secara langsung atau tidak langsung melalui udara atau kontak dengan benda terkontaminasi. Gejala cacar sendiri dapat bervariasi mulai dari demam dan nyeri otot hingga munculnya bintik-bintik merah yang berkembang menjadi lepuhan berisi nanah, meninggalkan bekas luka yang parah. 

Meskipun kebanyakan orang bertahan hidup dari serangan cacar, terdapat jenis cacar yang jarang dan lebih berat, terutama pada wanita hamil dan anak-anak, yang dapat berakibat fatal. Pentingnya pengetahuan akan pencegahan cacar tergambar dalam upaya isolasi individu terinfeksi dalam rangka menghentikan penyebaran virus. 

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari WHO gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan penyakit cacar pada Senin (29/1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Penyakit Cacar?

Cacar adalah infeksi virus serius dan seringkali mematikan. Cacar bersifat menular, artinya dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, dan dapat menyebabkan bekas luka permanen. Terkadang, cacar dapat menyebabkan deformitas.

Cacar telah memengaruhi manusia selama ribuan tahun tetapi berhasil dihapuskan secara global pada tahun 1980 berkat vaksin cacar. Saat ini, cacar tidak lagi ditemukan secara alami di dunia. Kasus terakhir cacar yang terjadi secara alami dilaporkan pada tahun 1977.

Sampel virus cacar telah disimpan untuk tujuan penelitian. Kemajuan ilmiah telah memungkinkan penciptaan cacar di laboratorium, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa cacar suatu hari nanti dapat digunakan sebagai senjata biologis.

Vaksin dapat mencegah cacar, tetapi karena kebanyakan orang tidak mungkin terpapar cacar secara alami, vaksinasi rutin tidak direkomendasikan. Obat antivirus baru dapat digunakan untuk mengobati orang yang terinfeksi cacar.

Penting untuk tetap waspada terhadap potensi ancaman cacar dan memastikan bahwa upaya pencegahan dan penanganan yang tepat tersedia untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan terkait cacar.

3 dari 5 halaman

Gejala Cacar

Gejala pertama cacar biasanya muncul 12 hingga 14 hari setelah terpapar virus cacar. Namun, virus dapat berada dalam tubuh Anda selama 7 hingga 19 hari sebelum Anda merasa atau terlihat sakit. Waktu ini disebut sebagai periode inkubasi.

Setelah periode inkubasi, muncul tiba-tiba gejala mirip flu. Gejala-gejala ini meliputi:

  • Demam
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Kelelahan berat
  • Nyeri punggung yang parah
  • Muntah, kadang-kadang

Beberapa hari kemudian, bintik-bintik merah datar muncul di tubuh. Mereka mungkin dimulai di mulut dan di lidah, lalu menyebar ke kulit. Wajah, lengan, dan kaki seringkali terkena lebih dulu, diikuti oleh bagian tubuh lain seperti torso, tangan, dan kaki.

Dalam satu atau dua hari, banyak bintik-bintik tersebut berubah menjadi lepuhan kecil yang berisi cairan bening. Kemudian, lepuhan tersebut diisi dengan nanah. Luka-luka ini disebut pustula. Kira-kira 8 hingga 9 hari kemudian, kerak membentuk dan akhirnya terlepas, meninggalkan bekas luka dalam yang dalam.

Cacar dapat menyebar dari satu orang ke orang lain ketika ruam muncul dan hingga kerak terlepas.

Penting untuk diingat bahwa cacar merupakan penyakit yang sangat serius, dan pengobatan segera diperlukan. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala cacar, segera cari bantuan medis untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

4 dari 5 halaman

Penyebab Cacar

Cacar disebabkan oleh virus variola. Virus ini dapat menyebar dengan cara:

  1. Secara Langsung dari Orang ke Orang: Anda dapat terjangkit virus cacar dengan berada di sekitar seseorang yang mengidapnya. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus ketika mereka batuk, bersin, atau berbicara. Kontak dengan luka kulit juga dapat menyebabkan Anda tertular cacar.
  2. Secara Tidak Langsung dari Orang yang Terinfeksi: Jarang, cacar dapat menyebar melalui udara di dalam bangunan, menginfeksi orang di ruangan atau lantai lain.
  3. Melalui Benda yang Terkontaminasi: Cacar juga dapat menyebar melalui kontak dengan pakaian dan tempat tidur yang terkontaminasi. Namun, kemungkinan tertular cacar melalui cara ini lebih rendah.
  4. Sebagai Senjata Teroris, Potensialnya: Penggunaan cacar sebagai senjata adalah ancaman yang tidak mungkin terjadi. Tetapi karena melepaskan virus dapat menyebarkan penyakit dengan cepat, pemerintah sedang mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan ini.

Penting untuk dicatat bahwa cacar adalah penyakit serius, dan langkah-langkah pencegahan serta kewaspadaan yang tinggi diperlukan untuk mencegah penyebarannya. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang cara cacar menyebar sangat penting, dan tindakan pencegahan yang efektif, seperti vaksinasi, dapat membantu melindungi individu dan masyarakat dari potensi penularan cacar.

 

Komplikasi

Sebagian besar orang yang terinfeksi cacar akan bertahan hidup. Namun, beberapa jenis cacar yang jarang terjadi hampir selalu fatal. Bentuk yang lebih parah ini umumnya lebih sering terjadi pada wanita hamil dan anak-anak.

Mereka yang pulih dari cacar biasanya memiliki bekas luka yang parah, terutama di wajah, lengan, dan kaki. Terkadang, cacar dapat menyebabkan kehilangan penglihatan (buta).

5 dari 5 halaman

Pencegahan

Jika terjadi wabah cacar, orang-orang yang terinfeksi akan diisolasi untuk mencoba menghentikan penyebaran virus. Semua orang yang berkontak dengan seseorang yang terinfeksi cacar akan memerlukan vaksin cacar. Vaksin dapat melindungi Anda dari sakit atau menyebabkan Anda lebih sedikit sakit jika Anda tertular cacar. Vaksin harus diberikan sebelum atau satu minggu setelah terpapar virus.

Ada dua jenis vaksin yang tersedia:

  1. Vaksin ACAM2000: Menggunakan virus hidup yang mirip dengan cacar, tetapi lebih tidak berbahaya. Kadang-kadang dapat menyebabkan efek samping serius, seperti infeksi di jantung atau otak. Oleh karena itu, vaksin ini tidak diberikan kepada semua orang. Kecuali terjadi wabah cacar, risiko vaksin ini melebihi manfaatnya bagi kebanyakan orang.
  2. Vaksin kedua (Jynneos): Menggunakan jenis virus yang sangat lemah dan lebih aman dibandingkan ACAM2000. Dapat digunakan pada orang-orang yang tidak dapat menerima ACAM2000 karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu atau gangguan kulit.

Vaksin cacar juga memberikan perlindungan terhadap infeksi virus serupa lainnya seperti mpox, yang dikenal sebagai monkeypox, dan cowpox.

Jika Anda telah divaksinasi cacar anak, Anda memiliki tingkat perlindungan terhadap virus cacar. Kekebalan penuh atau sebagian setelah vaksin cacar dapat bertahan hingga 10 tahun, dan 20 tahun dengan suntikan penyegar. Jika terjadi wabah, orang-orang yang divaksinasi sebagai anak mungkin akan mendapatkan vaksin baru jika terpapar virus.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.