Sukses

Housekeeping Adalah Pekerjaan Rumah Tangga, Kenali Tugas dan Tanggung Jawabnya

Housekeeping adalah pekerjaan mengurus segala kebutuhan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Housekeeping adalah istilah yang mungkin belum dikenali oleh sebagian orang. Istilah ini mungkin lebih familier bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia hospitality atau perhotelan. Hal ini berkaitan dengan pelayanan kepada tamu atau pengunjung.

Housekeeping adalah pekerjaan mengurus segala kebutuhan rumah tangga. Biasanya, istilah ini mengacu pada urusan-urusan yang berkaitan dengan kebersihan dan kerapian suatu ruangan. Dalam rumah tangga, housekeeping juga mencakup kegiatan memasak, mengurus tagihan, dan berbelanja.

Seseorang yang bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan housekeeping disebut juga dengan housekeeper. Kamu tentunya perlu mengetahui tugas dan tanggung jawab dari housekeeper ini saat bekerja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023) tentang housekeeping.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Housekeeping

Housekeeping adalah istilah yang berasal dari kata house yang artinya rumah dan keeping yang artinya menjaga. Jadi, arti housekeeping adalah tugas atau tanggung jawab untuk mengurus urusan rumah tangga, seperti membersihkan ruangan, memasak, mengurus tagihan, hingga berbelanja. Seseorang yang bertanggung jawab sebagai housekeeping disebut juga dengan housekeeper.

Housekeeper adalah istilah yang dekat dengan bidang perhotelan atau hospitality. Dalam konteks perhotelan, housekeeping adalah tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan pelanggan atau tamu, mulai dari mengurus kebersihan dan kerapian kamar, restoran, kolam renang, serta area umum lainnya.

Housekeeping adalah salah satu departemen atau divisi yang paling penting di sebuah hotel karena harus memastikan seluruh area hotel terjaga dan tarawat dengan baik. Housekeeping memiliki kewajiban dalam membersihkan, memelihara, dan mengatur keindahan setiap ruangan-ruangan hotel baik di luar maupun di dalam.

 

3 dari 4 halaman

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

Tugas dan tanggung jawab housekeeping adalah mengurus segala urusan rumah tangga. Melansir Quipper Campus, di perhotelan tugas dan tanggung jawab housekeeping adalah sebagai berikut:

  1. Tugas housekeeping terdiri dari membersihkan dan memelihara kamar hotel, termasuk mengganti handuk kamar, menata, dan merapikan kamar agar terlihat indah, serta menjaga dekorasi kamar.
  2. Menjaga keindahan dan kebersihan seluruh area hotel.
  3. Menjaga seluruh koridor hotel agar tetap kondusif untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan bagi para tamu.
  4. Merawat peralatan kerja housekeeping, seperti sapu, sikat, pel, vacuum cleaner, pembersih kaca, tempat sampah, dan lain-lain.
  5. Memberikan pelayanan terbaik kepada tamu agar tamu merasa puas dan nyaman saat berkunjung dan menginap di hotel.
  6. Menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi terkait kamar yang telah dipesan oleh para tamu serta jadwal checkout-nya.
  7. Melakukan pencatatan dan pemeriksaan barang yang hilang atau rusak agar dapat diganti dengan yang baru.
4 dari 4 halaman

Pembagian Departemen Housekeeping

Housekeeping adalah pekerjaan yang cukup kompleks dengan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, departemen housekeeping ini terbagi menjadi beberapa seksi, yaitu sebagai berikut:

1. Public Area Section

Departemen pertama housekeeping adalah public area section, yaitu petugas housekeeping yang bertanggung jawab untuk menjaga dan memastikan kebersihan di bagian area publik. Contoh area publik ini seperti restoran, lobby hotel, kolam renang, gym, dan aneka fasilitas umum hotel lainnya. Hal ini bertujuan agar para tamu yang datang merasa nyaman, dan dapat menikmati fasilitas hotel karena kebersihannya terjaga dengan baik.   

2. Room Section

Departemen Room Section tugasnya adalah untuk menjaga berbagai kebutuhan tamu selama menginap di hotel. Contohnya, membersihkan kamar, baik sebelum atau setelah para tamu menginap. Tugas lainnya yaitu mengecek berbagai peralatan yang ada di dalam kamar mandi, apakah ada yang perlu diganti, dalam kondisi baik, atau sudah rusak. Tugas room section juga termasuk mengecek aneka peralatan mandi, seperti handuk, dan lain-lain.

3. Linen Section

Linen Section bertugas untuk membawa semua kain yang sudah dicuci oleh bagian Laundry Section. Kemudian semua kain-kain tersebut akan diantarkan kembali ke masing-masing kamar. Selain itu petugas linen section akan mengecek, serta memastikan, bahwa semua kamar yang ada di hotel, sudah dilengkapi dengan handuk, sprei, sarung bantal, dan selimut. Semuanya harus dalam kondisi bersih dan juga wangi.

4. Laundry Section

Departemen housekeeping selanjutnya yaitu laundry section. Petugas yang bekerja di seksi ini bertugas mencuci semua kain yang berasal dari seluruh kamar hotel. Mulai dari mencuci handuk, sprei, sarung bantal, dan barang lainnya, semua harus dicuci hingga bersih dan wangi.

5. Florist Section dan Gardener Section

Housekeeping adalah pekerjaan yang juga mencakup pemeliharaan taman, yaitu pada posisi florist section dan gardener section. Seperti namanya, tugas dari kedua departemen housekeeping adalah merawat semua tanaman, termasuk bunga yang ada di hotel dan sekitarnya. Untuk Florist Section akan memelihara bunga-bunga yang ada di bagian lobby dan lorong hotel. Sementara gardener akan memelihara bunga dan tanaman di bagian luar ruangan.  

6. Houseman atau Housemaid

Housemen atau housemaid memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan serta pengawasan investaris hotel yang berada di luar kamar tamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.