Sukses

Lembah di Kalimantan yang Perlu Diketahui, Ada Lembah Kahung dan Bawang

Lembah adalah suatu cekungan yang terletak di antara bukit atau tanah yang lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Lembah di Kalimantan merupakan salah satu bentang alam yang dimiliki pulau Kalimantan. Lembah adalah dataran yang lebih rendah dari daratan dan umumnya berada di kaki gunung. Biasanya lembah dijadikan tempat wisata karena memiliki panorama alam yang menakjubkan.

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian lembah adalah tanah rendah. Lembah sendiri dapat terbentuk dari beberapa proses geologis, salah satunya adalah proses pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin.

Setiap wilayah di seluruh dunia termasuk di Indonesia pasti memiliki lembah sebagai ciri khas bentang alamnya, salah satunya di Pulau Kalimantan. Lembah di Kalimantan ada dua yakni Lembah Kahung dan Lembah Bawang.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai lembah di Kalimantan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Lembah

Sebelum mengetahui lembah di Kalimantan, anda perlu mengenal yang dimaksud dengan lembah. Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian lembah adalah tanah rendah.

Sedangkan secara umum, lembah adalah dataran yang lebih rendah dari daratan dan umumnya berada di kaki gunung. Definisi lain, lembah merupakan wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis, salah satunya adalah proses pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin.

Sementara itu, menurut Britannica, lembah merupakan depresi atau bagian tanah daratan yang memiliki ketinggian di bawah permukaan air laut yang memanjang. Lembah paling sering dialirkan oleh sungai dan mungkin terjadi di dataran yang relatif datar atau di antara perbukitan maupun pegunungan.

Menurut Drs. Mulyadi dalam bukunya yang berjudul Bentuk-Bentuk Muka Bumi (2020), menjelaskan bahwa lembah adalah suatu cekungan yang terletak di antara bukit atau tanah yang lebih tinggi. Biasanya di dasar lembah yang memanjang dialiri oleh sungai.

3 dari 4 halaman

Lembah di Kalimantan

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, lembah di Kalimantan ada dua yakni lembah Bawang dan lembah Kahung. Berikut ini penjelasannya:

1. Lembah Kahung

Salah satu lembah di Kalimantan adalah Lembah Kahung. Lembah Kahung adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam, desa Belangian, kecamatan Aranio, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kawasan puncak dan lembah Kahung memiliki luas 21,25 km2 dan meliputi bagian hulu desa Belangian yang dikenal juga dengan nama Belangian Kahung.

Lembah ini menjadi satu dari tiga tujuan wisata yang mendapat perhatian khusus dan menjadi unggulan sehingga ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Kepariwisataan bersama dengan Kiram park dan Mandiangin.

Lembah Kahung berada di daerah hulu dari waduk Riam Kanan dan merupakan bagian dari kawasan taman bumi pegunungan Meratus. Bebatuan yang ada di kawasan lembah Kahung berasal dari kedalaman hingga 1 km di bawah permukaan tanah. Bebatuan yang ada teridentifikasi sebagai bebatuan basal dan diorit yang terbentuk dari pendinginan magma dari bawah kerak bumi.

Bagi anda yang ingin berwisata ke lembah Kahung, bisa ditempuh dengan jalur darat yang berdurasi kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Banjarmasin hingga tiba di dermaga waduk Riam kanan. Dari dermaga dilanjutkan menggunakan kapal mesin kelotok selama 1,5 - 2 jam perjalanan hingga tiba di desa Belangian. Dari desa Belangian, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju beberapa shelter, yaitu:

  1. Shelter 1 atau shelter kembar
  2. Shelter 2 atau shelter muara kahung
  3. Shelter 3 atau shelter cemara
  4. Shelter 4 atau shelter

Selain itu, dapat digunakan motor trail namun hanya bisa dari shelter pertama hingga ke kawasan gunung Nona dan selebihnya berjalan kaki. Untuk menuju puncak Kahung, bisa dilakukan dengan menempuh jarak 30 km dengan berjalan kaki.

2. Lembah Bawang

Berbeda dengan Lembah Kahung, Lembah Bawang yang menjadi salah satu lembah di Kalimantan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Lembah Bawang di Kalimantan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Samalantan, yang resmi dibentuk berdasarkan Perda No. 12 Tahun 2006 tentang Pembentukan Kecamatan Lembah Bawang pada tanggal 12 Desember 2006.

Di Lembah Bawang ini memiliki gunung yang diberi nama Gunung Bawang. Wisata pendakian Gunung Bawang merupakan jalur favorit bagi para pendaki karena memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

4 dari 4 halaman

Bentang Alam Lain di Pulau Kalimantan

Setelah mengetahui lembah di Kalimantan, ternyata pulau ini menyimpan bentang alam lainnya. Mulai dari bukit, dataran rendah, hingga pantai. Berikut rinciannya:

1. Gunung

Gunung yang terkenal di Kalimantan ada banyak, mulai dari:

  1. Gunung Aurbunak
  2. Gunung Bawang
  3. Gunung Betikap
  4. Gunung Liangpran
  5. Gunung Mando
  6. Gunung Niut
  7. Gunung Piyabung
  8. Gunung Tikung

2. Bukit

Sedangkan untuk bukit sendiri, Pulau Kalimantan juga memiliki bukit yang memiliki panorama alam yang indah dan menakjubkan yakni:

  1. Bukit Batu Daya
  2. Bukit Kelam
  3. Bukit Langara
  4. Bukit Lintang
  5. Bukit Nyiut
  6. Bukit Poteng
  7. Bukit Saran
  8. Bukit Tiong Kandang

3. Sungai

Tak hanya gunung dan bukit, Kalimantan yang masih terdiri dari hutan masih memiliki banyak sungai yang terkenal luas dan panjang. Berikut ini beberapa sungai yang ada di Kalimantan, yakni:

  1. Sungai Barito
  2. Sungai Kapuas
  3. Sungai Negara
  4. Sungai Kunyit
  5. Sungai Mahakam
  6. Sungai Martapura
  7. Sungai Mentaya
  8. Sungai Pawan
  9. Sungai Bahau
  10. Sungai Sesayap
  11. Sungai Kayan

4. Pantai

Bentang alam lainnya di Pulau Kalimantan adalah pantai. Berikut daftar pantai yang berada di Kalimantan, yakni:

  1. Pantai Benua Patra
  2. Pantai Beras Basah
  3. Pantai Biduk-biduk
  4. Pantai Kemala
  5. Pantai Lemaru
  6. Pantai Kahyangan
  7. Pantai Takisung

5. Dataran Rendah

Tak kalah terkenalnya dengan pegunungan, berikut ini daftar dataran rendah yang berada di Kalimantan adalah:

  1. Dataran Rendah Ketapang
  2. Dataran Rendah Kulau Kapuas
  3. Dataran Rendah Redeb
  4. Dataran Rendah Selor
  5. Dataran Rendah Telukmelano

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.