Sukses

Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di Bumi? Simak Kondisi Geografisnya

Berikut adalah daftar beberapa negara yang terletak paling selatan di Bumi.

Liputan6.com, Jakarta Negara apa yang terletak paling selatan? Ada beberapa negara yang letaknya berada paling selatan. Seperti yang kita tahu, bahwa tempat di bumi yang berada paling selatan adalah Antartika. Antarktika adalah sebuah benua yang terletak di Kutub Selatan Bumi.

Benua Antartika mempunyai luas 14,2 juta km persegi dengan 98 persen daratannya tertutup oleh es. Meskipun sangat luas, tetapi Benua Antartika tak memiliki satu pun negara. Antarctic Treaty atau Perjanjian Antartika yang mulai berlaku sejak pada tahun 1961 menjadikan Antartika sebagai ranah pertukaran intelektual dan di sana tidak boleh diadakan kegiatan militer seperti mencari mineral. Perjanjian ini sudah diratifikasi oleh 50 negara termasuk Amerika Serikat, Rusia, dan China.

Meski Antartika bisa dibilang sebagai tempat yang letaknya paling selatan di bumi, namun itu tidak bisa disebut sebagai negara yang terletak paling selatan. Lalu negara apa yang terletak paling selatan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (4/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Republik Chile

Negara apa yang terletak paling selatan di dunia, salah satunya adalah Chile, yang berada di Amerika Selatan. Posisi geografis terjauh selatan Chile terletak di Southern Thule, pada garis lintang 59°42? LS. Southern Thule adalah sebuah kelompok pulau yang terletak di Kepulauan South Sandwich dan mencakup tiga pulau utama, yaitu Thule (Morrell), Bellingshausen, dan Cook. Kepulauan ini merupakan daerah yang sangat terpencil, tandus, berangin, dan tak berpenghuni. Thule Selatan sendiri adalah bagian dari gunung berapi tua yang tenggelam dan tertutup oleh lapisan abu vulkanik.

Chile, secara resmi dikenal sebagai Republik Chile (dalam bahasa Spanyol: República de Chile), merupakan sebuah negara berdaulat yang terletak di Amerika Selatan, dengan ibu kota pemerintahannya berada di Kota Santiago. Chile memiliki zona ekonomi eksklusif yang sangat kaya sumber daya hayati laut, di mana terdapat berbagai spesies seperti anjing laut, penguin goano, petrel, dan rumput laut.

2. Argentina

Negara apa yang terletak paling selatan di Amerika Selatan setelah Chile adalah Argentina. Argentina memiliki titik paling selatan di Isla Grande de Tierra del Fuego, pada garis lintang 55°04? LS, dan juga Monte Dinero pada garis lintang 52°24? LS.

Argentina, secara resmi dikenal sebagai República Argentina, merupakan sebuah negara di Amerika Selatan yang menjadi negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Nama resmi Argentina untuk keperluan legislatif adalah "Nacion Argentina," yang berarti "negara Argentina."

Isla Grande de Tierra del Fuego, juga dikenal sebagai Big Island of the Land of Fire, memiliki iklim laut sub-kutub dengan musim panas yang pendek dan dingin serta musim dingin yang basah dan panjang. Kawasan ini ditandai dengan angin kencang sepanjang tahun. Sekitar 30 persen dari pulau ini tercover oleh hutan, sementara sisanya terdiri dari semi gurun yang dingin dan stepa.

3 dari 6 halaman

3. Australia

Australia, yang merupakan negara terletak paling selatan, memiliki beberapa titik ekstrem selatan yang mencakup Bishop and Clerk Islets pada garis lintang 55°03? LS, South East Cape (Tasmania) pada 43°38? LS, dan South Point pada 39°08? LS.

Australia, secara resmi dikenal sebagai Persemakmuran Australia (dalam bahasa Inggris: Commonwealth of Australia), adalah sebuah negara yang terletak di bagian selatan Benua Australia. Selain daratan utamanya, Australia juga mencakup Pulau Tasmania dan sejumlah pulau kecil di sekitar Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Australia berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah tetangga, termasuk Timor Leste, Indonesia, dan Papua Nugini di bagian utara. Di sebelah utara-timur terdapat Kepulauan Solomon dan Vanuatu, di timur-laut terletak Kaledonia Baru, dan di tenggara terdapat Selandia Baru.

Salah satu titik selatan yang mencolok adalah Bishop and Clerk Islets, yang telah diakui sebagai warisan dunia UNESCO sejak tahun 1997. Kepulauan kecil ini terletak di dalam Kawasan Pengelolaan Khusus dalam cagar alam. Bishop and Clerk Islets adalah tempat yang jarang dikunjungi, tidak memiliki vegetasi, dan tidak dihuni oleh hewan yang berasal dari daerah tersebut. Hal ini menjadikan mereka sebagai contoh lingkungan yang sangat alami dan terpelihara.

4. Selandia Baru

New Zealand, yang juga dikenal sebagai Selandia Baru, memiliki titik paling selatan di Jacquemart Island pada garis lintang 52°37? LS dan Slope Point di South Island pada 46°40? LS. Jacquemart Island adalah salah satu pulau kecil yang terletak di sekitar Pulau Campbell, menjadi pulau paling selatan di Selandia Baru.

Pulau ini memiliki lanskap yang unik, ditutupi oleh padang rumput yang tumbuh di atas lahan gambut yang ditumbuhi lumut, herba, dan tanaman bantal.

Selandia Baru, yang disebut Aotearoa dalam bahasa Maori, merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Pasifik, sekitar 1.500 kilometer di tenggara Australia dan berjarak sekitar 1.000 kilometer dari negara kepulauan Pasifik seperti Kaledonia Baru, Tonga, dan Fiji.

Negara ini terdiri dari dua pulau besar, Pulau Selatan dan Pulau Utara, serta beberapa pulau kecil lainnya. Karena posisinya yang terpencil, Selandia Baru adalah salah satu kepulauan terakhir yang dihuni oleh manusia. Pulau Jacquemart adalah habitat bagi berbagai spesies burung, termasuk burung petrel raksasa utara, petrel badai punggung abu-abu, penciduk jelaga, skua coklat, dan albatros jelaga mantel ringan. Pulau ini juga merupakan bagian dari Important Bird Area (IBA) yang diakui oleh BirdLife International karena menjadi tempat berkembang biak untuk beberapa spesies burung laut.

4 dari 6 halaman

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki titik paling selatan di Marion Island, Prince Edward Islands pada garis lintang 46°59? LS dan Cape Agulhas pada 34°50? LS. Kepulauan Prince Edwards, di mana pulau-pulau ini terletak, termasuk dalam ekoregion tundra Kepulauan Samudera Hindia Selatan yang mencakup sejumlah kecil pulau sub-antartika.

Republik Afrika Selatan, atau Republic of South Africa dalam bahasa Inggris, adalah sebuah negara yang terletak di ujung selatan Benua Afrika. Afrika Selatan memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 2.798 kilometer di sepanjang Samudera Atlantik dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Negara ini berbatasan dengan Namibia, Botswana, dan Zimbabwe di utara, serta Mozambik dan Eswatini di timur dan timur laut. Lesotho, sebuah negara enclava, dikelilingi oleh wilayah Afrika Selatan.

Kepulauan Prince Edwards, yang termasuk Marion Island dan pulau-pulau terkait, adalah bagian dari ekoregion tundra Kepulauan Samudera Hindia Selatan yang memiliki lingkungan alam yang unik. Karena kurangnya daratan di Samudra Selatan, pulau-pulau ini menjadi tempat yang penting untuk konservasi, menyediakan habitat bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Di sini, iklim dingin sub-antartika mendukung pertumbuhan lumut, rumput, dan rumput laut. Hewan-hewan asli yang tinggal di wilayah ini termasuk anjing laut, burung laut, penguin, dan serangga.

6. Uruguay

Uruguay adalah negara yang terletak paling selatan di dunia berikutnya. Titik paling selatan di Uruguay terletak di Isla de Lobos pada garis lintang 35°02? LS dan Punta del Este pada 34°58? LS.

Uruguay, secara resmi dikenal sebagai República Oriental del Uruguay, merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Amerika Latin. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata di barat daya (sepanjang perbatasan dengan Argentina), serta Samudra Atlantik Selatan di tenggara.

Isla de Lobos, yang terletak sekitar 8 kilometer dari daratan Uruguay di Punta del Este, merupakan rumah bagi koloni terbesar anjing laut berbulu dan singa laut Amerika Selatan. Di sisi lain, Punta del Este merupakan destinasi wisata yang populer dan dikenal dengan aktivitas mengamati paus-paus orca di pantai selama musim dingin.

5 dari 6 halaman

7. Brazil

Brazil memiliki titik paling selatan di Rio Grande do Sul pada garis lintang 33°45? LS. Rio Grande do Sul memiliki arti "Sungai Besar di Selatan."

Republik Federal Brasil, atau dalam bahasa Portugis disebut República Federativa do Brasil, adalah negara terbesar di Amerika Selatan, baik dari segi ukuran wilayah maupun populasi. Negara ini terletak di ujung timur Benua Amerika Selatan dan berbatasan dengan Samudera Atlantik serta Pegunungan Andes. Nama "Brazil" diambil dari kayu Brazil, yang merupakan jenis kayu spesies lokal. Brazil dikenal dengan hutan hujan tropisnya dan merupakan produsen kopi terbesar di dunia selama 150 tahun terakhir.

Rio Grande do Sul memiliki iklim subtropis lembab yang cenderung dingin di sebagian besar wilayahnya. Selama bulan-bulan musim dingin, suhu dapat turun di bawah titik beku terutama di daerah pegunungan, kadang-kadang disertai dengan hujan salju.

8. Lesotho

Lesotho memiliki titik paling selatan di Quthing pada garis lintang 30°40? LS. Quthing adalah sebuah distrik di Lesotho yang juga dikenal dengan kota perkemahan yang memiliki peninggalan prasejarah berupa dua pasang jejak kaki dinosaurus.

Lesotho, yang memiliki nama resmi Kerajaan Lesotho, adalah sebuah negara enklave di Afrika Selatan. Negara ini terletak di selatan Benua Afrika dan sepenuhnya dikelilingi oleh wilayah Afrika Selatan. Lesotho memiliki luas lebih dari 30.000 kilometer persegi dan populasi sedikit di atas dua juta orang. Ibu kotanya adalah Maseru.

Sebelumnya, Lesotho dikenal sebagai Basutoland. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania Raya pada tanggal 4 Oktober 1966. Lesotho adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Bangsa-Bangsa, dan Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (SADC).

Nama "Lesotho" secara harfiah berarti "Tanah Orang-orang yang Berbicara Bahasa Sesotho." Sekitar 40% penduduk Lesotho hidup dengan penghasilan di bawah $AS 1,25 per hari dan berada di bawah standar garis kemiskinan internasional.

6 dari 6 halaman

9. Namibia

Namibia memiliki titik paling selatan dekat Onseepkans pada garis lintang 28°58? LS. Onseepkans adalah sebuah pemukiman kecil yang terletak di tepi Sungai Orange, di Provinsi Northern Cape, Afrika Selatan. Antara Onseepkans dan Pofadder terdapat Hutan Pohon Quiver, yang merupakan hutan terbesar dari jenisnya di belahan bumi bagian selatan.

Republik Namibia, dalam bahasa Afrikaans dikenal sebagai Republiek van Namibië, adalah sebuah negara di barat daya Afrika, terletak di pesisir Atlantik. Namibia berbatasan dengan Zambia dan Angola di utara, Botswana di timur, dan Afrika Selatan di selatan.

Namibia meraih kemerdekaan dari Afrika Selatan pada tahun 1990 dan menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kotanya adalah kota Windhoek.

Di Onseepkans, suhu musim panas bisa mencapai lebih dari 50 °C, sementara suhu musim dingin bisa turun di bawah 30 °C. Hutan Pohon Quiver, atau Kokerboom dalam bahasa Afrikaans, adalah hutan pohon khas yang merupakan ciri khas dari wilayah ini. Pulau ini memiliki keindahan alam yang unik dengan bukit pasir putihnya. Pulau ini dihuni oleh sekitar 400 orang yang mencari nafkah dengan memancing.

10. Paraguay

Paraguay memiliki titik paling selatan di Yacyretá Island pada garis lintang 27°43? LS. Yacyretá Island, yang berarti "Tanah Bulan," terletak di wilayah Itapúa, Paraguay.

Republik Del Paraguay, atau dalam bahasa Guarani dikenal sebagai Tetã Paraguái, adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang terkurung daratan dan terletak di kedua sisi Sungai Paraguay.

Paraguay berbatasan dengan Argentina di selatan dan barat daya, Brasil di timur dan timur laut, serta Bolivia di barat laut. Negara ini sering disebut sebagai "Jantung Amerika Selatan." Suku asli Paraguay, yaitu suku Guarani, telah tinggal di wilayah ini selama sekitar 1.000 tahun sebelum Spanyol tiba pada abad ke-16.

Yacyretá Island terletak di Sungai Paraná dan terpotong oleh Bendungan Yacyretá. Pulau ini terkenal dengan bukit pasir putihnya. Sekitar 400 orang tinggal di pulau ini dan mencari nafkah dengan memancing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.