Sukses

Imajinasi adalah Daya Pikir untuk Membayangkan Sesuatu, Kenali Peran dalam Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Imajinasi adalah istilah yang berkaitan dengan pikiran dan khayalan seseorang. Imajinasi adalah gambaran dari suatu kejadian yang dipikirkan oleh seseorang. Gambaran ini bebas berdasarkan pengalaman masing-masing orang.

Imajinasi adalah istilah yang merujuk pada kemampuan seseorang memikirkan sesuatu berdasarkan kenyataan. Hal ini berkaitan dengan khayalan seseorang tentang suatu hal yang belum ada di masa lalu, tapi bisa jadi akan ada di masa yang akan datang.

Imajinasi adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dan rasakan. Imajinasi dapat juga disebut sebagai angan-angan. Kamu perlu memahami makna dari imajinasi secara lengkap.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022) tentang imajinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Imajinasi adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Imajinasi adalah khayalan.

Imajinasi adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, didengar, dan dirasakan. Dengan imajinasi, manusia mengembangkan sesuatu dari kesederhanaan menjadi lebih bernilai dalam pikiran. Jadi, imajinasi adalah kemampuan untuk memikirkan hal atau ide baru berdasarkan hal lain.

Imajinasi adalah gambaran dan visualisasi dari dalam otak yang berupa gambaran, suara, dan rasa. Menurut Dr. Murray Hunter, imajinasi adalah manifestasi memori, membuat kamu dapat melihat masa lalu, kemudian membentuk skenario masa depan yang belum nyata, tapi bisa jadi akan nyata nantinya. Imajinasi membawa kamu untuk berandai-andai tanpa batas.

3 dari 5 halaman

Peran Imajinasi dalam Kehidupan

Imajinasi adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Imajinasi dibutuhkan dalam perkembangan setiap bidang kehidupan, seperti pada dunia seni, sastra, hingga ilmu pengetahuan. Mengutip Zenius, dalam ilmu pengetahuan, imajinasi berperan dalam menghantarkan ilmuwan dan peneliti untuk memikirkan kemungkinan atau ide yang sebelumnya tidak ada, dan kemudian berusaha meneliti serta mencernanya dengan pendekatan ilmiah. 

Menurut Ahmed Mamun, seorang peneliti senior di Departemen Penelitian Universitas Heliopolis, pengetahuan memberi jawaban, sedangkan imajinasi memberikan pertanyaan. Untuk mengetahui atau meneliti sesuatu, tentu membutuhkan pertanyaan terlebih dahulu, mengenai apa yang ingin kamu ketahui. Imajinasi juga banyak berpengaruh di dalam dunia seni. Seluruh buku, lagu, film, lukisan, dan karya seni lainnya yang bisa kamu nikmati saat ini merupakan produk dari imajinasi atau pikiran manusia.

4 dari 5 halaman

Cerita Imajinasi

Dalam bahasa Indonesia, ada pula yang disebut dengan cerita imajinasi. Cerita imajinasi adalah jenis teks yang memaparkan rangkaian kejadian yang unik dan menghibur, hasil imajinasi penulis atau perpaduan fakta dengan imajinasi penulis.

Umumnya, kesan yang didapat setelah membaca cerita imajinasi adalah sangat menyenangkan karena bisa membayangkan kejadian-kejadian dan hal-hal yang tidak bisa dilihat di dunia nyata. Banyak juga pelajaran dan hikmah yang dapat dipetik setelah membaca cerita imajinasi.

Melansir bola.com, cerita imajinasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu cerita imajinasi total dan cerita imajinasi irisan.

- Cerita Imajinasi Total. Cerita imajinasi total dikatagorikan sebagai imajinasi pengarang terhadap objek tertentu. Pada katagori ini semua yang terdapat pada cerita tidak terjadi dalam dunia nyata.

Jadi nama orang, nama objek, nama kota, peristiwa, benar-benar rekayasa pengarang.

- Cerita Imajinasi Irisan. Cerita imajinasi irisan dapat dikatakan sebagai cerita imajinasi yang mengungkapkan imajinasi, tetapi masih menggunakan nama-nama tempat yang ada dalam dunia nyata atau peristiwa yang pernah terjadi pada dunia nyata.

5 dari 5 halaman

Struktur Cerita Imajinasi

Cerita imajinasi tentunya memiliki struktur tertentu layaknya jenis cerita lainnya. Strukur cerita imajinasi terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi. Kamu tentu perlu memahami struktur cerita imajinasi ini untuk mengenali jenis teks ini. Mengutip ditsmp.kemdikbud.go.id, struktur cerita imajinasi adalah sebagai berikut:

- Orientasi

Setiap cerita tentu memiliki bagian pembuka di mana berisi pengenalan tokoh, latar (tempat, waktu, suasana), watak tokoh, atau konflik. Nah, bagian pembuka ini disebut dengan nama orientasi. Pembaca akan mengetahui dasar cerita dan juga karakter-karakter yang terlibat di dalam cerita beserta watak dan sifatnya. Selain itu, awal mula konflik juga mulai diperlihatkan di bagian orientasi untuk membawanya ke bagian komplikasi.

- Komplikasi

Setelah pembaca mengenal tokoh, watak, latar, dan juga awal mula terjadinya konflik, cerita imajinasi akan memasuki bagian yang dinamakan komplikasi. Bagian komplikasi berisi hubungan sebab akibat sehingga memunculkan masalah, masalah menjadi semakin rumit, dan masalah mencapai puncaknya.

- Resolusi

Hampir tidak ada cerita yang tidak memiliki akhir atau resolusi. Usai konflik terjadi begitu hebat dan mencapai puncak, terdapat penurunan konflik yang menuju penyelesaian. Bagian ini disebut dengan resolusi. Bagian resolusi berisi penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi dan timbulnya kesadaran tokoh. Biasanya di bagian ini pembaca dapat memetik pelajaran dari cerita imajinasi tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS