Sukses

Contoh Senam Irama, Unsur, Jenis Gerakan, dan Manfaatnya bagi Tubuh

Contoh senam irama salah satunya adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering ada di Olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta Contoh senam irama perlu kamu ketahui agar lebih mengenalinya. Senam irama adalah gerakan senam yang mengikuti irama musik.  Senam ini bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, ataupun menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada.

Senam irama dikenal juga dengan sebutan senam ritmik. Senam ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.

Senam ini gerakan-gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. Komposisi gerakan senam irama biasanya mengikuti lantunan irama musik. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet.

Contoh senam irama salah satunya adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering ada di Olimpiade. Jika kamu tertarik mencoba jenis senam irama ini, sebaiknya lakukan latihan yang rutin, karena gerakan-gerakannya memerlukan keterampilan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/9/2023) tentang contoh senam irama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Senam Irama

Beberapa contoh senam irama mungkin sudah kamu kenali dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Senam irama atau senam ritmik adalah jenis senam yang dilakukan dengan irama musik atau dilakukan secara bebas namun mengikuti irama tertentu. Senam irama dapat dilakukan dengan bantuan alat atau tanpa bantuan alat. Berikut contoh senam irama yang perlu kamu pahami:

1. Senam Pembentukan

Contoh senam irama yang pertama yaitu senam pembentukan. Senam pembentukan adalah senam irama yang gerakannya diciptakan dengan sengaja. Senam ini memadukan gerakan meloncat, berlari, menendang, dan lain sebagainya. Senam pembentukan disusun secara teratur dan menggunakan metode khusus sehingga dapat membentuk sikap tubuh yang baik.

2. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan contoh senam irama yang digabungkan dengan irama lagu yang sedang populer. Senam irama ini difavoritkan oleh banyak orang karena selain bisa menggerakkan badan, peserta senam juga bisa sambil menikmati musik.

3. Senam Artistik

Senam artistik merupakan senam irama yang menggabungkan kekuatan dan kelenturan tubuh. Contoh senam irama ini pada umumnya dijadikan ajang kompetisi pada kontes olahraga seperti olimpiade.

4. Senam Si Buyung

Contoh senam irama selanjutnya adalah senam Si Buyung. Senam Si Buyung merupakan senam irama yang memadukan beragam aspek seperti melakukan senam, bercerita, bermain, bernyanyi, dan belajar. Senam ini umumnya dilakukan oleh anak kecil berusia 6-8 tahun.

3 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Senam Irama

Setelah mengenali contoh senam irama, kamu juga perlu memahami unsur-unsurnya. Unsur-unsur senam irama adalah keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Terkait irama, biasanya irama yang sudah banyak dikenal digunakan pada senam irama adalah, 2/3, 3/4, 4/4 dan lainnya.

Selain itu, keluwesan dalam gerakan senam irama dapat diperoleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang lama. Kesinambungan gerakan berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak ini diperoleh dari gerak-gerak senam yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Ciri-ciri senam irama yang mudah diikuti, tidak membutuhkan biaya mahal, diiringi musik atau nyanyian, melibatkan banyak peserta, hingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh membuatnya termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum.

4 dari 5 halaman

Jenis Gerakan Senam Irama

Senam irama adalah salah satu olahraga yang dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Tentunya kamu perlu mengetahui berbagai jenis gerakan pada senam irama terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senam irama adalah senam yang menekankan pada kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

Pertama, gerakan senam irama adalah tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Ketiga, senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

Keempat, senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

Gerakan yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

5 dari 5 halaman

Manfaat Senam Irama

1. Membakar Lemak

Senam irama dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik. Hal ini karena fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

2. Melatih Keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

3. Menyehatkan Mental

Penelitian menunjukkan anak-anak yang sering melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus lebih baik. Fokus dan kemampuan memecahkan masalah ini akan membuat nilai akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa manfaat senam irama dikatakan dapat mengurangi stres.

4. Optimalkan Fungsi Otak

Senam irama juga mampu mengoptimalkan fungsi otak. Sebab gerakan senam irama diiringi alunan musik yang dipercaya mampu menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang menyebabkan stres. Dua hormon itulah yang nantinya menjadi antidepresan yang berupa norepineprin. Selain itu dengan sering melakukan gerakan senam irama bisa menghindarkan diri dari penyakit kognitif seperti Alzheimer.

5. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan iringan musik di setiap gerakannya. Irama yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari tempo yang lambat hingga cepat. Gerakan yang lambat hingga cepat inilah yang membuat senam irama bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.