Sukses

Viral Bocah Panjat Genting Rumah Sendirian, Ternyata Cari Ayam Animasi Bartolito

Viral bocah panjat genting rumah sendirian, alasannya untuk cari ayam seperti pada animasi Bartolito.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral di TikTok kembali menjadi pembelajaran bagi para orangtua. Video yang diunggah oleh laman TikTok @firsialda_ ini sudah ditonton lebih dari 5 juta penayangan. Menampilkan seorang bocah kecil berani dan nekat memanjat genting rumahnya sendirian. Alasannya pun bikin keluarga elus dada.

Awalnya, anak tersebut dikira hilang. Setelah dicari, ternyata bocah laki-laki itu sudah berada di atas genting. Sang ayah pun langsung melakukan aksi penyelamatan. Kronologinya, mereka sekeluarga sedang main di rumah Oma. Kemudian, satu rumah panik gara-gara bocah bernama Nathan itu menghilang.

Menurut keterangan dalam video, pemilik akun yang merupakan ibu dari si bocah melihat anaknya naik ke lantai atas. Dia berpikir kalau sang anak mau bermain dengan omnya di kamar, tetapi saat dicari ternyata tidak ketemu. Sang ibu pun merasa sangat panik hingga mau menangis.

Hingga akhirnya ditemukan lah sang anak sedang berada di atap rumah. Ia memanjat genting itu seorang diri. Rupanya, sang anak berimajinasi melihat ayam di atas genting setelah menonton video dari tayangan di YouTube.

Simak selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman TikTok @firsialda_ pada Selasa (17/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menangis tidak bisa turun

Sebelum ditemukan di atap rumah, sang ibu menjelaskan jika suaminya sudah mencari hingga lari-lari kaki gemetaran. Pada saat pencarian, sang ibu mendengar suara anaknya menangis, sehingga bisa ketahuan ternyata bocah itu berada di atas genting. Pada akhirnya, seluruh keluarga pun bersyukur Nathan masih diberi keselamatan.

Sang ibu tetap mengungkapkan kepanikannya karena genting itu berada di lantai paling atas yaitu lantai 3, yang sudah pasti sangat tinggi. Dalam video berdurasi 66 detik itu juga ditampilkan kondisi ketinggian dari lantai 3. Benar-benar tinggi dan pasti berbahaya jika terjatuh.

Setelah ditemukan, sang ayah pun menggendong dan menenangkannya. Baru setelahnya, ditanya mengenai alasan memanjat genting. Dengan polosnya, bocah berambut oval itu mengatakan ingin melihat ayam.

 

3 dari 5 halaman

Cari ayam seperti di lagu animasi Bartolito

Ternyata ayam yang dimaksud Nathan adalah ayam pada video musik kartun yang ia tonton di YouTube, bernama Bartolito. Bocah itu berpikir setiap genting rumah akan ada ayam melompat seperti di tayangan animasi tersebut.

"Dia mau ketemu ayam di atas, karena menurut dia setiap atap rumah pasti ada ayamnya," tulis pemilik akun dalam video.

Dari penjelasan sang ibu, Nathan sangat menyukai lagu di mana ada ayam Bartolito dalam animasi video musik tersebut. Setelahnya, ia baru tersadar rupanya menonton hal yang dianggap orangtua "aman" juga tetap bisa jadi membahayakan untuk imajinasi anak.

"Ternyata hal yang menurut kita sebagai orangtua 'gak membahayakan' itu bisa jadi 'bahaya banget' buat pemikiran anak. Untuk para orangtua selalu awasi apa yang anak-anak kalian lihat ya. Hari ini aku bersyukur banget bisa nemuin anakku cuma ngandelin suara nangisnya minta tolong karena gak bisa turun dari atas atap dia di lantai 3," tulisnya dalam keterangan video.

 

4 dari 5 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton lebih dari 5 juta kali itu pun mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang juga menceritakan kalau anak mereka menyukai animasi yang sama. 

"Sudah menduga pas adeknya ngmng ada ayam kalo itu bartolito," tulis akun @kiiyaya.

"Nangis banget pas ayahnya gendong terus duduk," tulis akun @prihantikasc.

"Gentengnya malah mirip lagi sama yang di animasi itu. Pantesan si adeknya naik dia kira beneran kayak di animasi itu. Untung aja nggak jatuh dekk," tulis akun @tiahasibuan97.

"Salah satu alasan sampai detik ini aku tidak memperbolehkan anakku main hp atau nonton film, lebih baik saya belajar bersama dan bermain bersama," tulis akun @kecapbango733.

5 dari 5 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@firsialda_

ternyata hal yang menurut kita sbg orangtua “gak membahayakan” itu bisa jadi “bahaya banget” buat pemikiran anak😭 untuk para orangtua selalu awasi apa yg anak anak kalian lihat ya🥹 hari ini aku bersyukur banget bisa nemuin anakku cuma ngandelin suara nangisnya minta tolong krn gak bisa turun dari atas atap dia di lt.3 😭

♬ suara asli - adit - Hystyle

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.