Sukses

7 Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk di Hari Jumat, Terhindar dari Siksa Kubur

Keutamaan membaca surat Al-Mulk di hari Jumat begitu besar untuk umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Keutamaan membaca surat Al-Mulk di hari Jumat perlu dikenali oleh setiap muslim. Pasalnya, hari Jumat diyakini sebagai hari yang mulia bagi umat Islam. Pada hari tersebut, setiap Muslim dianjurkan memperbanyak amalan sunah, salah satunya dengan membaca surat Al-Mulk.

Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW telah menyampaikan berbagai keutamaan Surat Al-Mulk. Apalagi bila dibaca pada Hari Jumat. Surat Al-Mulk termasuk golongan surat Makiyyah yang diturunkan setelah surat At-Tur. Surat Al-Mulk diambil dari ayat pertama dalam surat ini yaitu Al-Mulk yang artinya adalah kekuasaan atau kerajaan. 

Keutamaan membaca surat Al-Mulk di hari Jumat begitu besar untuk umat Islam. Dalam surat ini dijelaskan bahwa langit serta bumi dan seluruh rahasia di dalamnya merupakan kekuasaan Allah. Selain berarti kekuasaan atau kerajaan, surat Al-Mulk juga disebut sebagai At Tabaarak yang artinya Maha Suci.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/11/2023) tentang keutamaan membaca surat Al-Mulk di hari Jumat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Diampuni Dosa-Dosanya

Keutamaan membaca Surat Al-Mulk yang pertama adalah pembacanya akan diampuni dosa-dosanya. Hal ini sebagaimana hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Ada surat dari Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat memberikan syafaat bagi orang yang membacanya sehingga diampuni dosanya, yaitu surat tabarakalladzi bi yadihil mulku.” (HR. Abu Dawud)

 

2. Amalan agar Terhindar dari Siksa Kubur

Keutamaan membaca Surat Al-Mulk selanjutnya adalah amalan yang membuat seorang muslim terhindar dari siksa kubur. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Nasa’i, dari Abdullah bin Mas’ud berliau berkata:

“Barangsiapa membaca surat tabarakalladzi biyadihil mulku setiap malam, maka Allah akan menghindarkannya dari siksa kubur, dan dahulu kami (para sahabat) ketika Rasulullah SAW masih hidup menyebutnya ‘Al-Mani’ah’ (penghindar atau penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Tawakal kepada Allah

Sementara itu, keutamaan membaca Surat Al-Mulk di Hari Jumat adalah dapat meningkatkan tawakal. Tawakal merupakan sikap berserah diri kepada Allah atas apa yang ditakdirkan kepada dirinya. Sifat ini termasuk sifat yang terpuji dan disukai Allah. Tawakal tentu saja disertai dengan usaha dan doa.

Membaca Surat Al-Mulk akan membantu seorang Muslim untuk meningkatkan tawakal kepada Allah SWT. Imam At-Tusturi berkata, “Barangsiapa mencela suatu usaha, maka ia telah mencela sunnatullah (ketentuan yang Allah tetapkan). Barangsiapa mencela tawakal maka ia telah meninggalkan keimanan. Karena tawakal akan membuat kita kuat dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT.”

 

4. Dijanjikan Surga

Surat Al-Mulk memang memiliki keutamaan yang manakjubkan. Membacanya secara rutin, apalagi di malam Jumat, akan menjadi perantara seseorang masuk surga. Keutamaan membaca Surat Al-Mulk di Hari Jumat ini telah dijanjikan sebagaimana hadis Rasulullah SAW.

Dari Anas bin Malik RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ada sebuah surat dari Al-Quran yang hanya terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat membela temannya (orang yang membacanya) sehingga memasukkannya ke dalam surga. Surat itu adalah surat tabarak (al-mulk).” (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Ausath, Imam Albani menilai hadis ini hasan)

4 dari 4 halaman

5. Disayang oleh Rasulullah SAW

Keutamaan membaca surat Al-Mulk bagi umat muslim, salah satunya disayang oleh Rasulullah SAW. Beliau sangat menyayangi hambanya, yang gemar bersholawat serta membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk. Selain itu,  surat Al-Mulk mampu membawa ketenangan hati bagi para pembaca dan penghafalnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Saya gemari supaya surat ini (Tabarakalladzi biyadihil mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

 

6. Dijauhkan dari Maksiat

Keutamaan membaca surat Al-Mulk selanjutnya adalah dijauhkan dari maksiat. Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di: “Mereka takut kepada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

Dalam Surat Al-Mulk ayat 12 Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.”

Berdasarkan kedua dalil di atas, jelas bahwa orang yang taat kepada Allah akan tetap taat meskipun saat melakukan ibadah tidak ada orang yang melihatnya. Orang yang beriman akan tetap taat kepada Allah meski dalam kesunyian malam dan takut melakukan perbuatan maksiat.

 

7. Diberikan Pahala Berkali Lipat

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi)

Jadi, dengan rajin membaca surat Al-Mulk, Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya sampai 10 kali bagi siapapun yang Dia kehendaki. Tidak hanya membaca Al-Mulk, saat kamu membaca Al-Qur’an, Allah SWT akan memberikan 1 huruf 10 ganjaran kebaikan. Hal ini tentunya termasuk salah satu keutamaan membaca surat Al-Mulk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.