Sukses

Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Bagian Tubuh Lain, Pahami Risiko Efek Sampingnya

Namun, penggunaan manfaat baby oil untuk wajah juga dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta Baby oil adalah produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk bayi. Namun, ternyata produk ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit orang dewasa, terutama untuk wajah. Manfaat baby oil untuk wajah berasal dari bahan-bahan yang ringan dan lembut sehingga dapat melembapkan kulit dengan baik. 

Namun, penggunaan manfaat baby oil untuk wajah juga dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian orang. Terutama orang-orang dengan kulit yang cenderung sensitif. Baby oil dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori jika diaplikasikan ke wajah secara tidak tepat. Selain itu, hindari area sekitar mata ketika mengaplikasikannya ke wajah.

Apabila memang memiliki kondisi kulit tertentu sebaiknya penggunaan manfaat baby oil untuk wajah dan produk perawatan lain dikonsultasikan kepada dokter kulit terlebih dahuli. Berikut manfaat baby oil untuk wajah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melembapkan Kulit

Seperti sudah sempat dibahas sebelumnya manfaat baby oil untuk wajah dapat dijadikan sebagai pelembab. Baby oil sebenarnya adalah produk yang bersifat non comedogenic atau tidak memicu timbulnya komedo maupun jerawat, tapi ini hanya berlaku untuk kulit wajah kering atau normal. 

Tapi jika diaplikasikan di kulit wajah yang cenderung berminyak, produk ini dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori yang dapat memicu munculnya jerawat. Oleh sebab itu baby oil sebaiknya tidak dijadikan pelembab untuk kulit yang berminyak.

Baby oil terbukti menjadi produk yang memiliki kemampuan melembabkan kulit paling baik dibanding etanol, gliserin dan air. Para ilmuwan sepakat bahwa kandungan mineral oil pada baby oil dapat menjaga kulit wajah tetap terhidrasi.

2. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Manfaat baby oil untuk wajah tidak hanya terbatas pada melembabkan kulit, tetapi juga dapat mencegah penuaan dini. Baby oil mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan merangsang produksi kolagen.

Penuaan dini dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Baby oil dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam baby oil bisa membantu memperbaiki kerusakan sel kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Selain itu, baby oil juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan membuatnya terlihat lebih halus dan kenyal. Dengan menggunakan baby oil secara rutin, Anda dapat merasakan manfaatnya dalam mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap awet muda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, oleskan baby oil secara merata pada wajah setelah membersihkan kulit. Lakukan pijatan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah. 

3. Menyamarkan Kantung Mata

Kantung mata menjadi salah satu masalah yang banyak mengganggu penampilan orang dewasa. Baby oil dipercaya dapat menyamarkan tampilan kantung mata yang gelap. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes baby oil dengan air, kemudian mengompresnya pada area kantung mata.

Manfaat baby oil untuk wajah ini sebenarnya masih berhubungan dengan kemampuannya melembabkan kulit. Ketika kulit di sekitar mata lembab, maka tampilan kantung mata akan memudar.

4. Mengurangi Bekas Luka Pada Wajah

Baby oil juga digunakan oleh banyak orang untuk mengurangi tampilan bekas luka pada kulit. Walaupun belum ada penelitian yang langsung mendukung manfaat ini, baby oil efektif dalam menjaga kelembapan kulit, yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan stretch mark. 

Manfaat baby oil untuk wajah ini juga berhubungan dengan kemampuannya melembabkan kulit. Kulit yang lembab memiliki kemampuan memproduksi kolagen yang lebih baik dibanding kulit kering. Kolagen sendiri memiliki peran penting dalam proses regenerasi kulit yang berpengaruh ada tampilannya.

5. Menghapus Makeup

Baby oil adalah alternatif yang efektif untuk penghapus makeup, terutama makeup tahan air. Ini membantu membersihkan makeup dengan lembut tanpa merusak kulit. Kandungan mineral oil dalam baby oil memiliki molekul besar sehingga dapat menembus kulit tanpa menyumbat pori-pori. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah dengan air dan sabun setelah menggunakan baby oil untuk menghapus makeup.

3 dari 5 halaman

6. Merapikan Alis

Baby oil dapat digunakan untuk merapikan alis yang tebal dan kurang rapi. Tekstur baby oil yang licin memudahkan dalam membentuk alis sesuai keinginan, membuatnya tampak lebih rapi.

7. Membuat Kulit Berkilau

Baby oil dapat digunakan sebelum aplikasi makeup untuk memberikan kilau sehat pada kulit. Namun, penggunaan berlebihan perlu dihindari, karena dapat membuat kulit terlihat berminyak dan makeup menjadi tidak merata.

8. Dapat Digunakan sebagai Masker

Baby oil sering digunakan sebagai masker wajah karena kemampuannya dalam menjaga kelembapan. Anda dapat menggunakannya langsung atau mencampurkannya dengan masker favorit Anda untuk manfaat tambahan. Baby oil juga membantu menjaga elastisitas kulit dan meredakan peradangan kulit yang mungkin disebabkan oleh jerawat.

9. Alternatif Krim Pencukur

Baby oil bisa digunakan sebagai alternatif untuk krim pencukur. Krim pencukur mengandung mineral oil yang sama dengan kandungan baby oil. Penggunaan baby oil sebelum mencukur membantu melindungi kulit dari iritasi yang mungkin disebabkan oleh proses mencukur.

10. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Baby oil tidak hanya bermanfaat untuk perawatan wajah, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Masalah ini umumnya disebabkan oleh kulit yang kering dan kurang terhidrasi. Kandungan vitamin E yang umumnya ada pada baby oil menjadi bahan yang sangat baik untuk mengatasi tumit pecah-pecah. 

Cukup mengoleskan baby oil pada area tumit yang bermasalah. Lakukan pijatan lembut agar minyak meresap ke dalam kulit. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, baby oil juga memiliki sifat yang dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif atau rentan terhadap infeksi.

4 dari 5 halaman

11. Merawat Kutikula

Baby oil adalah pilihan yang baik untuk merawat kutikula kuku. Terutama bagi mereka yang sering beraktivitas yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kutikula, baby oil memberikan nutrisi dan membantu menjaga kelembapan, serta memberikan kilau alami pada kuku.

12. Meredakan Ketidaknyamanan Pada Kulit

Baby oil membantu meredakan ketidaknyamanan pada kulit yang disebabkan oleh kulit kering. Ini terutama penting bagi mereka yang mengalami rasa gatal dan ketidaknyamanan.

13. Mengatasi Eksim Ringan

Baby oil dapat membantu mengurangi gejala eksim ringan. Eksim adalah masalah kulit umum, dan penggunaan baby oil sebagai alternatif untuk penggunaan kortikosteroid bisa sangat membantu.

14. Menghapus Tato Temporer

Baby oil juga dapat digunakan untuk menghapus tato temporer. Baby oil memiliki sifat yang lembut namun efektif dalam melunakkan tato temporer. Minyak ini bekerja dengan merusak bahan yang digunakan untuk menciptakan tato temporer, sehingga memudahkan penghapusan. Untuk menghapus tato temporer, hanya perlu mengoleskan sedikit baby oil di area yang ingin dihapus dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan tato temporer dengan lembut menggunakan kain atau tisu.

15. Meredakan Gatal pada Kulit

Baby oil juga memiliki manfaat dalam meredakan gatal pada kulit wajah dan bagian tubuh lainnya. Sifat lembut baby oil dapat membantu mengatasi iritasi atau alergi yang menyebabkan gatal pada kulit. Minyak ini dapat melembabkan kulit yang kering dan mengurangi rasa gatal yang tidak nyaman.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan sedikit baby oil pada area yang terasa gatal. Gosok perlahan dengan gerakan melingkar untuk membantu meresapnya ke dalam kulit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baby oil ini sebagai pengganti pelembap wajah, terutama jika Anda memiliki kulit yang kering.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Menggunakan Baby Oil di Wajah

Baby oil memang dikenal sebagai produk yang efektif dalam melembapkan kulit bayi maupun. Namun, penggunaan baby oil untuk wajah juga memiliki potensi efek samping yang merugikan, berikut di antaranya:

1. Menyumbat Pori-pori

Salah satu efek samping utama adalah kemampuan baby oil untuk menyumbat pori-pori. Meskipun baby oil bersifat nonkomedogenik, yang berarti seharusnya tidak menyumbat pori-pori, penggunaan berlebihan atau penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Ini dapat mengakibatkan munculnya jerawat dan komedo. Terutama bagi individu dengan kulit berminyak, penggunaan berlebihan baby oil sebaiknya dihindari.

2. Kulit Berminyak

Bagi individu yang sudah memiliki kulit berminyak, penggunaan berlebihan baby oil dapat membuat kulit terlihat lebih berkilap dan semakin berminyak. Kulit yang berlebihan berminyak mungkin terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu tampilan wajah. Apabila ingin merasakan manfaat baby oil untuk wajah, sebaiknya pemilik kulit berminyak menggunakan produk ini sebagai pembersih wajah atau minyak pijat yang segera dibilas dengan air agar tidak menyebabkan kulit yang terlalu berminyak.

3. Reaksi Alergi

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam baby oil, terutama jika baby oil tersebut mengandung parfum tambahan. Reaksi alergi dapat menyebabkan gatal-gatal, kemerahan, atau iritasi pada kulit. Jika Anda mengalami reaksi seperti ini setelah menggunakan baby oil, sangat penting untuk segera menghentikan penggunaan produk tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.