Sukses

Viral Penumpang Bayar Angkot Pakai Tutup Botol Bikin Pilu, Sikap Sopir Tuai Pujian

Sopir tidak menolak atau marah ketika penumpangnya bayar angkot pakai tutup botol.

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah banyak jenis transportasi umum, namun angkot masih menjadi pilihan. Harganya yang ramah kantong, tak heran jika banyak orang masih suka pakai angkot, apalagi bagi pasangan lansia.

Tarif ketika naik angkot berbeda-beda tergantung tujuannnya. Biasanya penumpang angkot akan menyiapkan uang kecil atau uang dengan nominal pas agar tidak perlu menunggu kembalian dari supir.

Tidak bayar pakai uang, belum lama ini viral seorang penumpang lansia membayar angkot menggunakan tutup botol karena tidak memiliki uang. Video tersebut diabadikan tanpa sengaja oleh sang pemilik akun dan mengunggahnya di TikTok.

Banyak netizen yang bubuhkan komentar dan meminta sang pemilik akun membuka donasi, sang pemilik akun pun unggah video lanjutan dan menceritakan dengan detail pertemuannya dengan penumpang lansia tersebut.

Video viral penumpang lansia bayar angkot pakai tutup botol ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @keepistiqomahh, Rabu (20/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penumpang Lansia Bayar Angkot Pakai Tutup Botol

@keepistiqomahh

udah bersyukur kah hari ini?

♬ original sound - Nadya Mahdi - Nadya Mahdi

Dalam video singkat berdurasi 16 menit tersebut, sang pemilik akun yang duduk di kursi belakang sopir tanpa sengaja abadikan momen percakapan pasangan lansia dengan supir angkot.

Dijelaskan dalam video lanjutan, penumpang lansia tersebut mengeluarkan tutup botolnya dari saku celana, saku baju hingga celana. Terlihat di video tersebut, ada banyak tutup botol yang akan ditukarkan oleh penumpang lansia untuk membayar angkot.

Selain tutup botol, penumpang lansia ini juga mengeluarkan uang hanya Rp 1000 dan itu adalah uang logam. Setelah semua tutup botol dikeluarkan, penumpang tersebut kemudian menyodorkan tutup botol tersebut kepada sopir.

“Pak, ini pak, bayar angkot pakai ini ya,” jelas sang pemilik akun memperagakan penumpang tersebut ketika membayar.

Namun, sang sopir justru menggratiskan ongkos penumpang lansia tersebut sembari ucapkan terima kasih. Dijelaskan oleh sang pemilik akun, meski penumpangnya sepi dari saat dia naik hingga turun, namun sang supir tidak masalah jika penumpang lansia tersebut tidak bayar.

“Enggak pak, enggak pak, enggak usah, terima kasih,” ucap sopir angkot diperagakan oleh sang pemilik akun.

3 dari 4 halaman

Sikap Sopir Banjir Pujian

Selain sedih dan pilu dengar penumpang lansia yang bayar angkot pakai tutup botol, netizen juga terketuk hatinya mendengar cerita tentang sikap baik sopir angkot yang menerima berapapun bayaran penumpangnya.

Dijelaskan, selain ada penumpang lansia, ada juga penumpang lainnya yang juga naik angkot tersebut. Penumpang tersebut adalah penjual tisu, cutter dan barang lainnya yang menjual dagangannya dengan berkeliling.

Setelah sampa tujuan, penumpang yang merupakan seorang penjual ini hanya bayar Rp 2 ribu. Meski dibayar hanya Rp 2 ribu, namun sang sopir tetap menerima, tidak marah dan tidak protes.

“Nah bapak ini (penumpang yang seorang penjual) kan sama-sama naik dari Citra 7 ya, nah beliau ini turun di Pasar Lele, mungkin ingin berjualan. Terus pas bayar, aku lihat tuh cuma ngasih Rp 2 ribu dan bapak supirnya tidak komen sama sekali alias terima-terima aja,” jelas sang pemilik akun.

4 dari 4 halaman

Sang Pemilik Akun Bertemu Lagi dengan Sopir

Dalam video lanjutan berdurasi 5 menit, sang pemilik akun menceritakan bahwa ia bertemu lagi dengan sopir angkot tersebut. Sebelumnya sempat menghafal plat angkotnya, sang pemilik akun pun bertemu lagi dengan sang sopir keesokan harinya.

Dalam momen tersebut sang pemilik akun tak sempat bertanya di mana penumpang lansia yang bayar pakai tutup botol turun, namun sudah memastikan jika sopir tersebut adalah sopir sebelumnya.

Banyak netizen yang meminta sang pemilik akun buka donasi, namun sang pemilik akun belum berani berjanji karena belum bertemu lagi dengan sang sopir. Jika nantinya bertemu dengan sopir atau penumpang lansia, ia bisa saja membuka donasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.