Sukses

Free Kick adalah Hukuman dari Pelanggaran dalam Sepak Bola, Ini 2 Tekniknya

Free kick adalah tendangan yang dapat dilakukan dengan dua teknik. Penentuan teknik ini bergantung pada jenis pelanggaran yang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Sepak Bola merupakan salah satu oleh rasga paling populer di dunia. Meski sangat populer, istilah-istilah teknis dalam cabang olahraga ini banyak yang belum dimengerti, free kick salah satunya. Free kick adalah salah satu bentuk hukuman dalam permainan sepak bola yang diberikan kepada salah satu tim ketika tim lawan melakukan pelanggaran.

Free kick adalah tendangan yang dapat dilakukan dengan dua teknik. Penentuan teknik ini bergantung pada jenis pelanggaran yang terjadi. Tentu saja kesempatan ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh tim untuk mencetak gol. Oleh sebab itu pemain dengan kemampuan paling baik umumnya diberi kepercayaan untuk melakukannya.

Memahami istilah free kick dalam permainan sepak bola akan memudahkan penonton menelaah apa yang terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola. Tentunya ini akan menambah keseruan saat menonton pertandingan sepak bola. Berikut ulasan tentang free kick adalah tendangan bebas yang diberikan setelah tim lawan melakukan pelanggaran yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Free Kick dalam Pertandingan Sepek Bola

Free kick atau tendangan bebas adalah istilah yang umum dalam sepak bola. Ini terjadi ketika sebuah tim diberikan hak untuk melakukan tendangan bebas sebagai hukuman atas pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan di luar area penalti. Dalam situasi ini, pertandingan akan dihentikan sampai wasit meniup peluit kembali untuk memberikan tim yang mendapat tendangan bebas kesempatan untuk mengambil tendangan.

Free kick adalah salah satu cara untuk mengeksekusi hukuman yang diberikan atas pelanggaran. Jika pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti, maka hukuman ini disebut tendangan penalti. Ketika tendangan bebas dilakukan, tim yang melakukan pelanggaran harus menjaga jarak dari bola dan tim lawan. 

Sejarah sepak bola telah mencatat momen-momen indah yang melibatkan tendangan bebas, salah satunya adalah David Beckham. Beckham dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terkemuka yang menghasilkan banyak gol indah melalui tendangan bebas. 

Selama periode dari 1992 hingga 2003, Beckham seringkali memanfaatkan momen tendangan bebas untuk mencetak gol indah saat membela timnya. Ini adalah contoh bagaimana tendangan bebas dapat menjadi elemen menarik dalam permainan sepak bola, menghasilkan momen-momen spektakuler yang diingat oleh para penggemar.

3 dari 3 halaman

Jenis Teknik Free Kick

Seperti sudah sempat dibahas freekick dapat dilakukan dalam dua teksnik tergantung pada jenis pelanggarannya, berikut diantaranya.

1. Tendangan Bebas Langsung (Direct Free-Kick)

Tendangan bebas langsung bertujuan untuk langsung mencetak gol dengan mengarahkan bola ke gawang lawan. Tendangan ini bisa menghasilkan gol tanpa melewati sentuhan pemain lain terlebih dahulu, asalkan eksekutor tendangan berhasil mengarahkan bola ke gawang sesuai keinginan. 

Tendangan bebas langsung biasanya diberikan sebagai hukuman atas pelanggaran yang dilakukan di daerah musuh atau dekat area penalti lawan. Beberapa pelanggaran yang bisa mengakibatkan tendangan bebas langsung termasuk melanggar pemain lawan yang sedang meloncat di udara, menendang atau menabrak pemain lawan, melakukan tekel berbahaya, atau menarik anggota tubuh atau pakaian lawan. 

Teknik untuk melakukan tendangan bebas langsung melibatkan menempatkan bola dengan baik, menentukan posisi kiper lawan dan pagar betis (tembok), serta mengambil langkah-langkah yang sesuai sebelum akhirnya menendang bola ke arah yang dituju.

2. Tendangan Bebas Tidak Langsung (Indirect Free-Kick)

Tendangan bebas tidak langsung berbeda dari tendangan bebas langsung. Ini adalah teknik yang tidak bertujuan untuk mencetak gol secara langsung. Dalam tendangan bebas tidak langsung, bola tidak ditendang langsung ke gawang lawan melainkan dioper ke rekan satu tim. 

Tendangan ini diberikan sebagai hukuman atas pelanggaran yang terjadi di luar kotak penalti lawan. Tendangan ini digunakan untuk menghukum pemain yang melakukan permainan berbahaya, menghalangi pergerakan pemain lawan dengan badan, atau menghalangi kiper yang ingin mengambil bola.

Tendangan ini tidak memerlukan teknik khusus karena tujuannya bukan untuk mencetak gol. Pemain yang melaksanakan tendangan bebas tidak langsung dapat dengan mudah mengarahkan atau mengoper bola ke rekan satu tim tanpa perlu berlari atau melakukan trik khusus.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.