Sukses

Toilet Pintar di China Terbakar Karena Korslet, Pria Ini Nyaris Jadi Korban

Diduga karena korslet, toilet pintar yang terbakar usai digunakan ini bikin warganet ngeri.

Liputan6.com, Jakarta Toilet pintar merupakan jenis toilet yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Toilet ini memberikan berbagai fitur dan kenyamanan tambahan kepada penggunanya. Berbeda dari toilet konvensional, toilet pintar dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dengan menggunakan berbagai sensor, kontrol otomatis, dan fitur cerdas lainnya.

Meskipun toilet pintar menawarkan berbagai keuntungan, namun penggunaan teknologi yang berlebihan ini sewaktu-waktu bisa menyebabkan masalah. Di China, seorang pria sukses curi perhatian publik, karena membagikan potret toilet yang sedang terbakar usai digunakan olehnya.

Karena terjadi secara tiba-tiba, membuat pria asal Xiamen ini tidak punya waktu untuk mengenakan celana pendeknya. Melalui surat kabar setempat, pemilik menduga bahwa toilet ini alami korsleting. Berikut ini potret toilet pintar terbakar  yang Liputan6.com rangkum dari Odditycentral, Minggu (3/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toilet Pintar Terbakar Usai Digunakan

Seorang pria Tiongkok hampir mengalami insiden yang sangat serius. Toilet pintar yang digunakan ini tiba-tiba terbakar dan mengeluarkan asap, menyebabkannya kesulitan untuk keluar dari kamar mandi dengan selamat.

Dilansir oleh surat kabar Yangtze Evening News, kejadian tersebut melibatkan seorang pria dari Xiamen, Provinsi Fujian. Ketika sedang menggunakan toilet, dirinya mencium bau asap dan muncul kepulan asap putih dari kloset. Setelah merasa janggal, pria ini kemudian bangkit dari kloset dan dalam sekejap toilet pintar ini kemudian terbakar. Sebuah foto yang diambil oleh pria itu menunjukkan, bahwa dia bahkan tidak memiliki waktu untuk mengenakan celana pendeknya sebelum kebakaran terjadi.

 

3 dari 3 halaman

Diduga Karena Korslet

Meskipun belum diketahui penyebab pasti insiden ini, pemilik menduga bahwa korsleting mungkin menjadi penyebabnya. Insiden serupa juga pernah dilaporkan sebelumnya, termasuk kasus di Provinsi Zhejiang pada Agustus tahun lalu dan di Kabupaten Shibing, Guizhou, di mana toilet pintarnya terbakar tanpa alasan yang jelas.

Pasar toilet pintar di Tiongkok terus berkembang pesat, mengikuti langkah Jepang yang telah lama dikenal sebagai pasar terbesar di dunia untuk teknologi tersebut. Meskipun toilet pintar menawarkan berbagai keuntungan seperti pembilasan otomatis, dudukan pemanas, efisiensi penggunaan air, dan fungsi pembersihan otomatis, terlalu banyak teknologi sehingga bisa menyebabkan masalah kapan saja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.