Sukses

Sinonim dari Kata Akselerasi dalam Bahasa Indonesia, Simak Penjelasannya

Akselerasi disebut juga proses mempercepat atau peningkatan kecepatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebut sinonim dari kata akselerasi adalah percepatan. Sinonim ini penting untuk memahami konsep gerak benda dalam ilmu fisika. Akselerasi disebut juga proses mempercepat atau peningkatan kecepatan benda. Dalam fisika, akselerasi diukur dengan perubahan kecepatan terhadap waktu.

Menurut Enung Nuraeni dalam bukunya berjudul Buku Pintar Bahasa Indonesia SD (2010), sinonim artinya persamaan kata atau beberapa kata yang memiliki makna sama.

Akselerasi dapat juga dihubungkan dengan program akselerasi dalam pendidikan. Dalam jurnal penelitian yang dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), definisi akselerasi adalah pemberian pelayanan khusus bagi siswa berbakat untuk mempercepat waktu pendidikan mereka.

Kesempatan ini memungkinkan siswa mengejar materi-materi pelajaran sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Adanya program akselerasi, diharapkan siswa dapat menyelesaikan pendidikan mereka dengan lebih cepat dibandingkan dengan rekan sebayanya.

Selain dalam ilmu fisika dan pendidikan, akselerasi juga digunakan dalam bisnis. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sinonim dari kata akselerasi lengkap definisikan, Sabtu (9/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akselerasi dalam Ilmu Fisika

Sinonim dari kata akselerasi adalah percepatan yang berhubungan dengan ilmu fisika. Ini konsep penting dalam ilmu fisika yang mengacu pada perubahan laju gerak suatu benda dari waktu ke waktu. Beberapa sinonim dari kata akselerasi yang berhubungan dengan ilmu fisika antara lain adalah percepatan, tingkat percepatan, laju pertambahan kecepatan, dan laju pertambahan percepatan.

Menurut modul berjudul Fisika Dasar yang dipublikasikan Hasanuddin University, percepatan sebagai sinonim dari kata akselerasi diartikan sebagai "perubahan kecepatan benda per satuan waktu," sedangkan tingkat percepatan dapat dijelaskan sebagai "besarnya percepatan yang dialami oleh suatu benda."

Sementara itu, laju pertambahan kecepatan merujuk pada "perubahan kecepatan benda dari waktu ke waktu," dan laju pertambahan percepatan mengacu pada "besarnya percepatan yang bertambah setiap satuan waktu."

Mengutip dari sumber lain, seperti modul berjudul Ensiklopedi Fisika oleh Prof. Dr. A. Sofyan, dkk., menyebutkan bahwa sinonim dari kata akselerasi dalam fisika juga dapat meliputi istilah-istilah lain seperti kecepatan bertambah, gerak semakin cepat, atau pertambahan laju gerak.

Semua sinonim dari kata akselerasi ini menggambarkan konsep perubahan laju gerak atau kecepatan suatu benda dalam ilmu fisika. Prima Ardani dalam bukunya berjudul Cross Arena and School Bandung (2014),  ada dua bentuk akselerasi pada suatu objek, yaitu percepatan positif yang menambah kecepatannya, dan percepatan negatif yang mengurangi kecepatannya.

Akselerasi suatu benda terjadi ketika gaya bekerja pada benda tersebut, sesuai Hukum kedua Newton. Satuan internasional untuk akselerasi adalah meter per sekon kuadrat (m/s²). Akselerasi juga dikenal sebagai besaran vektor, yang memperhitungkan arah gerak. Ketika arah akselerasi sejajar dengan kecepatan, semakin besar kecepatan maka semakin cepat gerak benda tersebut, disebut percepatan positif.

3 dari 4 halaman

Akselerasi dalam Bisnis

Akselerasi dalam bisnis merujuk pada peningkatan yang cepat dalam pertumbuhan, perkembangan, atau kemajuan perusahaan atau usaha. Sinonim dari kata akselerasi yang berhubungan dengan ilmu bisnis antara lain adalah kenaikan, percepatan, peningkatan, dan kemajuan.

Melansir dari Investopedia, akselerasi dalam bisnis dapat diartikan sebagai "peningkatan yang cepat dalam pertumbuhan, ukuran, atau impak dari suatu perusahaan atau usaha." Dijelaskan juga bahwa akselerasi dalam bisnis bisa terjadi karena faktor internal, seperti peluncuran produk baru atau peningkatan produktivitas, maupun faktor eksternal, seperti perubahan di pasar atau kebijakan pemerintah.

Di sisi lain, melansir dari Forbes akselerasi dalam bisnis adalah proses atau peristiwa yang menyebabkan peningkatan cepat dalam pendapatan, keuntungan, atau pangsa pasar. Ditegaskan bahwa akselerasi bisnis dapat dicapai melalui strategi pemasaran yang efektif, inovasi produk, atau perluasan ke pasar baru.

Maka bisa disimpulkan bahwa sinonim dari kata akselerasi dalam bisnis meliputi kenaikan, percepatan, peningkatan, dan kemajuan. Akselerasi bisnis sendiri merupakan sebuah konsep yang penting dalam dunia bisnis, karena menandakan pertumbuhan dan kemajuan yang pesat dari suatu perusahaan atau usaha.

4 dari 4 halaman

Akselerasi dalam Dunia Pendidikan

Menurut KBBI sinonim dari kata akselerasi adalah percepatan sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam dunia pendidikan, akselerasi dapat diartikan sebagai peningkatan kecepatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai metode seperti pemberian materi yang lebih cepat, peningkatan jumlah tugas, atau pembelajaran yang lebih intensif.

Akselerasi dalam pendidikan dapat memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki potensi dan kemampuan di atas rata-rata untuk berkembang lebih cepat dan mencapai potensi maksimalnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI), menjelaskan akselerasi dalam dunia pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai program seperti program percepatan waktu (skip grade) dan program percepatan materi. Program akselerasi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang unggul untuk dapat mengejar proses belajar yang sesuai dengan potensi mereka.

Jika demikian, siswa dapat menyelesaikan pendidikan mereka dengan lebih cepat dan memperoleh tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Program akselerasi di Indonesia sebenarnya sudah dihentikan sejak 2013. Namun, siswa berbakat dapat mempercepat masa studinya melalui sistem kredit semester (SKS). SKS untuk sekolah diterapkan sebagaimana yang berlaku di perguruan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.